Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Berikut Ini untuk Masa Depan Kamu

Kompas.com - 27/04/2022, 16:00 WIB
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sumber Gambar: Freepik.com Pentingnya Belajar Bahasa Inggris
Rujukan artikel ini:
Mahir Bahasa Inggris
Pengarang: Chandra Dewi S.A
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di era globalisasi seperti saat ini, penting bagi kamu untuk bisa menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional dan digunakan oleh banyak negara.

Perkembangan globalisasi seperti perdagangan bebas, perusahaan asing yang berdiri di Indonesia, kerja sama antar negara, sektor pariwisata, dan lain-lain, menuntut kamu untuk bisa bersaing tidak hanya dengan penduduk lokal tetapi juga masyarakat global.

Jika tidak mempersiapkan diri sejak dini, kamu mungkin akan mengalami kesulitan ketika terjun ke dalam masyarakat yang semakin berkembang di masa depan.

Untuk semakin meyakinkan kamu mengenai pentingnya belajar bahasa Inggris, berikut adalah beberapa alasan lain yang perlu kamu ketahui.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris demi Masa Depan

1. Peluang Memperoleh Pekerjaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa era globalisasi bisa memberikan dampak terhadap persaingan kerja yang menjadi semakin ketat.

Kemampuan kamu dalam menguasai bahasa Indonesia serta bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah yang bisa memengaruhi peluang dalam memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan.

Hampir semua pekerjaan saat ini mempertimbangkan penguasaan bahasa Inggris dari pada kandidat pekerjanya, tidak hanya di bidang pariwisata atau perusahaan multinasional saja.

Selain itu, semakin berkembangnya globalisasi tidak hanya bisa memberikan dampak negatif, tetapi juga dapat membuka peluang bagi kamu yang ingin berkarier di luar negeri.

Dengan menguasai bahasa Inggris, maka kamu akan memiliki kesempatan yang lebih lebar dalam memanfaatkan peluang ini dibandingkan seseorang yang belum menguasai bahasa Inggris dengan fasih.

2. Kemudahan dalam Memperoleh Informasi

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini telah memberikan banyak kemudahan dalam hidup manusia, salah satunya dalam memperoleh informasi.

Hanya dengan memiliki koneksi internet kamu bisa mengakses berbagai macam hal untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, baik melalui artikel, jurnal, buku, atau video.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tidak hanya bisa memperoleh informasi dari sumber berbahasa Indonesia saja, namun juga sumber-sumber lain yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Ketika menempuh perkuliahan nantinya, kamu pun akan dituntut untuk bisa membaca dan memahami jurnal-jurnal serta artikel ilmiah internasional sebagai referensi pembelajaran.

Jika kamu telah mempersiapkan diri dengan mempelajari bahasa Inggris sejak dini, maka kamu tidak akan mengalami kesulitan dan bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi dari sumber berbahasa Inggris untuk menunjang materi yang kamu pelajari.

3. Melanjutkan Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

Dengan semakin banyaknya beasiswa pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai negara, membuat sebagian besar orang jadi tertarik untuk bisa melanjutkan studi di luar negeri.

Bila kamu adalah salah satunya, maka penting bagi kamu untuk terlebih dahulu menguasai bahasa Inggris yang umumnya menjadi syarat utama untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Tidak hanya kamu berkesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik dengan melakukan studi di negara asing, namun kamu juga bisa mendapatkan pengalaman berharga yang tidak akan kamu lupakan seumur hidup.

Dengan menguasai bahasa Inggris, selain bisa menunjang dalam perkuliahan, kamu pun bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan pertemanan dengan penduduk lokal di tempat kamu belajar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nah, itulah beberapa alasan pentingnya belajar bahasa Inggris yang bisa menjadi bekal untuk masa depan kamu.

Buku Mahir Bahasa Inggris yang ditulis oleh Chandra Dewi bisa menjadi buku belajar bahasa Inggris yang pas bagi kamu yang masih pemula untuk bisa menguasai bahasa ini sampai mahir.

Selain memberikan materi yang padat dan lengkap serta mudah untuk dipahami, penulis juga akan membagikan tata cara bagaimana kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Terdapat banyak bonus yang akan kamu dapatkan di dalam buku ini, seperti daftar kosa kata tematis dan cara untuk membacanya, daftar idiom lengkap, tabel regular dan irregular verbs, serta kesempatan untuk berkonsultasi secara gratis dengan penulis.

Buku ini akan menjadi bekal bagi kamu untuk bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak di rumah dengan mengikuti metode cerdas dan cepat yang dipaparkan di dalam buku.

Kamu jadi tidak perlu merasa khawatir atau pun takut akan mengalami kesulitan untuk bisa menguasai bahasa internasional ini.

Kamu bisa mendapatkan buku Mahir Bahasa Inggris ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain belajar melalui buku, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak atau adik kamu menggunakan aplikasi interaktif berikut ini.

BOOKR Class, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menyenangkan

BOOKR Class adalah sebuah aplikasi yang bisa menjadi media bermain sambil belajar bahasa Inggris, melalui e-book yang disajikan dalam bentuk audio-visual yang mampu menarik perhatian anak-anak.

Berbeda dengan textbook biasa, aplikasi ini akan memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan dengan gambar animasi yang bisa bergerak, beserta suara yang diisi oleh seorang narator.

Bekerja sama dengan penerbit buku terkenal, seperti Oxford University Press, Albert Whitman & Co, Blue Apple Books, dan lain-lain, BOOKR Class menyediakan ratusan buku digital interaktif yang berasal dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, meliputi buku klasik, cerita rakyat, maupun buku-buku modern terfavorit.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Terdapat enam tingkatan berdasarkan standar kecakapan berbahasa dari buku-buku yang disediakan, yang terbagi dalam level beginner, elementary, dan intermediate yang bisa disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris anak.

Tidak hanya berisi buku cerita saja, namun juga terdapat lagu-lagu anak yang bisa digunakan sebagai karaoke, flash card, dan lembar kerja yang bisa dicetak, serta sajak anak-anak yang akan turut menunjang pembelajaran.

Kamu bisa mengunduh aplikasi BOOKR Class dan menikmati beragam fitur yang disediakan di dalamnya melalui Android, iOS, Mac, serta Windows.

Masih penasaran dengan apa itu BOOKR Class? Coba cek lebih lengkap di sini ya! ⤵️

| Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class |

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com