Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris untuk Berbagai Tujuan

Kompas.com - 20/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Ngomong Inggris Itu Gampang: Lancar…
Pengarang: Ipnu Rinto
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kita semua belajar bahasa Inggris di sekolah.

Bahkan ada sebagian sekolah yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama dan sebagian yang lain sebagai bahasa kedua.

Hal ini muncul bukan tanpa alasan.

Pergeseran kebutuhan dan perubahan zaman menjadikan bahasa ini lebih banyak diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini.

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang merupakan bahasa nomor satu di dunia akan membuka kesempatan yang lebih besar dan wawasan pengetahuan yang luas, seperti misalnya di dunia kerja, karena banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Selain itu, banyak buku literatur berbahasa Inggris terutama untuk kamu yang duduk di bangku kuliah.

Jika kamu bisa mengerti bahkan lancar berbahasa Inggris, hal ini akan membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Begitu juga ketika kamu bepergian ke luar negeri, memiliki kemampuan ini membuat perjalanan kamu akan terasa lebih mudah.

Semua menjadi tidak ada masalah, ketika kamu bisa berbahasa Inggris.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar dengan konsisten dan membekali diri dengan buku belajar bahasa Inggris yang bagus.

Berikut ini rekomendasi buku belajar bahasa Inggris yang telah kami persiapkan untuk mempermudah kamu dalam menguasainya.

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris

1. Ngomong Inggris itu Gampang: Lancar Gak Pake Lama

Langkah awal agar kita bisa lancar berbahasa Inggris adalah dengan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kamu selama ini mengandalkan bantuan penerjemah online, ada cara yang lebih akurat dan benar secara susunan grammar, yaitu dengan mempergunakan buku yang memuat percakapan sehari-hari.

Buku ini memuat berbagai tema dari percakapan sehari-hari, dimulai dari yang paling dasar seperti greetings atau pengucapan salam, introduction, offering dan receiving helps sampai ke tema farewell.

Buku ini cocok bagi kamu dengan level pemula, yang terpenting adalah kamu mengetahui dulu polanya termasuk pola grammar yang benar, setelah itu akan lebih mudah untuk kamu berlatih dan mengembangkannya dengan daftar kosakata tambahan yang tersedia.

Buku ini cocok terutama untuk kamu yang dalam waktu dekat akan mengunjungi negara lain dan membutuhkan buku yang bisa membantumu.

2. IELTS: A to Z Tips dan Trik Raih Band 9

Untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri atau ada juga di dalam negeri, ada salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi, yaitu bukti kemampuan berbahasa Inggris.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa mengikuti ujian kemampuan seperti TOEFL atau IELTS.

Ujian ini tidak mudah dan kamu memerlukan latihan serta materi pembelajaran yang tepat.

Di dalam ujian IELTS ada empat bagian penilaian kemampuan bahasa Inggris, yaitu listening, reading, writing dan speaking yang kemudian dirata-ratakan sebagai nilai akhir (yang dikenal dengan istilah Bands).

Skala nilai dinyatakan dalam rentang 1 hingga 9.

Nilai 1 adalah untuk mereka yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris dan nilai 9 adalah untuk mereka yang dianggap memiliki kecakapan pemakaian berbahasa Inggris yang utuh, memadai, tepat, dan fasih dengan pemahaman yang lengkap.

Buku ini memberikan cakupan ulasan yang lengkap mengenai strategi, tips dan trik untuk kamu agar bisa mencapai nilai yang maksimal.

Kamu bisa belajar secara otodidak karena buku ini dirancang untuk membimbing, mengarahkan, dan membantu kamu untuk menjawab soal IELTS dengan cepat, tepat, dan akurat.

3. Buku Kamus Bergambar Pintar Bahasa Inggris

Sebaiknya bahasa asing diperkenalkan kepada anak sedini mungkin.

Selain karena daya serap anak masih seperti spons, hal ini juga agar anak cukup terekspos dengan bahasa Inggris sehingga bahasa tersebut tidak asing lagi untuknya seiring pertumbuhan usianya.

Untuk meningkatkan penguasaan kosakata serta kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, maka diperlukan kamus bergambar yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipelajari sebagai alat bantu si kecil atau bagi para pemula.

Buku ini memuat lebih dari 500 kosa kata bahasa Inggris yang penting.

Selain itu, kamus ini juga menyediakan contoh-contoh kalimat di setiap kosakata yang dipelajari, sehingga si kecil bisa menggunakan kosakata ini di dalam penyusunan kalimat.

Ilustrasinya yang menarik serta halaman berwarna juga menambah daya tarik khusus yang membuat anak nyaman dan senang membuka halaman serta mempelajarinya.

Buku ini juga dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia serta cara pengucapannya, sehingga selain anak mengetahui artinya tapi juga paham pengucapannya yang benar.

Ketiga buku rekomendasi ini bisa kamu beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com