Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Industri Usaha Kecil yang Menguntungkan untuk para Pebisnis Pemula

Kompas.com - 29/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah
Pengarang: Dr. H.C. Hery, S.E.,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Memulai sebuah usaha memang harus didasari dengan niat dan kemauan yang kuat, terlebih jika usaha tersebut adalah usaha yang dikelola sendiri.

Tidak hanya usaha yang berskala besar saja, usaha kecil-kecilan juga membutuhkan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan, sehingga nantinya bisa memberikan kamu keuntungan yang menjanjikan di masa depan.

Walaupun membutuhkan berbagai persiapan yang matang, jenis industri usaha kecil ini sebenarnya punya keuntungan yang sedikit lebih baik, yaitu kamu tidak perlu menyewa tempat khusus dan kamu bisa berjualan dari mana saja, termasuk dari rumah sendiri.

Untuk beberapa tahun terakhir, berbagai industri usaha kecil memang terbukti menjadi salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia, menurut Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2019, sumbangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) terhadap keuangan Indonesia sudah mencapai angka 60,34 persen.

Dengan meningkatnya produktivitas UMKM, pemerintah Indonesia akhirnya mulai melakukan berbagai kegiatan dan pelatihan dengan tujuan untuk mendukung kelancaran kinerja para pelaku UMKM dan membuka banyak sekali peluang usaha bagi masyarakat.

Jika kamu tertarik dan ingin memulai usaha kecil-kecilan, berikut ini ada beberapa contoh industri usaha kecil yang bisa membantu kamu mendapatkan banyak keuntungan dan patut untuk kamu coba.

5 Contoh Industri Usaha Kecil

1. Usaha Fashion

Usaha di bidang pakaian saat ini masih menjadi salah satu primadona di beberapa wilayah di Indonesia.

Bahkan menurut pengamatan The Jakarta Post, berbagai macam produk fashion menjadi incaran banyak orang terutama saat berbelanja online.

Selain memiliki banyak peminat, lingkup industri fashion ini juga memiliki berbagai macam pilihan, mulai dari baju, celana, aksesoris, sampai dengan sepatu.

Untuk membuat usaha fashion kamu semakin digemari banyak orang, kamu bisa coba membuat merk produk fashion-mu sendiri.

Jangan lupa untuk terus memperhatikan kualitas bahan dan harga yang akan kamu berikan kepada konsumen.

Melalui toko online di berbagai marketplace, kamu bisa menyebarkan usaha kamu sampai ke seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri.

Dari sini, usaha kecil-kecilan tersebut semakin lama akan semakin berkembang.

Melalui toko online, merk pakaian kamu bisa tersebar luas ke seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri.

2. Usaha Laundry Kiloan

Tidak bisa dipungkiri bahwa mencuci merupakan salah satu kegiatan yang sangat menguras tenaga.

Kebanyakan orang yang sibuk dengan pekerjaannya akan lebih membutuhkan jasa laundry daripada harus mencuci pakaiannya sendiri, untuk itulah jasa laundry kiloan akan sangat menjanjikan untuk kamu coba.

Untuk membuka usaha yang satu ini juga tidak terbilang rumit, kamu hanya membutuhkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci berbagai jenis pakaian.

Walaupun jenis usaha ini memiliki peminat yang banyak, kamu harus selalu bisa mengutamakan ketepatan waktu mencuci dan kebersihan pada jasa laundry yang kamu jalani.

Hal ini akan sangat berdampak pada perjalanan usaha kamu kedepannya.

3. Usaha Kuliner Homemade

Selain dunia fashion, dunia kuliner juga masih memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia bisnis.

Hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha kecil-kecilan yang menguntungkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bagi kamu yang punya keahlian dalam memasak, kamu bisa coba untuk memulai bisnis kuliner dari rumah sendiri.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan.

Usaha kuliner homemade saat ini sudah menjadi tren yang menjamur di kalangan masyarakat.

Ada banyak sekali ide menu makanan yang bisa kamu coba, mulai dari menu makanan berat (nasi beserta lauk pauk) atau makanan pencuci mulut (kue atau puding).

4. Usaha Dropship atau Reseller

Walaupun sama-sama mengandalkan teknologi, kedua usaha ini punya perbedaan yang mencolok.

Dropshipper biasanya bekerja sebagai seorang perantara dalam menjual produk supplier kepada pembeli, sehingga para dropshipper tidak menyimpan stok produknya sendiri.

Sementara itu, reseller merupakan agen yang menjual kembali produk yang sudah dibeli dari supplier, tentunya dengan harga yang sedikit berbeda supaya mereka mendapat keuntungan.

Kedua usaha ini termasuk ke dalam contoh usaha kecil yang menjanjikan.

Kunci kesuksesan dalam usaha ini sebenarnya tergantung dari kreativitasmu dalam mempromosikan produknya.

Jangan lupa juga untuk gunakan berbagai kanal marketplace sebagai tempat untuk berjualan.

5. Jasa Make Up Artist (MUA)

Kalau kamu belum memiliki ide untuk berjualan produk, kamu juga bisa coba untuk berbisnis dalam bidang jasa, misalnya menjadi Make Up Artist (MUA).

Usaha MUA ini menjadi salah satu usaha yang populer dan dibutuhkan di hampir acara-acara resmi seperti wisuda, lamaran, pernikahan, ulang tahun, photoshoot, dan masih banyak lagi.

Untuk mempelajari berbagai macam teknik dalam dunia make up, kamu bisa coba mengambil kelas atau kursus yang biasanya diadakan oleh para MUA ternama.

Setelah kamu sudah cukup mahir, kamu bisa membuat portofolio dan mempromosikan usaha kamu melalui berbagai platform baik offline maupun online.

Itulah beberapa ide industri usaha kecil yang bisa kamu coba dan bisa kamu tekuni mulai dari sekarang.

Untuk membuat kamu semakin memahami bagaimana caranya menjalankan usaha kecil dan menengah, kamu bisa coba membaca buku Manajemen Usaha Kecil dan Menengah yang ditulis oleh Dr. H.C. Hery, S.E., M.Si., Crp, Rsa, Cfrm, Ciisa, Cifrs.

Membangun sebuah bisnis memang sering menjadi kesulitan tersendiri terutama bagi para pemula, tapi melalui buku ini, kamu akan belajar bagaimana caranya menjadi seorang pengusaha yang sukses dan mampu bersaing dengan para kompetitor lain, tentunya dengan menggunakan perencanaan bisnis yang matang dan efektif.

Dengan pembahasan yang ringan dan bahasa yang mudah dipahami, kamu akan sangat terbantu dan bisa menjadi seorang pebisnis muda yang sukses dan menghasilkan banyak cuan.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com