Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Gabut Dalam Bahasa Gaul, Jangan Sampai Kamu Nggak Tahu!

Kompas.com - 26/12/2022, 13:30 WIB
makna kata gabut Sumber: pixabay makna kata gabut
Rujukan artikel ini:
Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris-Republish
Pengarang: Yusup Priyasudiarja
|
Editor Rahmad

Apa arti gabut dalam bahasa gaul yang saat ini sedang banyak digunakan pada anak zaman sekarang.

Arti gabut menjadi suatu istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Akan tetapi, tahukah kamu apa arti gabut yang sebenarnya?

Bahasa gaul seperti gabut, baper, atau mager juga termasuk ke dalam kekayaan bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa gaul yang secara langsung menggambarkan sebuah kreativitas anak muda pada zamannya.

Selain itu, bahasa gaul ini juga menjadi bahasa yang seringkali digunakan oleh kaum muda pada aktivitas sehari-hari.

Istilah kata gabut menjadi semakin populer beberapa tahun belakangan ini. Arti gabut sendiri berasal dari singkatan gaji buta. Arti gabut digambarkan tidak hanya sekedar mengenai makan gaji buta saja.

Akan tetapi, arti gabut juga digunakan oleh para anak mudah untuk bisa saling berinteraksi di dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan adanya keberadaan bahasa gaul, membuat kaum muda lebih mudah dalam mengekspresikan dirinya serta menyampaikan sesuatu untuk menjadi sebuah bentuk kata atau kalimat yang cenderung lebih sederhana.

Selain arti gabut, juga terdapat banyak arti bahasa-bahasa gaul kekinian lainnya saat ini. Berikut ini merupakan ulasan mengenai arti gabut dalam bahasa gaul.

Arti Gabut

makna kata gabut makna kata gabut

Arti gabut adalah kependekan dari gaji buta. Istilah tersebut sudah ada sejak lama. Gaji buta diartikan sebagai seseorang yang melakukan pekerjaan tetapi orang tersebut tidak melaksanakan tugas-tugasnya, tetapi ia tetap menerima gaji.

Dalam bahasa gaul saat ini, gaji buta sering kali disebut dengan istilah gabut. Arti gabut yang banyak digunakan oleh para kaum milenial dan generasi Z tidak hanya sekedar tentang makan gaji buta saja, tetapi, arti gabut dalam bahasa gaul bisa berarti seseorang yang tidak melakukan kegiatan apapun dan orang tersebut merasa bingung ingin melakukan apa.

Oleh sebab itu, kata gabut ini mewakilkan sebuah situasi saat kamu tengah merasa bosan tetapi tidak mempunyai kegiatan atau kesibukan apapun.

Arti gabut juga dapat diartikan sebagai seseorang yang tidak ingin melakukan pekerjaan atau bermalas-malasan, padahal terdapat tanggung jawab yang harus ia jalankan.

Bisa juga sebagai seseorang yang cepat merasa bosan dan tidak mempunyai aktivitas lainnya selain orang tersebut bermalas-malasan dan melakukan hal yang penting.

Arti gabut sendiri sering juga dikonotasikan sebagai hal yang negatif. Hal ini disebabkan oleh karena sering kali orang yang merasa dirinya gabut akan mendapatkan pandangan negatif dari orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di mana orang tersebut dicap orang lain sebagai orang yang merepotkan dan tidak berguna.

Arti gabut juga dapat diartikan sebagai seseorang yang tidak mau melakukan pekerjaan padahal memiliki tanggung jawab yang harus dijalankan. Bisa juga seseorang yang sering merasa bosan dan tidak memiliki aktivitas lainnya, selain bermalas-malasan dan melakukan hal yang tidak penting.

Maka dari itu, aktivitas gabut ini tidak boleh sering dilakukan atau menjadi kebiasaan kita dalam sehari-hari.

Kita juga harus menemukan motivasi untuk bisa melakukan sesuatu atau mencari kegiatan yang bermanfaat untuk bisa mengisi waktu luang.

Cara Mengatasi Gabut

Mengingat arti gabut yang berubah menjadi konotasi yang negatif, maka gabut menjadi hal yang perlu untuk diantisipasi. Terdapat berbagai cara untuk mengatasi gabut.

1. Mendengarkan musik

Cara mengatasi gabut bisa dengan mendengarkan musik favorit. Mendengarkan musik favorit bisa membuat mood kamu kembali membaik dan secara tidak langsung bisa membuat kamu semangat.

2. Membaca buku

Kemudian cara mengatasi gabut juga bisa dengan membaca buku favorit kamu. Buku juga menjadi salah satu instrumen yang ampuh untuk mengatasi kebosanan.

3. Menjalankan hobi

Kamu juga bisa menjalankan hobi kamu. Setiap orang pasti memiliki hobi dan tentunya hobi bisa mengusir perasaan gabut. Hobi sangat bermacam-macam, seperti olahraga, main game, dan sebagainya.

Itulah arti gabut yang menjadi bahasa gaul kaum muda masa kini. Saat ini juga terdapat banyak bahasa gaul yang sering digunakan oleh anak muda. Kamu juga bisa mengetahui berbagai bahasa gaul saat ini dalam percakapan bahasa Inggris melalui buku Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris-Republish.

Buku ini memang cocok buat kamu para remaja yang ingin ngomong atau menulis bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa gaul. Melalui kamu ini, kamu juga jadi bisa ngomong, chatting, dan juga mengirimkan pesan menggunakan bahasa Inggris yang gaul dan juga luwes.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com