Pengen Bikin Bisnis Tapi Bingung Mulai dari Mana? Simak Langkah-Langkah Berikut Ini!

Kompas.com - 01/09/2022, 10:00 WIB
Buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller
Rujukan artikel ini:
Kiat Jitu Menjadi Best Seller
Pengarang: Tim Komunikasi GoSend
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyak dari kita ingin memulai usaha tetapi bingung produk atau jasa apa ya, yang harus dijual atau ditawarkan? Akan laku tidak ya, produk yang kita tawarkan? Siapa ya, yang nantinya akan menikmati produk kita?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali muncul di dalam diri kita.

Dengan banyaknya ide bisnis baru bermunculan, kita jadi bingung sendiri menentukan arah usaha dan pasar yang harus kita targetkan.

Sebelum memulai bisnismu, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk menentukan bisnis apa yang dapat kamu kembangkan.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis

Langkah 1: Observasi

Sebagai calon pelaku usaha, kita harus tahu kemampuan dan keahlian kita serta sumber daya yang kita miliki, pada tahap ini kita bisa menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats).

Setelah itu kita bisa mengamati apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat, tren, dan perubahan yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Langkah 2: Mempelajari Industri

Sebelum terjun pada bisnis kita, kita harus mencari tahu sektor industri apa yang cocok dengan rencana usaha yang kita punya.

Kita bisa mengetahui potensi sebuah sektor industri dengan melihat kontribusinya terhadap perekonomian.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Langkah 3: Menentukan Segmen Pelanggan

Pada langkah ketiga ini, seharusnya calon pelaku usaha sudah bisa melihat pangsa pasarnya dan sudah bisa mencoba menjalankan usahanya.

Dalam langkah ini kita perlu menentukan segmen pelanggan secara demografis, seperti usia, gender, tempat tinggal, dan gaya hidup dan perilaku.

Langkah 4: Uji Coba dan Evaluasi

Pada tahap ini kita harus menghasilkan produk atau jasa dan melakukan evaluasi apakah langkah 1-3 kita sudah berhasil.

Dengan evaluasi, kita akan tahu produk mana yang paling laris, sering dibeli ulang, dan cara apa yang paling tepat untuk menjangkau pelanggan.

Dalam langkah ini kita bisa melibatkan pembeli dengan mengundang mengisi kuesioner, memberi testimoni, atau melakukan focus group discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan dan mengembangkan bisnis kita.

Jadi bagaimana, sudahkah kamu tahu usaha apa yang akan kamu geluti? Yuk, mulai membangun usahamu sendiri!

Lebih lanjutnya tentang rahasia membangun bisnis dapat kamu pelajari pada buku “Kiat Jitu Menjadi Best Seller” yang bisa kamu dapatkan di seluruh toko Gramedia Indonesia atau Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.