Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai Negara Terbesar di Dunia, Inilah 7 Hal Unik yang Dimiliki India

Kompas.com - 28/12/2022, 14:30 WIB
hal unik di india sebagai negara terbesar di dunia Sumber: pixabay hal unik di india sebagai negara terbesar di dunia
Rujukan artikel ini:
Why? Country - India
Pengarang: Hyejin Kim
|
Editor Rahmad

Sebagai negara terbesar di dunia, India saat ini juga sudah menjadi salah satu negara yang memiliki populasi terbesar kedua di dunia. Negara di Asia Selatan ini mempunyai luas wilayah sebesar 3.287.590 km2.

Luas daratan yang dimiliki oleh India sebagai negara terbesar di dunia ini mencapai 2.973.190 km2 atau dua persen dari total daratan yang ada di dunia. India berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan China di sebelah utara, sedangkan di timur berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan juga Teluk Benggala.

Sebagai negara terbesar di dunia, India memiliki 28 negara bagian dan 8 wilayah persatuan. Walaupun tidak mempunyai agama resmi, tetapi terdapat lebih dari 80% warga India beragama Hindu. Sedangkan, sisanya beragama Islam, Buddhisme, Sikhisme, dan juga Jainisme.

Terdapat hal unik dan menarik yang dimiliki oleh negara terbesar di dunia ini yang memperoleh kemerdekaan dari Inggris itu. Berikut ini adalah beberapa hal unik yang dimiliki oleh India sebagai salah satu negara terbesar di dunia.

Hal Unik yang Dimiliki oleh India

hal unik di india sebagai negara terbesar di dunia hal unik di india sebagai negara terbesar di dunia

1. Sistem pemerintahan

India merupakan Republik Berdaulat, Sosialis, Sekuler, dan Demokratik dengan sistem pemerintahan parlementer. Bagian ini berusaha untuk memperkenalkan konstitusi India, asal-usul, parlemen, berbagai undang-undang, serta aturan yang mengatur negara, dokumen, serta pemberitahuan publik.

India yang merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang menganut sistem pemerintahan parlementer dengan presiden sebagai kepala keluarga atau simbol negara, serta perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya.

2. Sapi dianggap yang suci

India adalah salah satu negara terbesar di dunia yang penduduknya merupakan beragama hindu. Itulah alasan kenapa sapi dianggap suci di negara ini. Sapi diyakini suci, sehingga mereka saling dihormati, dilindungi, dan juga diperlakukan dengan hormat.

3. Rempah dunia berasal dari India

Sekitar 70 persen rempah-rempah dunia berasal dari India. Beberapa jenis spesies yang paling populer adalah lada hitam, pala, jahe, kayu manis, vanili, dan juga kunyit.

Rempah-rempah juga banyak digunakan dalam makanan India sebagai pewarna atau sebagai pemberi aroma. India biasa menggunakan banyak rempah di seluruh negeri untuk resep masakan kari.

4. Festival holi

Festival holi merupakan festival hindu yang berlangsung selama dua hari. Festival holi digelar untuk merayakan cinta, musim semi, serta kehidupan baru. Holi biasanya dirayakan di bulan Maret karena menandai akhir dari musim dingin dan juga datangnya musim semi.

Pada hari pertama festival holi, orang berkumpul di sekitar api unggun untuk merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Sedangkan hari kedua adalah hari di mana banyaknya bubuk wangi berwarna-warni, cat, pistol air, serta balon.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Mempunyai jaringan kantor pos terbesar di dunia

Dibandingkan dengan negara-negara lainnya, sebagai negara terbesar di dunia, India mempunyai jaringan kantor pos terbesar di dunia. Dilansir dari nationfacts bahwa terdapat sekitar 150.000 kantor pos di India.

Menariknya lagi, India memiliki kantor pos terapung yang terletak di danau Dal Srinagar. Kantor pos terapung ini telah diresmikan pada tahun 2011 lalu.

6. Negara berbahasa Inggris terbesar kedua di dunia

Bahasa resmi dari India adalah bahasa Hindi. Namun, selain bahasa Hindi, bahasa lain yang sering digunakan di India adalah bahasa Inggris. Bahkan, India adalah negara dengan pengguna bahasa Inggris terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Terbukti, sekitar 125 juta orang India berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-harinya.

7. Terdapat lebih dari 300.000 masjid di India

Dengan memiliki 14,2% populasi negara berasal dari komunitas muslim, sehingga membuat India memiliki banyak masjid. Beberapa masjid di India yang terkenal adalah Masjid Jama (New Delhi), Masjid Mekah (Hyderabad), Taj-Ul-Masjid (Bhopal), dan sebagainya.

Itulah beberapa hal unik yang terdapat di India sebagai negara terbesar di dunia. untuk mengetahui wawasan tentang India, kamu bisa menjelajahinya melalui buku Why? Country – India. Melalui buku karya Hyejin Kim ini, kamu bisa mengetahui negara India lebih mendalam lagi.

Buku ini juga dilengkapi dengan beragam ilustrasi yang menarik, sehingga mampu mempermudah dalam mengenalkan negara India kepada anak-anak. Tidak hanya itu, buku ini juga sangatlah informatif dan juga bermanfaat.

Buku ini bisa langsung kamu dapatkan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com