Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Media Sosial Penghasil Uang untuk Sampingan atau Bisnis Utama

Kompas.com - 24/10/2022, 16:30 WIB
Media Sosial Penghasil Uang Photo by BiljaST on Pixabay Media Sosial Penghasil Uang
Rujukan artikel ini:
Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial…
Pengarang: Astrid Savitri
|
Editor Rahmad

Internet telah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kaum milenial. Internet memiliki dua sisi, sisi negatif dan sisi positif. Salah satu aspek positif dari Internet adalah seseorang dapat bekerja atau bahkan menghasilkan uang yang biasanya dilakukan lewat media sosial.

Media sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Terlebih lagi, melalui media sosial, pengguna bisa komunikasi, berbagi momen sehari-hari, berbisnis, dan sebagainya.

Tidak hanya bisa mendapatkan teman baru di dunia maya, kamu juga bisa menghasilkan uang tambahan dengan menggunakan media sosial.

Kamu dapat menghasilkan uang menggunakan fitur media sosial. Setiap aplikasi media sosial penghasil uang ini biasanya memiliki sistem dan mekanismenya sendiri untuk cara menghasilkan uangnya. Adapun faktor yang mempengaruhinya, seperti followers, like, dan konten yang kamu buat.

Media Sosial Penghasil Uang

Berikut ini aplikasi media sosial penghasil uang yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis atau sampingan akun pribadi saja:

1. Tiktok

Aplikasi media sosial penghasil uang pertama adalah TikTok. Ini adalah aplikasi yang sama yang memiliki banyak video menari yang menyenangkan, tetapi ada video lain di TikTok, seperti makeup, memasak, dan informasi kesehatan.

Selain itu, aplikasi ini juga membayar pengguna ketika mereka berhasil menyelesaikan misi dan tugas. Hasilkan koin dari TikTok dengan berhasil menyelesaikan misi dan tugas.

Cara menghasilkan uang di Tiktok saat ini juga sudah beragam. Misalnya, monetisasi akun kamu untuk bisa menghasilkan uang dari konten yang kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa jadi influencer di Tiktok untuk memancing endorsement dan sebagainya.

2. Instagram

Salah satu media sosial yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang adalah Instagram. Biasanya, pedagang, selebritas, dan influencer akan mencari uang tambahan di di Instagram.

Dengan personal branding yang kuat dan konten yang berkualitas, kamu bisa mendapatkan perhatian, suka, komentar, dan uang dari orang lain.

3. Snack Video

Aplikasi video snack sudah dikenal luas di kalangan pengguna media sosial di Indonesia. Meski populer, tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi berbagi video singkat ini sepertinya bisa menghasilkan uang tanpa modal.

Setidaknya ada dua cara pengguna menghasilkan uang di aplikasi ini. Cara yang pertama adalah program Creator Rewards dan yang kedua adalah mengumpulkan koin.

4. Facebook

Facebook lebih dari sekadar media sosial untuk menjalin pertemanan di dunia maya. Banyak orang menggunakan fitur Facebook untuk bisnis mereka. Salah satu fitur yang tersedia adalah Facebook Marketing Page.

Dengan Halaman Pemasaran Facebook, kamu dapat membuat halaman profil unik untuk bisnis untuk dipasarkan, menjangkau pelanggan, dan membuat kampanye pencitraan merek produk.

Halaman pemasaran Facebook juga akan berdampak besar di masa depan karena memungkinkan kamu untuk mengelola bisnis secara efisien. Kamu dapat mengunggah foto, video, dan jenis promosi lainnya yang dapat menarik perhatian pelanggan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Quora

Quora Indonesia sudah lama mulai membayar pengguna secara langsung dengan hanya membuat pertanyaan berkualitas dan menjawab pertanyaan dari orang lain.

Meski perhitungan metode pembayaran di Quora belum jelas, media sosial penghasil uang ini cukup unik dan terbukti membayar setiap orang yang mendaftar.

6. Techlite

Media sosial penghasil uang berikutnya adalah Techlite. Media yang sangat populer di kalangan pemburu dolar Indonesia, ada banyak cara untuk menghasilkan uang di sini.

Mengomentari pengguna lain (94 poin), membuat posisi baru (10 poin), membalas pesan teman (3 poin), dan banyak lagi. Hasilkan koin setiap kali kamu menggunakan media sosial ini. Koin ini dapat dikonversi menjadi dolar yang dapat disetorkan ke akun PayPal.

7. WhatsAround

WhatsAround adalah jejaring sosial berbasis lokasi untuk berbagi foto dan video. Melalui aplikasi ini, orang-orang yang menyukai fotografi dan selfie dapat menyalurkan dan menghasilkan uang.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, pembayaran yang diterima dalam bentuk blockchain dan juga dapat ditukar dengan uang.

8. Pink Style

Pincstyle adalah salah satu situs marketplace berbasis media sosial yang menawarkan solusi kepada pengguna untuk mendapatkan uang hanya dengan mengundang teman, mengunggah foto, dan berbagi postingan dengan orang lain.

Seperti media sosial lainnya, Pink Style memiliki fungsi dasar yang sama, yang disebut kotak komentar, bereaksi dan mengirim pesan.

Buku Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media yang ditulis Astrid Savitri bisa kamu jadikan referensi belajar cara menghasilkan uang dari media sosial.

Buku ini berisi penjelasan yang strategis dalam penggunaan media sosial sebagai platform penghasil uang.

Ada banyak fenomena dan cara-cara penggunaan media sosial untuk bisnis atau penggunaan pribadi namun bisa menghasilkan uang dari sana.

Buku ini kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com