Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Peluang Bisnis dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Kompas.com - 28/12/2022, 09:30 WIB
peluang bisnis dengan modal kecil Photo by geralt on Pixabay peluang bisnis dengan modal kecil
Rujukan artikel ini:
Peluang Bisnis Modal Kecil Menguntungkan
Pengarang: Bisnis Update.com
|
Editor Rahmad

Sebelum memulai bisnis, kamu harus mempersiapkan diri untuk mengetahui pasar dan pesaing. Selain analisis modal dan risiko, seorang pengusaha juga harus mengkaji semua faktor yang mempengaruhi usahanya dari segala sisi.

Dengan strategi yang tepat, maka sebuah perusahaan dapat tumbuh dan mencapai tujuan dan potensi terbesarnya. Selain itu, modal atau anggaran juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jenis usaha yang dilakukan.

Tentunya semakin besar properti maka semakin besar pula peluang bisnis di berbagai daerah. Namun, tidak perlu khawatir jika memiliki modal rendah karena tetep ada peluang bisnis dengan modal kecil yang menjanjikan.

Peluang Bisnis dengan Modal Kecil

Berikut ini beberapa contoh peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu jadikan referensi jika berminat membuka usaha modal kecil:

1. Bisnis Makanan Sehat

Tren gaya hidup sehat yang berkembang di semua lapisan masyarakat terus meningkatkan permintaan akan makanan sehat. Semakin banyak orang yang menyadari kebutuhan diet dan kesehatan mereka, semakin dapat mengubahnya menjadi peluang bisnis.

Adanya pandemi ini menyadarkan banyak pihak bahwa meskipun konsumen mengkonsumsi fast food, mereka tetap menghargai kebersihan dan kualitas makanan.

2. Bisnis Minuman Sehat

Imunitas adalah hal penting bagi setiap orang. Kebutuhan masyarakat akan berbagai vitamin dan nutrisi juga semakin meningkat dari hari ke hari.

Hal ini bisa dimanfaatkan dari segi peluang bisnis dengan modal kecil caranya mencoba membuat minuman sehat seperti Empon-Empon dan Jamu. Dengan modal yang kecil, perusahaan minuman kesehatan ini patut dicoba.

Di masa pandemi ini, obat-obatan herbal yang dikembangkan terbukti bermanfaat bagi sebagian orang. Modal produksi jamu hanya sekitar 1-2 juta rubel, tetapi hasilnya bisa dua kali lipat.

3. Toko Makanan Ringan

Di era pandemi saat ini, berbagai fungsi dan aktivitas masyarakat pada umumnya terhambat, sehingga memaksa kita semua untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Ini membuka kemungkinan untuk take-out atau carry-out bisnis.

Dikarenakan semakin banyak orang di rumah, maka semakin besar pula kebutuhan akan makanan ringan seperti makaroni kering, kerupuk kulit, dan popcorn. Jadi, toko barang bekas mungkin merupakan bisnis yang harus Anda coba.

Ingatlah bahwa bisnis ini mengikuti tren. Solusinya Anda bisa mencari cemilan yang kemungkinan akan dibutuhkan dari waktu ke waktu, seperti keripik singkong.

Ini bisa menjadi contoh korporasi kecil yang tidak memiliki banyak pesaing, dan tentunya ini berlaku untuk semua bidang. Jadi, ini bisa dijadikan peluang usaha kecil-kecilan di berbagai bidang.

4. Bisnis Ecommerce Online

Permintaan toko online meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi dengan adanya pandemi, tren belanja online kembali berkembang.

Semakin banyak orang lebih memilih untuk membeli barang dan kebutuhan sehari-hari secara online, yang membuat peluang bisnis e-commerce sangat menjanjikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Bisnis Dropship

Contoh bisnis modal kecil yang tidak memiliki banyak pesaing bahkan terkadang tidak membutuhkan modal adalah bisnis dropshipping. Namun, seseorang harus bisa menebak tren dan tuntutan masyarakat.

Dropship adalah konsep bisnis yang memungkinkan menjual produk apapun tanpa modal apapun. Anda bisa menjual produk orang lain tanpa terlebih dahulu menyetok atau membeli produk tersebut.

6. Toko Cloud Kitchen

Jika kamu tertarik dengan bisnis kuliner, istilah cloud kitchen tentu sudah tidak asing lagi bukan?

Konsep bisnis yang sedang berkembang ini sangat menarik karena menawarkan dapur untuk menyiapkan dan menyajikan semua makanan untuk dijual. Ini bisa menjadi contoh perusahaan kecil yang tidak memiliki banyak pesaing.

7. Toko Eceran

Bisnis jual kembali sangat cocok bagi kamu yang memiliki modal kecil dan terbatas. Dengan menjadi reseller, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya produksi barang. Keuntungan yang bisa didapat dengan cara ini cukup besar bahkan untuk trader yang belum berpengalaman sekalipun.

8. Bisnis Pemasaran Afiliasi

Bagi Anda yang masih baru dalam dunia bisnis online, mungkin belum familiar dengan affiliate marketing. Bisnis pemasaran afiliasi ini pada dasarnya adalah cara untuk memasarkan produk tertentu yang kemudian dibayar untuk layanan tersebut.

Jumlah komisi yang bisa kamu dapatkan sebagai affiliate marketer sebenarnya cukup tinggi hanya dengan memasarkan produk saja.

9. Bisnis Daur Ulang yang Kreatif

Peluang bisnis dengan modal kecil selanjutnya ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kreativitas tinggi. Usaha daur ulang produk ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Dengan hanya menggunakan produk yang berbeda atau bahan baku bekas, kamu sudah dapat menangani bisnis ini.

Buku Peluang Bisnis Modal Kecil Menguntungkan bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha ini. Jangan khawatir dengan modal yang baru miliki karena buku ini akan memberimu ide dan strategi bisnis yang cocok dengan modal kecil namun tetap menguntungkan.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com