Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Kata Suhu dalam Bahasa Gaul di Media Sosial?

Kompas.com - 03/08/2022, 18:00 WIB
Arti Suhu Bahasa Gaul Sumber Gambar: Freepik.com Arti Suhu Bahasa Gaul
Rujukan artikel ini:
Recehan Bahasa
Pengarang: Ivan Lanin
|
Editor Ratih Widiastuty

Kehadiran media sosial mampu menciptakan sebuah komunitas yang menghadirkan kosakata atau bahasa gaul di kalangan penggunanya dan akhirnya menjadi viral.

Biasanya bahasa gaul yang tercipta ini merupakan akronim atau menggunakan kosakata yang ada, namun dimodifikasi dari segi makna maupun penulisan untuk menciptakan nuansa baru dalam penggunaannya di media sosial.

Salah satu istilah atau kosakata bahasa gaul yang sekarang ini sedang viral dan banyak digunakan oleh para pengguna media sosial adalah kata suhu.

Kata ini mungkin terdengar tidak asing di telinga, karena kata suhu sendiri merupakan kosakata bahasa Indonesia yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Walaupun mempunyai penulisan yang sama, tapi kata suhu sendiri mempunyainya arti atau makna yang berlainan jika sudah digunakan dalam percakapan bahasa gaul di media sosial.

Jadi, apa sebenarnya arti kata suhu dalam bahasa gaul di media sosial? Lalu istilah atau kosakata bahasa gaul apa sajakah yang sedang tren saat ini?

Arti Kata Suhu dalam Bahasa Gaul

Jika menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata suhu memiliki arti sebagai ukuran kuantitatif terhadap temperatur; panas dan dingin, diukur dengan termometer.

Namun, jika dilihat dari istilah bahasa gaul, kata suhu mempunyai makna yang jauh berbeda, yaitu seseorang yang sangat ahli akan suatu bidang layaknya guru atau master.

Dalam kamus bahasa gaul, kata suhu juga dapat diartikan sebagai sebuah panggilan atau julukan terhadap seseorang yang dianggap ahli, hebat, dan berpengalaman dalam suatu bidang tertentu.

Contohnya seperti ketika kamu hendak bermain bulutangkis bersama seorang atlet nasional, maka atlet tersebut bisa dipanggil suhu karena sudah banyak menghasilkan prestasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penggunaan kata suhu sendiri sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika sedang bermain media sosial.

Kosakata Bahasa Gaul yang Digunakan di Media Sosial

Nah, ternyata bukan hanya kata suhu saja yang banyak digunakan dalam kosakata bahasa gaul di media sosial, sebab terdapat kata-kata lainnya yang juga digunakan.

Beberapa kosakata tersebut antara lain:

  • Ghosting: menghilangnya kabar dari seseorang yang kita suka secara mendadak begitu saja tanpa ada kejelasan apa pun, padahal sebelumnya komunikasi berjalan normal.
  • Spill the tea: membongkar atau berbagi sebuah rahasia atau kabar yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.
  • PAP: akronim dari post a picture yang bisa diartikan sebagai menunjukkan foto atau gambar tentang suatu hal.
  • TBL: singkatan dari Takut Banget Loh yang merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan rasa ngeri terhadap suatu hal.
  • Healing: proses penyembuhan diri.

Sebenarnya masih banyak lagi kosakata dalam bahasa gaul lainnya yang kerap digunakan di media sosial.

Mungkin bagi sebagian besar orang penggunaan kosakata bahasa gaul ini terasa membingungkan, tapi memang demikian adanya.

Namun, untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang recehan kosakata yang berserakan di media sosial, maka buku Recehan Bahasa yang ditulis oleh Ivan Lanin dapat dijadikan sumber referensi yang tepat.

Buku ini mengumpulkan berbagai macam recehan bahasa yang berceceran di media sosial agar bisa dinikmati dan dipahami oleh pembaca, yang mungkin masih merasa kebingungan dengan beberapa istilah yang hadir di dunia maya tersebut.

Tidak perlu kaku atau serius ketika membaca buku ini karena dalam menikmati berbahasa bisa dilakukannya dengan cara apa saja asalkan masih dalam konteks yang positif.

Buku ini dapat dipesan dan dibeli secara langsung melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com