Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Kamus Bahasa Indo Inggris Lengkap bagi Kamu yang Sedang Belajar

Kompas.com - 09/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Kamus Indonesia - Inggris Edisi…
Pengarang: John M. Echols &…
|
Editor Ratih Widiastuty

Kamus merupakan salah satu hal paling penting yang kamu butuhkan saat sedang mempelajari suatu bahasa.

Kamus akan membantu kamu untuk bisa memahami kosakata asing yang baru kamu dengar atau kamu temukan dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia yang lebih familiar, ataupun sebaliknya.

Meskipun saat ini kamu bisa mengakses kamus digital melalui ponsel atau komputer, namun bagi sebagian orang menggunakan kamus dalam bentuk buku tetap jauh lebih nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa jadi lebih fokus saat sedang belajar karena terhindar dari gangguan yang bisa disebabkan saat kamu menggunakan perangkat elektronik.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kamus bahasa Indonesia – Inggris terlengkap yang cocok bagi kamu yang sedang mempelajari bahasa Inggris.

Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia – Inggris Lengkap

1. Kamus Indonesia Inggris Edisi Ketiga – John M. Echols dan Hasan Shadily

Kamus ini merupakan salah satu kamus yang banyak direkomendasikan bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Inggris.

Dengan tebal sebanyak 700 halaman, kamus ini memuat secara lengkap kosakata-kosakata yang kamu butuhkan untuk diterjemahkan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris.

Selain menerjemahkan arti dari sebuah kata, kamus ini juga memberikan kosakata turunan dari kata tersebut, seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, dan lain-lain.

Hal ini akan membantu untuk semakin memperkaya perbendaharaan kata yang kamu miliki.

Jika kamu sedang menulis esai dalam bahasa Inggris, kamus ini akan banyak membantu dan bisa memudahkan pekerjaan kamu.

2. Kamus Inggris Indonesia Edisi Diperbarui – John M. Echols dan Hasan Shadily

Masih dengan penulis yang sama, kamus ini akan membantu kamu untuk menerjemahkan kosakata dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Tak kalah lengkap, dengan tebal buku sebanyak 824 halaman, kamus ini juga memuat banyak sekali perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang mungkin akan kamu butuhkan.

Kamus yang telah terbit sejak tahun 1975 ini merupakan salah satu kamus yang banyak direkomendasikan oleh para guru untuk digunakan siswa-siswi di sekolah.

Meskipun telah terbit sejak lama, namun kamus ini sudah mengalami revisi selama beberapa kali untuk meningkatkan kualitas dan menambahkan kosakata-kosakata baru yang semakin bertambah.

Bagi kamu yang mengalami kesulitan saat membaca buku atau artikel dalam bahasa Inggris karena banyaknya kosakata yang tidak kamu mengerti, kamus ini bisa menjadi pendamping yang pas.

Kolaborasi antara kedua penulis yang merupakan seorang pewarta dan memiliki wawasan bahasa Inggris yang baik membuat kamus ini menjadi salah satu kamus populer yang banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kamus Inggris Indonesia – Indonesia Inggris – Tim GPU

Jika kedua buku sebelumnya merupakan kamus tebal yang cukup sulit untuk dibawa ke mana-mana, kamus saku ini cenderung memudahkan kamu untuk menggunakannya di mana pun.

Selain membahas secara lengkap mengenai arti dari sebuah kata, kamus ini juga memberikan contoh dari penggunaan kata tersebut ke dalam kalimat.

Kamu pun bisa menerjemahkan kosakata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan juga sebaliknya.

Hal ini membuat kamu jadi lebih praktis dan efisien hanya dengan menggunakan satu buah kamus saja.

Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tebal 304 halaman, namun kamus ini cukup lengkap dengan memuat kosakata-kosakata umum yang banyak dan sering digunakan.

4. Kamus Praktis Bahasa Inggris untuk Anak – Adi Prasetya

Bagi kamu yang ingin mengajarkan Bahasa Inggris kepada adik atau anak, kamus praktis yang satu ini bisa menjadi buku pendamping yang tepat.

Kamus ini bisa membantu kamu untuk mengenalkan berbagai kosakata dan kata kerja baru yang dekat dengan kehidupan anak-anak.

Disertai dengan ilustrasi gambar berwarna yang menarik akan membuat adik atau anak kamu semakin mudah untuk belajar dan memahaminya.

Kamu pun akan memperoleh CD yang berisikan video untuk membantu anak melafalkan kosakata bahasa Inggris yang baru dipelajari.

5. Kamus Lengkap Idiom Inggris – Indonesia – Reza Pahlevi

Idiom merupakan serangkaian kata yang tidak bisa diterjemahkan secara harfiah, namun biasa digunakan untuk mewakili ekspresi tertentu yang tersirat di dalamnya.

Contoh dari kalimat idiom, yaitu seperti "It's raining cats and dogs" yang memiliki arti hujan yang sangat deras dan "Silver spoon in your mouth" yang berarti orang kaya raya.

Penggunaan idiom ini biasa ditemukan saat kamu sedang membaca buku atau artikel non-ilmiah dan saat kamu berselancar di media sosial.

Kamus lengkap ini bisa membantu kamu untuk memahami kalimat-kalimat idiom yang tidak bisa kamu lakukan dengan kamus bahasa Inggris biasa.

Kamu bisa mendapatkan kamus bahasa Indonesia Inggris ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com