Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik dan Benar, Ini Langkah Awal untuk Memulai Usaha

Kompas.com - 21/03/2022, 14:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Business Model And Business Plan…
Pengarang: INDRA MAHARDIKA PUTRA, S.E.,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Memulai sebuah bisnis memang seringkali menjadi salah satu tantangan tersendiri khususnya bagi para pemula.

Tantangan ini tidak hanya datang saat mencari ide bisnis, melainkan juga dalam penyusunan strategi bisnis, pengelolaan biaya, penetapan target pasar, dan masih banyak lagi.

Saat kamu sudah memutuskan untuk membuka sebuah bisnis, kamu membutuhkan tekad dan kesungguhan, misalnya dalam membuat perencanaan bisnis, atau yang lebih dikenal dengan nama bisnis plan.

Bisnis plan ini adalah suatu dokumen tertulis yang perlu dipersiapkan oleh setiap pengusaha sebelum menjalankan bisnisnya.

Dokumen bisnis plan ini berisi tujuan bisnis, strategi pemasaran yang akan digunakan, sasaran atau target pasar yang akan dituju, serta berbagai unsur eksternal dan internal lainnya yang perlu diperhitungkan dalam bisnis yang akan kamu jalankan.

Bagi kamu yang berencana untuk menggeluti bisnis dalam skala yang kecil, kamu juga tetap membutuhkan bisnis plan untuk membantu kelancaran bisnis kamu kedepannya.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk membuat bisnis plan? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Tepat Membuat Bisnis Plan yang Baik dan Benar

1. Melakukan Riset Bisnis

Riset merupakan dasar utama dalam bisnis plan yang akan kamu buat.

Jadi saat kamu ingin memulai sebuah bisnis, kamu harus melakukan riset dengan sangat detail dan harus menyesuaikan dengan selera pasar.

Melalui riset, kamu akan lebih memahami situasi dalam dunia bisnis, sehingga saat terjadi kesulitan di masa mendatang, kamu bisa menanganinya lebih cepat karena kamu sudah mengetahui seluk beluk bisnismu sendiri.

Selain itu, riset juga bisa dijadikan sebagai sebuah patokan untuk mengembangkan produk baru dan memperluas jaringan bisnis kamu ke berbagai macam kalangan.

2. Menetapkan Visi, Misi, dan Tujuan Bisnis

Visi, misi, serta tujuan sebenarnya merupakan hal yang paling umum ditemui dalam sebuah bisnis.

Tiga komponen ini wajib dimiliki karena akan membuat perjalanan bisnis kamu menjadi lebih terarah dan tertata dengan baik.

Tidak hanya tujuan jangka pendek, kamu juga tidak boleh lupa untuk membuat tujuan jangka panjang supaya bisnis kamu bisa terus berinovasi dan bergerak maju, tidak hanya stuck di satu titik saja.

3. Membuat Company Profile

Company Profile merupakan hal yang wajib dan harus ada di halaman paling depan dalam sebuah bisnis plan, maka dari itu kamu harus membuat company profile dengan jelas dan detail.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan lupa juga untuk mencantumkan step by step kamu dalam membangun bisnisnya, produk apa saja yang kamu tawarkan, target pasar mana yang akan kamu tuju, dan jumlah sumber daya yang kamu miliki saat ini.

Saat bisnis kamu perlahan mulai berkembang, keberadaan company profile ini akan semakin memudahkanmu dalam mencari investor untuk mendanai bisnismu.

4. Mencatat Transaksi Keuangan

Saat ada calon investor yang tertarik untuk mendanai dan berinvestasi ke dalam bisnis yang kamu miliki, kamu wajib untuk mencatat keseluruhan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnismu, baik dalam jumlah yang besar maupun kecil.

Transaksi keuangan ini sangat penting terutama untuk ditujukkan kepada calon investor, supaya mereka semakin yakin untuk memberikan dana tambahan dan membantu bisnis kamu berproses menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

5. Menyusun Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah cara terpenting dalam perencanaan sebuah bisnis, jadi buatlah strategi yang terbaik agar perjalanan bisnismu tidak sia-sia.

Strategi pemasaran ini biasanya terdiri dari konsep, cara promosi, anggaran biaya yang dibutuhkan, sampai rencana eksekusinya.

Saat melakukan promosi, jangan lupa juga untuk menyesuaikan timeline-nya dengan waktu-waktu di mana orang-orang sedang senggang, sehingga produk yang kamu tawarkan akan lebih diperhatikan oleh calon konsumen.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, menjalankan suatu bisnis memang tidak mudah dan ada banyak hal yang harus dipersiapkan, tapi kamu tetap bisa membuatnya terlihat jauh lebih mudah dengan ada bisnis plan yang sudah kamu buat,

Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang, teknologi informasi memang memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan sebuah bisnis atau usaha.

Untuk kamu yang tertarik untuk memulai sebuah usaha dan ingin membuat bisnis plan yang sesuai dengan perkembangan zaman, kamu bisa membaca buku Business Model and Business Plan di Era 4.0 yang ditulis oleh Indra Mahardika Putra, S.E., AK, M.AK.

Buku ini akan menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi para pemula yang ingin sukses dalam berbisnis.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan berbagai macam metode untuk mengelola sebuah usaha dan menghadapi persaingan di industri 4.0 ini.

Melalui buku ini kamu juga akan mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi dan perkembangan ekonomi di Indonesia pada beberapa tahun belakangan, jadi kamu akan lebih mudah untuk menilai jenis bisnis apa yang cocok untuk kamu jalankan saat ini.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com