Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mudah Menghafal Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Arab

Kompas.com - 14/12/2022, 13:30 WIB
menghafal bacaan akad nikah bahasa arab Sumber: pixabay.com menghafal bacaan akad nikah bahasa arab
Rujukan artikel ini:
Bekal Pernikahan
Pengarang: Syaikh Mahmud al-Mashri
|
Editor Rahmad

Mengucapkan ijab kabul dalam akad nikah bahasa Arab tentunya bisa menjadi pilihan setiap pasangan penganting yang akan menikah. Ijab kabul adalah suatu perjanjian yang dilakukan dalam sebuah pernikahan sebagai ikatan antara mempelai wanita dan pria.

Maka dari itu, jika ingin membaca lafaz ijab kabul akad nikah bahasa Arab, harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh ada kesalahan dalam pelafalannya. Apabila tidak terbiasa dalam menggunakan bahasa Arab, maka bisa menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pelafalan kata.

Untuk itu, bagi yang ingin menggunakan akad nikah bahasa Arab perlu untuk menghafal dahulu lafal dari ijab kabul dalam bahasa Arab sejak beberapa hari sebelum akad nikah berlangsung, supaya tidak terjadi kesalahan pada saat akad nikah Bahasa Arab ini berlangsung.

Terdapat beberapa lafadz dalam ijab kabul akad nikah bahasa Arab yang mudah untuk dihafal dan bisa disesuaikan dengan nama pasangan. Berikut ini ada bacaan ijab kabul dalam bahasa Arab yang mudah untuk dihafal, beserta tips mudah untuk menghafalnya.

Lafaz Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Arab

menghafal bacaan akad nikah bahasa arab menghafal bacaan akad nikah bahasa arab

1. Lafaz ijab Kabul dalam Bahasa Arab yang Pertama

Ankahtuka wazawwajtuka makhtubataka binti (nama mempelai wanita) alal mahri (jumlah mahar yang diberikan) hallan.

Artinya:

"Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu, puteriku (nama mempelai wanita) dengan mahar (jumlah mahar yang diberikan) dibayar tunai."

2. Lafaz ijab Kabul dalam Bahasa Arab yang Kedua

Qabiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkur wa radhiitu bihi, wallahu waliyu taufiq

Artinya:

"Saya terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah."

Apabila terjadi kesalahan pada saat membaca lafaz ijab kabul akad nikah bahasa Arab tidak melulu terjadi karena pasangan kamu tidak hafal dengan bacaan ijab kabul tersebut, tetapi bisa juga dikarenakan pasangan mengalami gugup.

Oleh karena itu, supaya tidak terjadi kesalahan pada saat pengucapan lafaz ijab kabul dalam akad nikah bahasa Arab, maka lakukan beberapa tips di bawah ini.

Tips Menghafal Ijab Kabul Dalam Akad Nikah Bahasa Arab

1. Bersikap tenang

Bersikap tenang dalam melakukan akad nikah bahasa Arab penting untuk dilakukan. Banyak calon pengantin yang merasa tidak tenang karena merasa takut salah pada saat mengucapkan lafal ijab kabul dalam akad nikah bahasa Arab.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Gugup biasanya akan datang saat seseorang merasa tidak rileks. Untuk meminimalisir kegugupan tersebut, kamu bisa menenangkan pikiran lebih dahulu. Misalnya, dengan berkumpul bersama orang yang bisa membuat hati menjadi lebih tenang, sehingga pikiran kamu akan lebih rileks.

2. Membuat catatan kecil

Kamu bisa membuat catatan kecil yang berisikan ijab kabul dalam bahasa Arab untuk pengingat. Kamu bisa meletakannya di atas meja pada saat membaca lafaz ijab kabul dalam bahasa Arab.

Catatan kecil tersebut bisa membantu perasaan kamu menjadi lebih tenang sebelum kamu mulai membaca bacaan ijab kabul dalam bahasa Arab. Ini juga bisa membantu kamu merasa lebih percaya diri.

3. Fokus

Pada saat gugup, kamu harus mengingat bahwa hafalan kamu hanya satu kalimat saja, bukan satu paragraf. Hindari pikiran negatif dengan memikirkan hal-hal yang baik saja. Selain itu, jangan memberatkan pikiran dengan hal yang tidak perlu.

4. Menghafal setiap kata dan kalimatnya

Apabila kamu sudah memahami maknanya, maka kamu akan lebih mudah untuk menghafal ijab kabul akad nikah bahasa Arab. Untuk memperlancar hafalan kamu untuk ijab kabul dalam akad nikah bahasa Arab, kamu bisa berlatih lebih dulu dengan orang terdekat.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari kesalahan dalam pelafalan kalimat ijab Kabul pada akad nikah Bahasa Arab.

Untuk kamu yang tengah mempersiapkan pernikahan, kamu bisa membaca buku Bekal Pernikahan, karya Syaikh Mahmud al-Mashri. Buku ini berisi tentang persiapan, tata cara, beserta aturan agama yang musti ditempuh seseorang pada saat menjelang pernikahan.

Mulai dari cara memilih pasangan, mengajukan lamaran atau khitbah, sampai cara untuk mempersiapkan dan menggelar resepsi pernikahan dengan cara yang islami. Dengan merujuk kepada dalil Al-Quran dan juga petunjuk dari Nabi, buku ini menjelaskan semua hal tersebut dengan detail dan lengkap.

Buku ini ditulis oleh seorang ulama asal mesir yang memiliki kapasitas keilmuan islamnya sudah diakui dalam dunia Islam dan juga dihormati. Isi buku ini sangat lengkap dan jauh dari perdebatan fiqih antar mazhab.

Dengan begitu, buku ini layak untuk dijadikan sebagai rujukan setiap muslim.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com