Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asah Kemampuan Bahasa Inggris dengan Mudah, Simak 5 Tips Lolos TOEFL Berikut Ini!

Kompas.com - 15/12/2021, 10:44 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
How to Prepare TOEFL and…
Pengarang: Dadang Dachjar, Drs
|
Editor Almira Rahma Natasya

Ujian TOEFL (Test of English as a Foreign Language) digunakan untuk menentukan apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni dalam menyelesaikan atau mendaftarkan diri ke suatu program tertentu.

Anda bisa mendapatkan skor kelulusan yang memuaskan pada tes TOEFL dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Salah satu cara yang bagus untuk mempersiapkan TOEFL adalah dengan memperbanyak latihan mulai dari reading, listening, hingga grammar atau tata bahasanya.

Anda juga perlu mempertimbangkan dan memilih jenis tes yaitu antara TOEFL berbasis kertas (paper-based test) atau berbasis internet (internet-based test) dengan masing-masing pendekatan cara belajar yang berbeda.

Kebutuhan akan skor TOEFL tiap instansi pun berbeda-beda, oleh karena itu Anda harus mencari tahu jenis tes TOEFL apa yang dibutuhkan.

Dengan begitu, Anda bisa fokus belajar TOEFL berbasis kertas atau berbasis internet.

Dalam mempelajari tes TOEFL, ada beberapa tips agar kamu bisa mengikuti tes dengan mudah.

5 Tips Lolos TOEFL

1. Teruslah Berlatih

Semakin banyak Anda berlatih, semakin tinggi skor yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan waktu, uang, energi, dan sumber daya lainnya sebaik mungkin.

Anda harus membuat komitmen pada diri sendiri untuk belajar secara intensif.

Pilihlah buku persiapan TOEFL yang sesuai dan latihan soal yang lengkap.

Buat rencana belajar dan lakukan dengan konsisten, hal ini dapat Anda lakukan dengan mengerjakan satu set rangkaian tes TOEFL seminggu sekali.

Anda juga dapat berpura-pura sedang mengikuti ujian sesungguhnya dimana tidak ada kamus, tidak ada telepon, dan tidak ada bantuan.

Dengan cara ini, Anda belajar bagaimana mengendalikan tingkat stres Anda sendiri, kemungkinan besar ujian yang sebenarnya akan tampak seperti sesi latihan lainnya.

Anda akan merasa lebih akrab dengan situasinya, dan Anda mungkin akan merasa lebih percaya diri dan siap.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Pahami Semua Petunjuk

Anda akan membaca petunjuk yang sama pada setiap tes TOEFL yang Anda ambil dimana petunjuk ini memberi tahu apa yang harus Anda lakukan (membaca, menulis, menjawab pertanyaan) dan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk melakukan setiap sesi.

Saat Anda berlatih, baca petunjuknya dengan cermat dan cobalah untuk mengingat petunjuk untuk setiap bagian.

Saat Anda mengikuti tes yang sebenarnya, baca kembali petunjuk setiap bagian dengan cepat untuk memastikan bahwa Anda tahu apa yang harus dilakukan.

3. Waktu Bukanlah Musuh

Waktu bukanlah musuh jika Anda tahu cara menggunakannya dengan efisien sehingga Anda dapat mengerjakan tes dengan tepat waktu.

Jika Anda mengerjakan tes TOEFL secara online, perhatikan judul dan petunjuk arah di layar komputer Anda, tetapi fokuslah pada pertanyaan.

4. Fokus pada Tata Bahasa dan Kosakata

Semua ujian bahasa pada akhirnya adalah tentang kata-kata (kosakata) dan bagaimana Anda menghubungkan kata-kata itu (tata bahasa).

Anda dapat memulainya dengan mempelajari beberapa kata dan ekspresi baru setiap hari, kemudian buatlah kalimat yang Anda susun sendiri.

Jika Anda hanya mencoba menghafal tanpa menggunakannya dalam konteks, hafalan Anda tidak akan berhasil karena Anda harus melatih kata-kata baru sehingga menjadi bagian dari kosakata aktif.

Kosakata aktif adalah semua kata yang dapat Anda ingat dan gunakan dengan mudah, dimana Anda bisa menggunakannya dalam berbicara dan menulis tanpa berpikir terlalu banyak.

5. Buat Catatan yang Baik

Dalam melatih kemampuan berbahasa Inggris, Anda juga dapat melakukannya dengan membaca teks atau mendengarkan audio dalam bahasa Inggris kemudian mencatat hal-hal yang tidak dimengerti.

Media berlatih yang bisa Anda gunakan seperti artikel berita, majalah, film favorit, sampai teks akademis.

Selain tips di atas, untuk meraih skor tinggi pada tes TOEFL, buku Super Drilling TOEFL Booster Maximum Score 600 karya Tim Booster Scritto.

Buku TOEFL ini mengupas tuntas keempat belas poin tentang grammar bahasa inggris dengan latihan yang dipadukan latihan vocabulary serta reading comprehension.

Buku ini mempunyai keunikan tertentu yaitu di dalamnya membahas grammar/structure, vocabulary, reading comprehension, sekaligus cara menulis esai secara terpadu dan efisien.

Buku ini bisa menjadi panduan Anda untuk berlatih kemampuan bahasa Inggris dan menyiapkan diri untuk tes TOEFL.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com