Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Teknik Dasar Basket yang Perlu Diketahui Pemula

Kompas.com - 14/12/2022, 10:30 WIB
Teknik Dasar Basket Photo by Patrica On Pixabay Teknik Dasar Basket
Rujukan artikel ini:
Basket untuk Pemula (Teori &…
Pengarang: Yolis Y.A. Djami
|
Editor Rahmad

Untuk menguasai permainan bola basket, kamu tentu perlu mengetahui beberapa hal, seperti mempelajari teknik dasar basket yang penting untuk pemula ketahui. Minimal, kamu harus menguasai teknik hold, pass, dribble, shoot, turn, rebound, dan slam dunk.

Teknik Dasar Basket

Bagaimana seorang pemula bisa melakukan teknik dasar basket tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Teknik Memegang Bola

teknik memegang bola teknik memegang bola

Penguasaan bola basket dengan memegangnya adalah teknik yang paling dasar. Hal ini karena penguasaan bola merupakan induk dari semua teknik dalam permainan bola basket ini.

Ini bukan teknik sembarangan, karena dengan penguasaan bola yang baik akan membuat kamu lebih menguasai bola. Tentunya, hal ini sangat mempengaruhi kualitas permainan. Cara memegang bola adalah dengan meletakkan tangan di kedua sisi bola.

Jari-jari harus direntangkan dan direntangkan agar bola tidak mudah tergelincir. Posisi tangan ini sangat penting, terutama saat kamu sedang menerima bola atau mengoper-nya ke temanmu.

2. Teknik Mengoper atau Melempar Bola (Passing)

Setelah menguasai teknik memegang bola, kamu harus menguasai teknik dasar basket dengan mengoper kepada teman.

Hal ini karena dalam permainan basket tidak mungkin membawa bola tanpa melakukan operan apapun. Teknik ini memiliki beberapa cara seperti berikut ini:

  • Chest Pass (Operan Dada)
  • Overhead Pass (Operan di Atas Kepala)
  • Behind The Back Pass (Operan Belakang Punggung)
  • Baseball Pass (Operan Baseball)
  • Bounce Pass (Operan Memantul)

3. Dribble (Menggiring Bola)

dribble dribble

Baik berjalan atau berlari, bola harus dilempar ke tanah saat kaki melangkah. Melalui teknik dribbling, kamu dapat menentukan mobilitas pemain bola basket.

Pemain yang bermain sebagai point guard biasanya memiliki keterampilan menggiring bola yang sangat baik dan seringkali merupakan pemain terbaik dalam hal menggiring bola.

Jadi, jangan heran jika point guard sering menjadi playmaker tim. Stephen Curry, John Stockton dan Irvin "Magic" Johnson adalah beberapa nama terbesar dalam permainan point guard bola basket.

Teknik ini dapat dilakukan dengan satu atau kedua tangan. Dribbling dibagi menjadi dua jenis, dribbling tinggi dan dribbling jalan, tergantung pada ketinggian bola. Dribbling tinggi biasanya dilakukan saat pemain bebas.

Dribbling rendah, di sisi lain, sering digunakan saat pemain berada di bawah tekanan lawan. Berikut ini beberapa teknik dribble:

  • Crossover Move
  • Behind The Back Dribble
  • Between The Legs Dribble
  • High or Speed Dribble
  • Reserve Dribble

4. Teknik Pivot

teknik pivot teknik pivot

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Teknik dasar basket ini menggunakan salah satu kaki sebagai poros untuk menopang tubuh kamu dan menggerakkan tubuh dalam gerakan melingkar. Pivot dilakukan dengan kedua tangan di atas bola.

Pemain bola basket biasanya berbalik arah setelah mendapat umpan dari rekan setimnya karena ingin melindungi bola dari sergapan lawan. Pivot merupakan inovasi yang sesuai dengan kaidah bola basket.

Artinya, pemain yang menguasai bola didorong untuk menggiring bola, dan bergerak tanpa menggiring bola dianggap sebagai pelanggaran peraturan.

5. Shoot (teknik menembak bola)

shoot shoot

Kemampuan mencetak gol tergantung pada kemampuan kamu memasukkan bola ke ring lawan. Semakin tinggi keterampilan menembak, maka semakin tinggi peluang untuk mendapatkan skor tinggi. Karena posisi tembakan menentukan besaran nilai yang dicapai.

Pemain yang tugas utamanya menembakkan bola ke ring lawan disebut shooting guard. Mereka berasal dari pemain dengan akurasi tembakan yang handal. Michael Jordan dan Kobe Bryant adalah contoh legenda bola basket yang bermain sebagai shooting guard.

Dalam teknik ini kamu perlu melatih insting untuk mengetahui strategi menembak apa yang digunakan dalam situasi tertentu. Hal ini karena tidak semua syarat harus dipenuhi untuk setiap bidikan. Berikut ini beberapa cara shoot dalam permainan bola basket:

  • Set Shoot
  • Lay Up Shoot
  • Jump Shoot
  • Slam Dunk

6. Teknik Rebound

teknik rebound teknik rebound

Ini adalah teknik yang memanfaatkan pantulan bola yang tidak masuk ring basket. Jika tembakan yang meleset adalah dari tim kamu, rebound masuk akal untuk memanfaatkan kekacauan di depan ring. Ini bisa jadi kesempatan tim kamu mendapatkan poin.

Nah, itulah beberapa teknik dasar basket yang bisa kamu pelajari sebagai pemula. Untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca buku Basket untuk Pemula (Teori & Praktik) yang ditulis Yolis Y.A Djami sebagai referensi untuk belajar teknik dasar basket.

Buku ini juga cocok untuk kamu yang masih pemula dalam permainan bola basket dan buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com