Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris yang Mudah untuk Dilakukan

Kompas.com - 29/03/2022, 19:11 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris
Pengarang: N.s Bramadi
|
Editor Novia Putri Anindhita

Cara menghafal kosakata bahasa Inggris kini mutlak diperlukan, sehingga dalam waktu yang relatif singkat kita akan mampu lancar dan menguasai bahasa Inggris dalam penggunaan sehari-hari maupun untuk kebutuhan formal.

Vocabulary atau kosakata dalam bahasa Inggris adalah elemen dasar yang harus dipelajari agar bisa fasih berbahasa Inggris, sebab dalam setiap kosakata memiliki makna dan penggunaan yang berbeda-beda dalam setiap kalimat yang digunakan.

Jika wawasan atau pengetahuan kamu akan kosakata bahasa Inggris tergolong sedikit bisa dipastikan kamu akan mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menguasai bahasa Inggris dengan fasih, karena vocabulary merupakan elemen penting yang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Oleh karenanya, penting sekali bagi kamu untuk terus memahami dan menambah jumlah kosakata bahasa Inggris yang dimiliki agar bisa melakukan daily conversation atau percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Namun, mungkin bagi sebagian besar dari kita masih merasa kesulitan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris.

Berikut lima cara mudah dan efisien untuk menghafal kosakata bahasa Inggris yang efektif.

5 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

1. Membaca Buku

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk lebih mudah menghafal kosakata bahasa Inggris adalah dengan cara membaca buku bahasa Inggris, baik fiksi maupun nonfiksi, yang akan memberikan ratusan kosakata bahasa Inggris baru selama proses membacanya.

Tiap kali kamu menemukan kosakata bahasa Inggris yang terlihat asing, langsung cari tahu artinya dan tulis di sebuah buku catatan agar dapat dengan mudah kamu buka dan hafalkan kembali, sehingga selain bisa menikmati sebuah bacaan, membaca buku bahasa Inggris pun akan memperkaya kosakata yang mungkin terdengar unik dan menarik.

2. Bermain Games

Cara mudah lainnya untuk menghafalkan kosakata bahasa Inggris adalah dengan cara bermain games yang menggunakan bahasa Inggris, seperti video games, board games, hingga game interaktif yang mengharuskan interaksi dari para pemainnya.

Ketika sedang bermain video games biasanya akan muncul beberapa teks atau kata dalam bahasa Inggris yang pastinya akan sangat berguna untuk memperluas pemahaman kosakata yang kamu miliki.

Atau kamu juga dapat bermain board games seperti scrabble yang akan menantang para pemainnya untuk menyusun sebuah kata dari huruf-huruf acak.

3. Mendengarkan Musik

Siapa yang menyangka jika kegiatan dalam mendengarkan musik bisa menjadi cara yang mudah dan praktis untuk membantu kamu dalam menghafal kosakata bahasa Inggris, karena dalam setiap lirik lagu pasti terdapat beberapa kosakata yang bisa menjadi tambahan kosakata baru yang menarik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pilihlah lagu yang terdengar puitis dengan lirik yang mendalam, agar kamu bisa menemukan kosakata baru yang indah dan mungkin masih jarang terdengar di telinga, sehingga perbendaharaan kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki bisa semakin bertambah kaya.

4. Menonton Film

Sama halnya dengan mendengarkan musik, menonton film juga bisa menjadi cara yang efektif dalam membantu kamu menghafal sekaligus menambah kosakata bahasa Inggris yang digunakan dalam sebuah dialog atau percakapan.

Dialog-dialog atau interaksi yang dilakukan para pemain dalam film yang kamu tonton akan menghadirkan beberapa kosakata yang pastinya akan tampak menarik untuk didengar dan dihafalkan, karena biasanya memiliki cara pengucapan yang terdengar unik.

5. Membuat Buku Catatan

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mempermudah menghafal dan menambah kosakata bahasa Inggris adalah dengan cara membuat catatan di sebuah buku saku untuk memuat vocabulary yang kamu dengar atau temukan.

Catat setiap kali kamu mendengar atau menemukan kosakata bahasa Inggris yang terasa menarik beserta cara pengucapan, penggunaan, dan artinya di buku catatan tersebut agar bisa menjadi tempat yang mudah dan praktis dalam menghafal kosakata bahasa Inggris.

Semoga kelima cara menghafal kosakata bahasa Inggris ini bisa membantu kamu dalam menambah wawasan perbendaharaan kosakata yang kamu miliki.

Namun, jika kamu memerlukan buku yang bisa melatih penggunaan kosakata bahasa Inggris tersebut, buku yang satu ini rasanya akan sangat cocok untuk dibaca dan dipelajari.

Buku Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris yang ditulis oleh N.S. Bramadi ini akan menjadi buku yang tepat untuk melatih setiap vocabulary yang kamu pelajari untuk digunakan dalam sebuah percakapan sehari-hari.

Buku ini memuat latihan percakapan bahasa Inggris dalam berbagai situasi serta kondisi yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan terasa sangat bermanfaat untuk dipelajari.

Tidak hanya itu, buku ini juga berisikan kumpulan kosakata bahasa Inggris yang disusun berdasarkan urutan abjad yang memudahkan kamu untuk menghafal serta menambah vocabulary di tengah kesibukan sehari-hari.

Buku Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris dapat kamu beli dan pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com