Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai Usaha Katering Rumahan dan Jenis Usahanya yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 07/01/2022, 12:00 WIB
Sumber Foto: Unsplash.com
Rujukan artikel ini:
100 Resep Makanan Laris Dijual…
Pengarang: EVI NOVRIYANTI
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat ini banyak orang yang sibuk dan lebih menginginkan hal-hal yang serba praktis, salah satunya dalam urusan makanan.

Daripada harus repot memasak sendiri di tengah kesibukan, banyak orang yang akhirnya memilih untuk berlangganan katering, sehingga membuat usaha yang satu ini terlihat sangat menjanjikan untuk dicoba.

Selain menjanjikan, usaha katering rumahan ini sebenarnya juga termasuk ke dalam “hobi yang dibayar” bagi orang-orang yang gemar memasak dirumah.

Bagi seorang pemula, usaha katering ini pasti memiliki tantangannya tersendiri yang membuat mereka ragu untuk memulainya.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu membaca beberapa hal yang harus kamu lakukan saat ingin memulai usaha katering, supaya kamu tidak mengalami kendala di tengah jalan.

Kamu bisa mengikuti beberapa tipsnya dibawah ini.

Tips Memulai Usaha katering untuk Pemula

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum memulai sebuah usaha, ada baiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat supaya usaha yang akan kamu jalani bisa ikut bersaing dan diminati banyak pelanggan.

Saat sedang melakukan riset pasar, kamu harus rajin mencari informasi mengenai usaha katering yang sudah dijalankan oleh calon kompetitormu.

Cobalah untuk menganalisis variasi menu makanan, harga makanan, target pasar, sehingga kamu bisa membuat usaha yang unik dan tidak dimiliki kompetitor.

2. Persiapkan Modal dan Perlengkapan

Setelah kamu melakukan riset pasar, kamu bisa mulai untuk mempersiapkan modal uang dan perlengkapan yang kamu butuhkan.

Dalam usaha katering katering rumahan ini sebenarnya kamu tidak perlu pusing memikirkan hal ini karena kamu sudah memiliki berbagai perlengkapan yang kamu butuhkan, sehingga dengan modal yang kecil pun kamu tetap bisa menjalankan usaha ini.

3. Menentukan Nama Brand

Hal ini dilakukan supaya usaha katering kamu bisa lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

Kamu bisa membuat nama brand yang unik dan menarik, mudah diingat banyak orang, tapi sekaligus mempunyai makna yang baik supaya nama brand tersebut bisa mendatangkan keberuntungan.

4. Mencari Supplier Bahan Baku

Dengan membuka usaha katering ini berarti kamu akan sangat membutuhkan banyak stok bahan makanan.

Mencari supplier sangat penting supaya kamu bisa mendapatkan bahan makanan dengan kualitas yang baik dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pasaran.

Tapi kamu juga harus memastikan bahwa supplier yang kamu pilih memang menjual bahan makanan yang masih segar dan tidak busuk, supaya kualitas makanan yang kamu buat tetap terjamin.

5. Melakukan Promosi yang Efektif

Khusus untuk usaha katering rumahan, promosi yang paling efektif memang promosi dari mulut ke mulut, kamu bisa coba menawarkan usaha kamu ke orang-orang yang dekat dengan tempat tinggalmu.

Untuk bisa menjangkau jaringan yang lebih luas lagi, kamu bisa mulai mempromosikannya ke media sosial yang kamu punya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan foto-foto makanan yang menarik dan bisa menggugah selera.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Paling penting, usahakan untuk tetap mempertahankan rasa enak di setiap masakanmu sehingga para pelanggan tidak akan pindah ke tempat lain.

Nah, setelah kamu mengetahui tips yang tepat memulai usaha katering, kamu bisa coba untuk mempraktekkannya.

Pilihlah menu makanan yang familier tapi dengan variasi atau inovasi yang berbeda, untuk bisa menarik minat para pelanggan.

Jika kamu masih bingung untuk menentukan menu makanan apa yang akan ditawarkan, mungkin kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan jenis katering yang ada di pasaran.

Berikut ini jenis usaha katering rumahan yang bisa kamu pilih.

3 Jenis Usaha Katering yang Bisa Kamu Coba

1. Katering Harian

Jenis katering yang satu ini sangat tepat ditawarkan kepada orang-orang yang terlalu sibuk dengan aktivitasnya sehingga tidak ada waktu untuk memasak sendiri di rumah.

Untuk jenis katering harian, kamu bisa menawarkan menu makanan yang sederhana dan sudah dikenal oleh mereka, misalnya seperti nasi putih atau nasi kuning dengan lauk ayam goreng, telur, tempe, tahu, mie goreng, dan sambal.

Buatlah menu makanan yang simpel sehingga pelanggan tetap bisa menikmatinya di kala kesibukan mereka.

2. Katering Acara Besar

Untuk katering jenis ini memang kamu membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan dengan katering harian.

Selain menyiapkan modal yang besar, kamu juga harus memasak beragam jenis makanan yang berbeda dalam porsi yang besar.

Katering jenis ini biasanya melayani acara seperti rapat, seminar, ulang tahun, pernikahan, lamaran, dan masih banyak lagi.

3. Katering Makanan Sehat

Usaha yang satu ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat dan ternyata sangat dibutuhkan oleh sebagian orang.

Dari luvne.com, ternyata banyak orang yang sedang melakukan olahraga dan diet khusus yang tidak bisa mengkonsumsi semua makanan, sehingga mereka membutuhkan menu makanan yang sehat.

Kamu mungkin harus ekstra lebih keras untuk mempelajari berbagai macam kandungan dalam makanan dan harus memperhatikan kebutuhan gizi setiap pelanggan, tapi jenis usaha katering yang satu ini sangat layak untuk kamu coba.

Jika kamu membutuhkan referensi masakan rumahan untuk usaha katering yang akan kamu jalani, ada 2 buku resep yang bisa kamu baca, yaitu buku 100 Resep Makanan Laris Dijual Ala Dapur Mak Evi yang ditulis oleh Evi Novriyanti dan e-book 50 Resep Makanan Rumah Mudah & Enak karya Sisca Susanto.

Kedua buku ini akan memberikan kamu banyak sekali pilihan menu makanan yang bisa kamu coba sesuai dengan riset pasar yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Tidak hanya makanan rumahan yang sederhana, kamu juga akan diberikan banyak resep makanan khas daerah yang mungkin bisa kamu tawarkan ke pelanggan.

Tidak lupa juga, buku ini akan memberikan resep kue-kue dan jajanan pasar yang bervariasi sebagai makanan pencuci mulut.

Tapi kamu juga bisa memberikan sedikit inovasi di setiap resep yang diberikan dalam buku ini supaya makanan kamu bisa mempunyai ciri khas dan terlihat berbeda dengan makanan yang dijual di tempat lain.

Semua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com