Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan TOEFL dan IELTS, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 27/04/2022, 18:00 WIB
Perbedaan TOEFL dan IELTS Sumber Gambar: Canva Perbedaan TOEFL dan IELTS
Rujukan artikel ini:
Barrons Ielts Practice Exams W/Mp3…
Pengarang: Lin Lougheed
Penulis Renny Novita
|
Editor Ratih Widiastuty

Jika kamu ingin belajar di luar negeri seperti di Amerika Serikat, Australia, Kanada dan lainnya, kamu harus membuktikan bahwa kamu memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang baik saat mendaftar.

Namun, nilai yang tertera di transkrip nilai saja tidak cukup.

Di negara yang disebutkan di atas, akan mengenali kemampuan berbahasa Inggris kamu dari hasil tes bahasa standar yang mereka kenal.

Hingga beberapa tahun yang lalu, kita hanya mengenal Test of English as a Foreign Language atau yang disingkat dengan TOEFL.

Sementara itu, tes bahasa Inggris lain telah dikembangkan yang juga diterima hampir di mana-mana.

Tes bahasa Inggris yang lain itu adalah International English Language Testing System atau IELTS.

Lalu, apa perbedaan dari TOEFL dan IELTS? Mana yang lebih baik? Berikut sedikit perbandingannya.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

TOEFL iBT (Internet Based Test) dan IELTS sebenarnya mempunyai kesamaan, yaitu keduanya sama-sama mengukur empat keterampilan berbahasa dasar, mulai dari pemahaman membaca, pemahaman mendengar, menulis, dan berbicara.

Kunci yang diperlukan adalah keluasan kosakata agar dapat mengekspresikan kata-kata dengan tepat.

Hal yang menjadi pembeda adalah saat bagian speaking.

Ketika kamu mengikuti TOEFL iBT, kamu bukan berhadapan dengan penguji, melainkan dengan komponen.

Di layar akan muncul pertanyaan dan kamu punya waktu singkat untuk membuat catatan dan kemudian mengucapkan jawabannya yang berlangsung sekitar 2-3 menit melalui mikrofon.

Tidak ada lawan bicara, apapun jawaban yang kamu utarakan, akan disimpan secara digital dan kemudian dievaluasi secara anonim.

Agar tidak semua peserta tes di dalam ruangan berbicara pada waktu yang sama, bagian ini dilakukan pada waktu yang berbeda.

Sementara ketika kamu mengambil tes IELTS, situasi komunikasi jauh lebih alami, seperti dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu akan dievaluasi oleh penguji seperti layaknya bagaimana mereka menguji komunikasi manusia, dari mulai bahasa tubuh, suasana hati, bagaimana perasaan mereka saat berinteraksi dengan kamu, dan seberapa fasih kamu menjawab pertanyaan.

Dalam tes IELTS, kamu harus menunggu giliran sampai kamu dipanggil.

Hal lain yang membedakan adalah perihal biaya.

Biaya untuk kamu mengambil tes TOEFL iBT adalah sebesar $205 atau setara Rp3.382.000, sedangkan tes IELTS adalah sebesar Rp3.000.000,-

Untuk pendaftaran kamu bisa melakukan melalui kantor representatif seperti ITC (International Test Center) Indonesia dan IIEF (Indonesian International Education Foundation).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu melakukan pendaftaran melalui internet, untuk TOEFL dengan penyelenggara ETS, dan untuk IELTS dengan British Council.

Hasilnya kemudian dikirim secara elektronik ke universitas tempat kamu ingin mendaftar.

Tidak ada yang namanya gagal untuk tes kemampuan bahasa, namun jumlah poin yang diraih adalah salah satu faktor yang menjadi persyaratan diterima atau tidaknya di universitas yang kamu tuju.

Persiapan TOEFL dan IELTS

Langkah pertama dalam persiapan yang baik adalah membiasakan diri dengan kedua tes dan kemudian memutuskan mana yang lebih nyaman.

Ada contoh tugas atau tes latihan lengkap di situs web penyelenggara tes.

Selain itu, kamu juga bisa berlatih dari aplikasi seperti IELTS prep dan LearnEnglish yang dikeluarkan oleh British Council.

Cara yang lain adalah menggunakan buku latihan sebagai cara mempersiapkan ujian. Lihat Rekomendasi Buku TOEFL disini!

Pilih buku yang menyertakan CD atau DVD untuk menjalankan test internet Based Test, agar kita bisa merasakan situasi yang sama seperti ketika kita akan mengerjakan tes yang sesungguhnya.

Buku Barron’s IELTS Practice Exams with MP3 serta Barron’s TOEFL iBT with MP3 CD, keduanya merupakan buku resmi yang biasa dipergunakan untuk persiapan tes TOEFL iBT dan IELTS.

Di dalam buku Barron’s IELTS Practice Exams with MP3, bagian pertama adalah academic module dan bagian kedua adalah general training module.

Untuk setiap bagian, masing-masing ada enam latihan yang bisa kamu kerjakan.

Pertanyaan yang ada di tes kurang lebih mempunyai bobot kesulitan yang sama dengan yang ada di buku.

Tips untuk mempersiapkan tes adalah kamu harus terlebih dahulu membaca seluruh bab dan pahami jenis pertanyaan apa yang diajukan nanti dalam ujian.

Lalu, setidaknya selesaikan satu tes latihan setiap minggu. Dapatkan pula tes latihan pada Buku Tes TOEFL.

Tes latihan di dalam buku ini banyak membantu peserta tes, karena ujian yang sebenarnya mengikuti pola yang sama persis seperti yang diberikan dalam buku.

Hal tersebut mampu memberikan kepercayaan diri untuk mengikuti ujian.

CD yang menyertainya juga sangat berguna, karena berisi audio untuk bagian listening dan memberikan gambaran tentang bagaimana bagian speaking ditangani oleh peserta ujian.

Buku Barron’s IELTS Practice Exams w/ MP3 atau Barron’s TOEFL iBT with MP3 CD bisa kamu beli di Gramedia.com atau bisa juga membeli langsung di toko buku Gramedia kesayanganmu.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com