Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TOEFL ITP Adalah Tes untuk Menguji Kemampuan Bahasa Inggris, Berikut Penjelasannya Lebih Lanjut!

Kompas.com - 15/06/2022, 18:00 WIB
Toefl ITP Sumber Gambar: Freepik.com Toefl ITP
Rujukan artikel ini:
Siap Tembus Tes Toefl Itp…
Pengarang: DENTY MARGA SUKMA, S.…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bahasa Inggris kini sudah menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh setiap individu.

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tentunya akan memudahkan seseorang untuk bisa saling berkomunikasi, serta membantu untuk mendapatkan pekerjaan.

Bahasa Inggris juga dijadikan sebagai salah satu syarat utama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke institusi di luar negeri.

Tidak hanya melalui komunikasi, skill bahasa Inggris biasanya juga harus dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu yang sudah terpercaya.

Salah satu program tes bahasa Inggris yang populer dan sudah diikuti oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia adalah Test of English as a Foreign Language atau biasa dikenal dengan istilah TOEFL.

TOEFL merupakan sebuah tes terstandarisasi yang biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, bagi seseorang yang tidak mengaplikasikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau bahasa kesehariannya.

Tes TOEFL sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni TOEFL ITP dan TOEFL iBT.

Di Indonesia sendiri, tes TOEFL ITP termasuk jenis tes yang cukup diminati dan diikuti oleh banyak orang, dengan biaya pendaftaran yang tergolong murah, yakni hanya sekitar Rp450.000 sampai Rp600.000 saja.

Bagi kamu yang ingin mengetahui tes TOEFL ITP dengan lebih lanjut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


Baca juga: Tempat Tes TOEFL dan Harganya


Pengertian TOEFL ITP

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan sebuah tes yang digunakan untuk menguji dan mengukur sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang, terutama dalam hal listening, structure and written expression, dan juga reading.

Hasil yang didapatkan dari tes TOEFL ITP ini pada umumnya tidak bisa digunakan sebagai syarat untuk mendaftar institusi pendidikan ke luar negeri, karena penyelenggara beasiswa biasanya hanya menerima hasil dari tes TOEFL standar.

Pada dasarnya, tes TOEFL ITP ini memang hanya digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kemahiran akademis seseorang, atau saat ini juga sudah mulai bisa digunakan untuk melamar di beberapa lembaga pendidikan.

Khusus untuk syarat mendaftar pendidikan di luar negeri, akan lebih baik jika kamu mengikuti tes TOEFL iBT (Internet-Based Test).

3 Bagian Tes TOEFL ITP

1. Listening Comprehension

Pada bagian ini, terdapat 50 pertanyaan dengan waktu pengerjaan selama kurang lebih 40 menit.

Listening terdiri dari tiga bagian, yakni Part A yang berisi percakapan pendek antara 2 orang atau lebih), Part B berisi obrolan atau percakapan yang lebih panjang dibandingkan Part A, dan Part C yang berisi beberapa kutipan academic lectures.

2. Structure and Written Expression

Bagian kedua ini terdiri dari 40 pertanyaan, dengan waktu pengerjaan yang kurang lebih selama 25 menit.

Structure and Written Expression memiliki dua bagian tes, yakni mengisi jawaban titik-titik dan mengenali atau menganalisis kesalahan yang ada dalam sebuah kalimat.

3. Reading

Reading terdiri dari 50 pertanyaan dengan waktu pengerjaan kurang lebih 55 menit.

Pada bagian ini biasanya terdapat 5 teks paragraf dengan masing-masing 25 baris di setiap teksnya.

Tips Mudah Belajar TOEFL

1. Luangkan Waktu Minimal 2 Jam Sehari

Cobalah membiasakan diri untuk meluangkan waktu minimal 2 jam, dari waktu 24 jam yang kamu miliki dalam sehari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa mengatur jam belajarmu dan menyesuaikannya dengan mood terbaikmu, kemudian bagilah jadwal per dua hari untuk mempelajari listening, reading, dan grammar. Pada hari ketujuh nanti kamu bisa melakukan evaluasi secara keseluruhan.

2. Perkaya Kosakata yang Kamu Punya

Memperkaya kosakata bahasa Inggris tidak melulu harus menggunakan kamus, kamu juga bisa gunakan cara yang menyenangkan, misalnya dengan menonton film, membaca buku berbahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya Rekomendasi Buku TOEFL.

Mulailah dengan menonton genre film yang kamu sukai, kemudian ganti subtitle-nya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Lakukan secara berulang-ulang sampai kamu terbiasa.

Selain itu, jangan pernah menganggap latihan ini sebagai beban, melainkan sebagai kebiasaan baik yang akan melatih rasa percaya dirimu untuk berbahasa Inggris.

3. Berlatih Speaking dengan Diri Sendiri

Khusus untuk melatih speaking atau kemampuan dalam berbicara, kamu bisa coba untuk berbicara sendiri di depan kaca atau mungkin mempraktikannya langsung di depan orang lain.

Hal ini tentunya akan membuatmu semakin percaya diri, serta untuk mengasah kosakata yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Terus menerus berlatih speaking secara serius akan membuatmu terbiasa mendengarkan dan mengucapkan banyak kata-kata dalam bahasa Inggris, sehingga kemampuan komunikasimu juga akan semakin baik.

4. Mengumpulkan Latihan Soal

Bagi kamu yang tidak aktif mengikuti kursus TOEFL dan lebih memilih untuk belajar mandiri di rumah, kamu bisa coba mencari alternatif soal-soal latihan TOEFL yang biasanya tersedia di internet.

Selain itu, ada beberapa website dalam atau luar negeri yang juga menyediakan banyak soal latihan gratis yang bisa kamu kerjakan, untuk membantumu memahami struktur tes TOEFL dengan baik.

5. Turn Your Weaknesses Into Strengths

Setelah belajar selama beberapa saat, cobalah kamu mengidentifikasi dan menilai sisi lemah yang kamu miliki dalam materi TOEFL.

Misalnya kamu merasa bahwa kamu lemah dalam materi listening, kamu bisa mencoba untuk lebih sering mendengarkan podcast, menonton berita, series, atau film berbahasa Inggris.

Jika kamu merasa lemah dalam hal reading, kamu bisa coba meningkatkannya dengan memperkaya kosakata yang kamu punya.

Bagian yang paling penting dalam hal ini adalah jangan pernah memberikan batasan pada diri sendiri, karena jika kamu mau berusaha, maka kemampuanmu pasti akan terus berkembang menjadi lebih baik.

Bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris untuk mengikuti tes TOEFL ITP, kamu bisa coba membaca buku Siap Tembus Tes TOEFL ITP Score 600 +++ yang ditulis oleh Denty Marga Sukma, S. PD., M.PD.

Buku ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin belajar struktur-struktur dalam bahasa Inggris, maupun sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL.

Buku setebal 400+ halaman ini merangkum hampir keseluruhan materi TOEFL, mulai dari materi Listening Section, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, juga dilengkapi dengan contoh soal-soal latihan yang akan semakin memperkaya pengetahuanmu.

Selain itu, buku ini juga disertai dengan audio listening dan video mengenai tips dan trik jitu dalam menghadapi tes TOEFL, demi mendapatkan skor TOEFL sampai 600++.

Buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com