Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istilah Kata Jamet dan Bahasa Gaul yang Berseliweran di Media Sosial TikTok!

Kompas.com - 17/09/2022, 18:30 WIB
istilah jamet dan bahasa gaul lainnya Sumber: twitter istilah jamet dan bahasa gaul lainnya
Rujukan artikel ini:
Cara Gaul Kuasai Grammar Inggris
Pengarang: Yusup Priyasudiarja, Yusuf Priyasudiarja
|
Editor Rahmad

Belakangan ini, istilah jamet kembali muncul ke permukaan. Istilah ini muncul sebagai sebuah ungkapan yang diberikan kepada seseorang yang mengunggah konten di media sosial. Lalu, apa sebenarnya jamet itu?

Apakah jamet merupakan sebuah nama kelompok? Atau hanya sebutan bagi masyarakat saja pada orang-orang yang memiliki kriteria tertentu?

Jamet adalah sebuah istilah yang mulai populer sejak sosial media TikTok mulai muncul dan banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Padahal, sebetulnya istilah jamet ini sudah terkenal sejak dahulu, dan mulai kembali digunakan baru-baru ini oleh pengguna sosial media.

Jamet adalah sebuah istilah gaul yang merupakan sebuah singkatan dari ‘jajal metal’ yang ditujukan kepada seseorang yang memiliki penampilan menggunakan beragam atribut yang serba metal.

Jamet memang mulai terkenal semenjak kemunculan aplikasi TikTok dengan menampilkan seseorang goyang badinding yang akhirnya digemari oleh warga TikTok. Banyak pula pengguna TikTok yang meniru goyangan tersebut.

Istilah jamet ini dapat digunakan untuk seseorang berinteraksi dengan orang lain pada saat berinteraksi di sosial media lainnya. namun, istilah ini juga harus digunakan pada waktu yang tepat dan kalau bisa dengan orang yang sudah kita kenal.

Nah, selain istilah gaul jamet ini muncul, kemudian banyak istilah-istilah lain yang bermunculan di aplikasi sosial media TikTok saat orang berinteraksi di aplikasi tersebut.

Istilah Bahasa Gaul yang Sering Muncul di TikTok

istilah jamet dan bahasa gaul lainnya istilah jamet dan bahasa gaul lainnya

Kuproy

Kuproy seringkali disandingkan dengan jamet, sehingga menjadi jamet kuproy. Kuproy merupakan kependekan dari kuli proyek. Sedangkan jamet adalah kependekan dari jajal metal. Oleh karena itu, jika keduanya disandingkan jadi memiliki arti jajal metal kuli proyek.

Tentunya, istilah gaul ini sering muncul untuk disematkan kepada sosok metal dari segi jiwa dan juga penampilannya. Istilah tambahan kuproy ini, sebetulnya merujuk kepada penampilan seseorang. Sosok metal yang selalu berpenampilan seadanya seperti layaknya kuli proyek.

Bedanya, jamet kuproy ini memang secara disengaja dan dijadikan sebagai sebuah style. Sementara pada kuli proyek, sebetulnya menggunakan baju yang seadanya karena adanya tuntutan pekerjaan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hyung

Hyung sebetulnya merupakan panggilan dari laki-laki kepada laki-laki yang sudah berusia lebih tua di Korea Selatan. Pada bahasa gaul, kata hyung ini digunakan untuk memanggil seseorang. Tidak hanya dari laku-laki kepada laki-laki, hyung dalam bahasa gaul juga digunakan untuk panggilan kepada siapa saja lawan bicaranya itu. Baik untuk laki-laki, maupun perempuan.

Bengek

Bengek, dalam bahasa gaul diartikan sebagai ekspresi tertawa yang sangat terbahak-bahak, sampai sulit untuk bernapas, makanya disebut dengan istilah bengek. Bengek dijadikan sebagai kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang begitu menggelikan sampai membuat kita tertawa.

Bestie

Bestie adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris best friend, yang memiliki arti teman dekat. Bahasa gaul ini juga seringkali digunakan dalam slang bahasa internasional yang memiliki arti sama, yaitu teman dekat.

Prik

Prik merupakan sebuah bentuk plesetan dari kata freak yang mempunyai arti orang aneh. Prik di dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki perilaku aneh. Arti lain dari kata prik adalah kotor atau jijik. Jadi, jika ada seseorang yang berkomentar di sosial media dengan kalimat bocah prik, itu artinya adalah bocah kotor.

Prenjon

Prenjon merupakan bahasa plesetan yang berasal dari kata friendzone atau yang memiliki arti zona teman. Prenjon digambarkan sebagai sebuah hubungan pertemanan antara laki-laki dengan perempuan yang sebetulnya terdapat cinta di antara keduanya.

Nah, itulah istilah kata jamet serta istilah bahasa gaul lainnya yang sering bermunculan di sosial media, terutama aplikasi TikTok. Banyak juga istilah slang dari bahasa Inggris yang bermunculan. Kamu bisa melihat istilah dalam bahasa Inggris untuk kamu gunakan dalam bahasa sehari-hari melalui buku Cara Gaul Kuasai Grammar Inggris.

Buku ini memang dirancang untuk kamu supaya mahir dalam berbahasa Inggris. Penjelasan dalam buku ini juga menggunakan bahasa gaul, jadi pas banget buat kamu yang ingin eksis dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, pastinya buku ini bakal asik banget untuk kamu baca.

Buku ini nggak membuat kamu ribet dengan teori serta bahasanya. Dengan penjelasan yang praktis, buku ini bisa membuat kamu dengan mudah menguasai grammar untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris sehari-hari.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com