Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meningkatkan Listening Skill Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Kompas.com - 16/03/2022, 17:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Best Drilling Toefl Booster
Pengarang: Tim Elc International
|
Editor Novia Putri Anindhita

Listening skill atau kemampuan mendengar merupakan salah satu aspek selain reading, writing, dan speaking yang juga perlu kamu tingkatkan jika ingin mahir dalam berbahasa Inggris.

Bagi sebagian orang listening merupakan skill yang paling sulit untuk dikuasai di antara aspek kemampuan lainnya, karena banyaknya aksen bahasa Inggris yang berasal dari berbagai negara.

Jika tidak membiasakan diri untuk mendengarkan kosakata dalam bahasa Inggris setiap harinya, kamu mungkin akan kesulitan untuk bisa menangkap dan memahami maksud yang diucapkan dengan berbagai aksen bahasa Inggris ini.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan listening skill dengan cara yang menyenangkan.

Tips Meningkatkan Listening Skill Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu biasa dilakukan oleh sebagian besar orang setiap harinya untuk meningkatkan mood dan membuat perasaan menjadi senang.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan kemampuan listening dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dari penyanyi atau musisi favorit kamu.

Selain untuk membiasakan diri mendengarkan kosakata dalam bahasa Inggris setiap harinya, kamu juga bisa menggunakannya sebagai media untuk belajar.

Coba pilih satu lagu yang belum pernah kamu dengarkan sebelumnya.

Dengarkan dengan saksama setiap kata yang dinyanyikan dan tuliskan lirik lagu tersebut tanpa melihat lirik aslinya di internet.

Setelah selesai, barulah kamu bisa mencocokkan hasil pekerjaan kamu dengan teks lirik asli dari lagu tersebut.

Tandai kosakata atau vocabulary yang salah dan dengarkan kembali cara pelafalannya.

Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk terus mengasah listening skill kamu agar semakin mahir.

2. Menonton Film Berbahasa Inggris

Sama halnya dengan mendengarkan lagu, kamu juga bisa belajar dan meningkatkan listening skill melalui film.

Pilihlah film berbahasa Inggris yang menjadi kesukaan kamu dan telah ditonton berulang kali hingga kamu sangat memahami jalan ceritanya.

Kali ini coba tonton kembali film tersebut, namun dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Karena kamu sudah mengetahui alur ceritanya, kini coba lebih fokuskan perhatian kamu terhadap kosakata yang diucapkan oleh tokoh-tokoh di dalam film.

Perhatikan teks di bawah film tersebut dan simak bagaimana mereka melafalkannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai film berdasarkan aksen bahasa Inggris yang ingin kamu pelajari.

Seperti menonton film The Hunger Games, Toy Story, dan Twilight untuk belajar aksen American English, atau menonton film Harry Potter, Sherlock Holmes, dan The Chronicles of Narnia untuk belajar aksen British.

3. Mendengarkan Podcast atau Menonton Video Berbahasa Inggris

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk semakin mengasah listening skill kamu adalah dengan mendengarkan podcast atau menonton video yang menggunakan bahasa Inggris.

Untuk pemula, kamu bisa mendengarkan podcast The Science of Happiness dari Greater Good Magazine yang tersedia di laman webnya.

Selain mendengarkan podcast, kamu pun bisa membaca teks yang disediakan untuk membantu kamu yang masih belum fasih mendengarkan kosakata dalam bahasa Inggris agar bisa memahami isi dari podcast tersebut.

Ketika semakin mahir, kamu bisa mendengarkan podcast-podcast berbahasa Inggris lainnya, seperti Cautionary Tales with Tim Harford, On Purpose with Jay Setty, atau TED Talks Daily yang bisa kamu dengarkan melalui aplikasi Spotify dan Google Podcasts.

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris sekaligus melatih listening skill kamu, maka channel English with Lucy, Learn English with TV Series, dan Speak English with Vanessa di Youtube bisa menjadi referensi pilihan yang bisa kamu tonton.

Kamu juga bisa menonton vlog dari Youtuber asal luar negeri, seperti Alivia D' Andrea, dearnessie, Michelle Choi, dan lain-lain untuk mengembangkan kemampuan listening kamu dengan mendengarkan bagaimana orang-orang tersebut menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari mereka.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan listening skill dalam bahasa Inggris agar semakin mahir, namun dengan cara yang lebih menyenangkan.

Setelah giat melatih listening skill dengan melakukan tips-tips di atas, kamu bisa menguji aspek kemampuan berbahasa Inggris tersebut dengan mengerjakan soal-soal TOEFL di buku The Best Drilling Toefl Booster yang disusun oleh Tim ELC International ini.

Dengan tebal sebanyak 512 halaman, banyak benefit yang bisa kamu dapatkan dari buku ini, meliputi 36 paket soal TOEFL dengan standar ETS, 45 audio mp3 listening dan script, video strategi dari pakar TOEFL, serta CD software untuk simulasi CBT TOEFL berbasis komputer.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan e-book berisi bank soal yang bisa kamu cetak sendiri, link untuk aplikasi Android di mana kamu bisa mengerjakan simulasi TOEFL dan TPA, voucher pelatihan sebesar Rp500.000, grup untuk diskusi soal, serta berkesempatan untuk mengikuti try out online secara gratis, dan lain-lain.

Tidak hanya berisi soal-soal TOEFL saja, namun buku ini juga dilengkapi dengan materi lengkap dan tips-tips supaya kamu bisa mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

Kamu pun jadi bisa mengetahui sejauh mana kemampuan listening yang telah kamu asah selama ini dengan mengerjakan soal listening melalui fasilitas audio yang disediakan di dalam buku ini.

Kamu bisa mendapatkan buku The Best Drilling Toefl Booster ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com