Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Teknik Dalam Menggambar Ragam Hias Geometris

Kompas.com - 07/12/2022, 14:30 WIB
teknik menggambar ragam hias geometris Sumber: pixabay teknik menggambar ragam hias geometris
Rujukan artikel ini:
Motif Geometri Terapi Warna Untuk…
Pengarang: Ignatius Purnama Adi
|
Editor Rahmad

Apabila membahas tentang ragam hias, di Nusantara mempunyai banyak sekali jenis ragam hias yang sudah diterapkan di berbagai media. Seperti pada pakaian batik, rumah adat sampai pada senjata adat.

Salah satu jenis ragam hias nusantara adalah ragam hias geometris yang sekaligus menjadi ragam hias tertua. Ragam hias dapat terbentuk karena adanya naluri manusia dalam menghias.

Faktor lain yang membuat munculnya ragam hias adalah kebutuhan masyarakat, baik yang bersifat praktis maupun yang terkait dengan suatu agama atau kepercayaan.

Media dalam membuat ragam hias geometris juga sangat beragam, seperti kertas gambar, kaca, kanvas, kain, tembok, dan juga bahan pewarna. Lalu, bagaimana teknik dalam menggambar ragam hias geometris?

Jadi, berikut ini ulasan tentang teknik menggambar ragam hias geometris yang bisa kamu ikuti. Sebelum itu, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu ragam hias geometris.

Pengertian Ragam Hias Geometris

Ragam hias geometris adalah bentuk ornamen yang mempunyai bentuk berupa susunan garis-garis, raut, serta bangun yang biasanya juga kita kenal dengan bidang geometri. Bidang geometri sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari garis, bentuk lengkungan, bentuk bangunan, sampai lingkaran.

Ragam hias geometris juga termasuk ke dalam jenis ragam hias yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama dalam kesenian.

Pasalnya, ragam hias geometris dianggap sebagai motif yang paling tua keberadaannya, karena ragam hias geometris ini sudah dikenal sejak zaman prasejarah, yaitu pada zaman Yunani di tahun 2000 sebelum masehi.

Ragam hias geometris ini dapat dijumpai di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Ragam hias geometris ini bisa dibuat dengan menggabungkan bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.

Teknik Menggambar Ragam Hias Geometris

Jika kamu ingin mulai menggambar ragam hias, kamu bisa melakukannya dengan dua jenis teknik yang bisa kamu sesuaikan dengan motif yang akan kamu buat. Dua Teknik tersebut adalah teknik mistar dan teknik manual. Berikut ulasan kedua teknik dalam menggambar ragam hias geometris.

1. Teknik Mistar

Menggambar ragam hias geometris membutuhkan sebuah ketepatan dari ukurannya itu sendiri, seperti sudut, lengkungan, garis lurus, serta beraturan. Untuk bisa mendapatkan ukuran yang sesuai dan juga tepat, maka dibutuhkan alat yang berupa mistar atau penggaris, dan jangka.

2. Teknik Manual

Teknik manual sendiri terbagi ke dalam beberapa macam teknik lagi, yaitu:

1. Teknik linier

Teknik linier adalah teknik menggambar ragam hias geometris dengan menggunakan pena atau pensil. Dengan teknik ini bisa membuat garis sejajar, menyilang, maupun pertemuan dari beberapa garis.

2. Teknik arsir

Teknik arsir ini digunakan untuk bisa menghasilkan garis yang sejajar, menyilang, atau pertemuan dari beberapa garis yang kemudian dilakukan teknik arsir. Teknik arsir ini dilakukan dengan menggunakan pensil atau bisa juga pena dalam menggambarnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Teknik dusel

Teknik dusel adalah teknik menggambar dengan menggunakan pensil dalam posisi rebah atau miring. Dengan begitu, kamu akan menghasilkan garis yang tebal.

4. Teknik plakat

Teknik plakat adalah teknik menggambar ragam hias geometris yang dilakukan dengan menyapukan pewarna yang menghasilkan warna yang tebal atau menutup.

5. Teknik aquarel

Teknik ini adalah cara untuk menggambar dengan menyapukan pewarna yang menghasilkan sapuan warna yang transparan.

6. Teknik pointilis

Teknik ini merupakan teknik menggambar ragam hias geometris dengan cara membuat titik-titik pena ataupun pensil, sehingga bisa menghasilkan kumpulan titik-titik.

Berikut ini beberapa ilustrasi tahapan dalam menggambar ragam hias geometris yang bisa kamu ikuti:

teknik menggambar ragam hias geometris teknik menggambar ragam hias geometris

Itulah teknik menggambar ragam hias yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang tertarik dalam mewarnai sebagai penghilang suntuk, kamu bisa mencoba mewarnai dengan ragam hias geometri. Buku Motif Geometri Terapi Warna Untuk Semua Umur karya Ignatius Purnama Adi bisa jadi pilihan.

Buku ini berisikan kumpulan rancangan dari berbagai motif yang dirancang oleh Ignatius Purnama Adi sendiri. motif di dalam buku ini adalah motif geometri dan juga etnik. Bentuk-bentuk geometri di dalam buku ini disusun dengan sedemikian rupa, mulai dari yang sederhana sampai yang paling sulit.

Kegiatan dalam mewarnai bentuk geometri yang teratur bisa membantu kamu dalam menciptakan suasana yang tenang dalam jiwa dan juga pikiran kamu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.