Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri 5 Ragam Hias yang Ada di Nusantara Indonesia!

Kompas.com - 31/08/2022, 14:30 WIB
ragam hias nusantara Sumber: fickr.com ragam hias nusantara
Rujukan artikel ini:
Batik Filosofi Motif&Kegunaan
Pengarang: Adi Kusrianto
|
Editor Rahmad

Ragam hias Nusantara memiliki banyak sekali jenisnya. Ragam hias adalah sebuah komponen produk seni yang dengan sengaja dibuat atau ditambahkan untuk tujuan sebagai sarana untuk memperindah atau sebagai sebuah hiasan.

Ragam hias biasanya sering kita temui di sebuah karya seni. Karya seni inilah yang bisa berupa tulisan atau batik, ukiran, songket, tenun, maupun patahan yang ada pada kayu ataupun batu. Pada dasarnya, ragam hias bisa menghasilkan aneka ragam variasi.

Variasi yang ada di ragam hias inilah yang biasanya menjadi ciri khas dari unit budaya yang ada pada daerah tersebut.

Ragam hias sendiri adalah sebuah karya seni rupa yang diambil dari bentuk flora atau tumbuhan, fauna atau hewan, figural atau manusia, polygonal, serta bentuk geometris.

Tujuan dari ragam hias ini adalah untuk mengisi kekosongan yang ada pada permukaan dari suatu karya seni, bisa juga untuk memperindah tampilan dari karya seni, dan juga untuk menaikkan nilai jual suatu karya seni itu sendiri.

Nah, untuk lebih rincinya tentang macam-macam ragam hias, kamu bisa menyimak artikel ini, ya.

Macam-macam Ragam Hias Nusantara

1. Ragam hias flora

ragam hias flora ragam hias flora

Ragam hias flora merupakan motif hias yang menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan atau flora sebagai objek dari motif yang kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi serta selera dari pembuatnya. Flora sebagai objek motif ini bisa kita jumpai di hampir seluruh pulau yang ada di Indonesia,

Ragam hias dengan motif flora sangat mudah untuk kita jumpai dalam berbagai barang kesenian seperti batik, keramik, ukiran, bordir, dan lain sebagainya.

2. Ragam hias fauna

ragam hias fauna ragam hias fauna

Ragam hias fauna adalah motif hias yang biasanya menggunakan bentuk fauna atau hewan sebagai objek motif yang kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi atau selera dari si pembuatnya. Objek dari motif ini biasanya merupakan bentuk stilisasi dari wujud aslinya secara utuh, atau hanya mengambil bagian tertentu saja dari hewan tersebut.

Jenis binatang yang biasanya banyak dijadikan sebagai objek dari ragam hias adalah burung, gajah, ular, serta binatang-binatang endemik dari suatu daerah yang dijadikan sebagai identitas dan juga ciri khas dari kearifan lokal daerahnya.

Motif ragam hias di Indonesia banyak menggunakan fauna sebagai objek dari ragam hias. Daerah yang biasanya menggunakannya adalah Bali, Yogyakarta, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Motif ragam hias fauna ini bisa sering kita jumpai pada hasil karya batik, sulaman, ukiran, tenun, anyaman, dan juga kain bordir.

3. Ragam hias figuratif

ragam hias figuratif ragam hias figuratif

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ragam hias figuratif adalah motif hias yang dikembangkan dari sebuah objek yang berbentuk manusia, yang kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi si pembuatnya. Ragam hias ini dinamakan figuratif karena bentuk dasar dari motif ini mengacu pada bentuk figura manusia.

Ragam hias ini biasanya sering kita temukan di bahan tekstil maupun bahan kayu, yang mana proses pembuatannya bisa dilakukan dengan cara menggambarnya.

4. Ragam hias geometris

ragam hias geometris ragam hias geometris

Ragam hias geometris adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk geometris yang selanjutnya digayakan oleh si pembuatnya sesuai dengan imajinasinya. Motif hias ini dikembangkan dari unsur garis titik, serta bentuk bidang geometris yang kemudian disusun secara berulang. Dari bentuk yang sederhana menjadi sebuah bentuk yang rumit.

Penggunaan ragam hias geometris ini biasanya diaplikasikan pada kain batik, kain sulam, kain tenun, candi, bangunan-bangunan, kerajinan tangan, dan sebagainya.

5. Ragam hias polygonal

ragam hias polygonal ragam hias polygonal

Ragam hias poligonal adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk poligonal atau susunan garis lurus yang terhubung membentuk suatu rangkaian yang menyatu dan mempunyai sudut bentuk yang datar. Kemudian si pembuat akan menggayakan bentuk tersebut sesuai dengan imajinasi yang ia miliki.

Polygonal mempunyai batas bentuk yang berwujud segi empat (tetragon). Segi enam (hexagon), segitiga (triangle), segi lima (pentagon), dan sebagainya.

Itulah uraian mengenai ragam hias yang perlu kita ketahui. Dengan memahami masing-masing dari ragam hias, maka kamu bisa mulai untuk berkreasi membuat sebuah karya seni sesuai dengan keinginan kamu. Kamu hanya perlu memilih mana ragam hias yang cocok untuk diaplikasikan ke dalam karya kamu.

Jika kamu ingin menerapkan ragam hias ke karya seni batik kamu, kamu bisa juga membaca buku Batik Filosofi, Motif & Kegunaan sebagai referensi kamu. Buku ini akan memberikan kamu banyak sekali informasi tentang motif-motif batik Nusantara, kamu tidak hanya bisa melihat keindahan dari motif batik saja di buku ini, tapi kamu juga bisa mengetahui makna dan filosofi pada sebuah batik.

Motif, kegunaan, serta filosofi batik. Tiga hal ini adalah saling berkaitan satu dengan yang lainnya. karena, motif batik pada dasarnya diciptakan dengan berbagai maksud. Dan masing-masing motif batik memiliki kegunaannya sendiri.

Maka, buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang atau ingin mempelajari ragam hias serta batik.

Buku ini bisa langsung kamu pesan di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com