Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Manfaat Membaca Cerita Rakyat untuk Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua

Kompas.com - 21/03/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Dok. Gramedia Digital x BOOKR Class
Rujukan artikel ini:
Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi…
Pengarang: Dian Kristiani, Dian K.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Cerita rakyat merupakan salah satu dari sekian banyak kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia dan perlu untuk terus dilestarikan.

Masing-masing daerah di Indonesia umumnya memiliki cerita rakyat yang berbeda mengenai asal-usul dari daerah tersebut.

Membacakan anak cerita rakyat ternyata bisa memberikan banyak manfaat yang jarang diketahui oleh sebagian orang tua, berikut adalah beberapa di antaranya.

Manfaat Membacakan Cerita Rakyat untuk Anak

1. Memberikan Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bisa menjadi salah satu media untuk mengenalkan dan menanamkan budi pekerti yang luhur kepada anak sejak usia dini.

Contohnya adalah kisah Malin Kundang yang mengajarkan anak agar selalu berbakti dan tidak durhaka kepada orangtua, kisah Sangkuriang yang membagikan pesan untuk tidak mudah terbuai dengan amarah karena bisa menyebabkan malapetaka, dongeng Keong Mas yang menceritakan mengenai Dewi Galuh yang memiliki sifat iri hati dan Putri Candra Kirana yang sabar, serta masih banyak lagi.

Pesan-pesan moral yang terkandung di dalam cerita rakyat ini bisa menjadi contoh bagi anak agar selalu bersikap baik dan berperilaku luhur dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengenalkan Keragaman Budaya

Selain menjadi media untuk mengenalkan perilaku dan nilai-nilai kehidupan yang baik, orang tua juga bisa mengenalkan kekayaan budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia melalui cerita rakyat.

Contohnya nilai kultural yang terdapat dalam kisah Sangkuriang, yaitu mengenai kepercayaan masyarakat Sunda terhadap benda-benda keramat dan terhadap makanan yang dianggap bisa menyebabkan awet muda.

Sedangkan dalam legenda Keong Mas dan Danau Toba, menunjukkan kebiasaan masyarakat Indonesia pada zaman dahulu kala yang senang mencari ikan di sungai atau di danau.

Masih banyak lagi budaya lokal Indonesia, seperti sikap gotong-royong, melakukan musyawarah untuk mengambil keputusan bersama, adat pernikahan menilik serta merisik yang berasal dari Melayu, dan lain-lain, yang juga dibahas di dalam cerita rakyat.

3. Menumbuhkan Empati dan Sikap Menghargai Perbedaan

Dengan mengetahui banyak ragam budaya dan kepercayaan di tiap-tiap daerah di Indonesia, anak pun jadi bisa menumbuhkan rasa empati dan saling menghargai antar sesama.

Kemampuan untuk berempati dan menerima perbedaan budaya ini bisa menjadi kunci penting bagi anak sebagai generasi penerus bangsa untuk menciptakan rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang bisa berdampak baik terhadap tumbuh kembang anak dengan membacakannya cerita rakyat, selain untuk melestarikan warisan budaya tersebut.

Rekomendasi Buku Cerita Rakyat

1. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Malin Kundang

Legenda Malin Kundang merupakan salah satu cerita rakyat Indonesia paling populer yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Mengisahkan tentang Malin, seorang anak yatim yang terpaksa meninggalkan ibunya untuk pergi merantau.

Setelah menjadi orang yang sukses dan menikah dengan anak dari seorang saudagar kaya, bukannya menepati janji untuk menjemput ibunya, Malin justru melupakannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kisah Malin ini mengandung pesan moral untuk mengingatkan anak agar selalu menghormati dan mematuhi nasihat dari orangtua yang telah melahirkan mereka ke dunia.

Pada buku yang ditulis oleh Dian Kristiani ini, anak-anak juga mampu mempelajari bahasa Inggris, karena buku ini merupakan buku bilingual berwarna, dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik.

2. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Pulau Senua

Dengan penulis yang sama, Dian Kristiani juga membagikan cerita rakyat mengenai asal mula Pulau Senua yang terletak di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Buku ini mengisahkan tentang sepasang suami istri yang amat miskin bernama Baitusen dan Mai Lamah.

Berkat usaha keras mereka sebagai seorang nelayan dan membuat perhiasan dari kulit kerang, kehidupan mereka pun semakin membaik hingga menjadi kaya raya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun sayangnya, kekayaan ini kemudian membuat Mai Lamah berubah menjadi seseorang yang sombong, tamak, dan hanya mementingkan harta bendanya.

Buku ini akan mengajarkan anak supaya tidak sombong dan terlalu berbangga diri dengan hal-hal yang bersifat duniawi, karena harta benda merupakan suatu hal yang tidak abadi dan bisa lenyap kapan saja.

3. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Bujang Katak

Cerita legenda lain yang bisa kamu bacakan kepada anak adalah kisah mengenai seorang pemuda yang memiliki wajah seperti katak dari buku ini.

Meskipun Bujang Katak memiliki perawakan yang berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya, namun hal ini tidak lantas membuatnya rendah diri.

Dia bahkan memberanikan diri melamar seorang putri raja yang kemudian memintanya untuk membangun sebuah jembatan emas.

Kisah Bujang Katak yang pemberani meskipun memiliki kekurangan ini, bisa menjadi contoh bagi anak agar tidak pernah takut untuk memiliki cita-cita yang tinggi, karena jika yakin dan terus berusaha, suatu saat ia pasti akan berhasil meraihnya.

4. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Batu Menangis

Rekomendasi buku cerita rakyat selanjutnya yang bisa menjadi referensi bacaan untuk anak adalah kisah seorang gadis durhaka bernama Darmi.

Pada suatu hari ketika Darmi pergi bersama ibunya ke pasar, Darmi mengatakan kepada semua orang bahwa wanita yang bersama dengannya merupakan dayangnya.

Ibu Darmi yang sangat menyayangi putrinya itu merasa sedih mendengar hal tersebut dan menangis tersedu-sedu melihat Darmi tega berbuat hal seperti itu kepadanya.

Cerita ini akan meninggalkan kesan yang mendalam kepada anak agar selalu menyayangi orang tua, khususnya ibu, yang meskipun tidak sempurna tetaplah wanita terhebat yang selalu mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya.

Selain bisa mendapatkan keempat buku cerita rakyat ini dengan mudah di Gramedia.com, kamu juga bisa membacakan kisah-kisah di atas dengan lebih seru melalui BOOKR Class.

BOOKR Class, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

BOOKR Class merupakan sebuah aplikasi e-book interaktif yang menyajikan bacaan dalam bentuk audio-visual.

Dengan gambar yang bisa bergerak dan diikuti suara dari seorang narator, aplikasi ini juga bisa untuk mengajak anak belajar bahasa Inggris dan meningkatkan minat bacanya.

Selain memberikan pengalaman membaca buku yang lebih menyenangkan, kamu pun bisa menguji kemampuan anak dalam memahami isi cerita yang baru ia baca melalui permainan edukatif dan kuis yang disediakan di setiap akhir buku cerita.

BOOKR Class memiliki ratusan buku digital interaktif dari seluruh dunia, seperti buku-buku klasik, serta cerita rakyat dan modern, termasuk keempat buku yang telah direkomendasikan di atas.

Dengan berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan, anak pun bisa menghabiskan waktu dengan lebih seru bersama orang tua selama membaca buku-buku yang tersedia di dalam aplikasi ini.

Kamu bisa mengakses BOOKR Class di handphone, PC, dan tablet dengan mengunduhnya melalui Android, iOS, Windows, dan juga Mac.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi BOOKR Class, kamu bisa mengunjungi laman berikut ini: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class.

Dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com