Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Asisten Virtual yang Sudah Banyak Digunakan Saat Ini

Kompas.com - 01/12/2022, 14:30 WIB
asisten virtual yg populer Sumber: pixabay asisten virtual yg populer
Rujukan artikel ini:
Kupas Tuntas Teknologi Virtualisasi
Pengarang: Efrizal Zaida
|
Editor Rahmad

Asisten virtual kini sudah menjadi fitur yang wajib ada di perangkat-perangkat pintar atau smartphone. Pertumbuhannya pun semakin cepat seiring dengan semakin banyaknya pengguna smartphone atau smart home saat ini.

Pada dasarnya, kemampuan setiap asisten virtual adalah tidak jauh berbeda. Melalui sebuah perintah suara, penggunanya sudah bisa meminta perangkat dalam menjalankan sejumlah tugasnya.

Kini juga sudah banyak perusahaan yang mempunyai perangkat sendiri dan mulai untuk mengembangkan asisten virtual secara mandiri. Meskipun semakin populer, tetapi tidak semua orang mengenal asisten virtual yang ada saat ini.

Untuk itu, berikut ini adalah asisten virtual yang sudah banyak digunakan dan juga sudah populer dari berbagai perusahaan.

Asisten Virtual

asisten virtual yang populer asisten virtual yang populer

1. Siri

Asisten virtual siri adalah asisten virtual buatan Apple yang dibenamkan ke dalam perangkat-perangkatnya. Pertama kali diperkenalkan pada seri iPhone 4S, asisten virtual ini kemudian merambah ke iPad dan iPod Touch.

Seiring dengan perkembangannya, Apple juga turut meningkatkan kemampuan asisten virtual ini. Siri sebagai asisten virtual adalah mampu mengerti perintah yang diberikan oleh pengguna sehari-hari.

Pada aplikasi ini penerapan asisten virtual adalah bisa melakukan pemesanan transportasi secara online, menjadwalkan pertemuan, termasuk juga bisa mengirimkan pesan melalui aplikasi chatting.

2. Google Assistant

Google assistant sebagai asisten virtual adalah yang pertama kali diperkenalkan pada seri smartphone Google Pixel. Namun, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk Google untuk memperluas cakupan dari Google Assistant ini.

Saat ini, layanan asisten virtual ini sudah hadir pada perangkat Android yang sudah menjalankan versi Marshmallow dan Nougat. Tugas perangkat asisten virtual adalah memungkinkan untuk membuat janji, bertanya mengenai informasi, serta terhubung dengan perangkat Google yang lainnya.

Bahkan, pengguna aplikasi chatting Allo saat ini sudah bisa mengajak bicara Google Assistant ke dalam bahasa Indonesia. Kemampuannya berbahasa Indonesia tidak lepas dari jumlah pengguna di tanah air yang semakin meningkat. Oleh karena itu, kemampuan asisten virtual juga akan semakin ditingkatkan.

3. Alexa

Alexa sebagai asisten virtual adalah sebuah sistem yang berbasis pada perintah suara yang dikembangkan oleh Amazon untuk speaker yang mereka buat. Kemampuan Aleza sebagai asisten virtual adalah mencakup perintah untuk menyalakan lampu atau memasang sebuah lagu di rumah.

Seiring dengan berkembangnya waktu, asisten virtual ini juga merambah ke produk yang lainnya, seperti Amazon Dot dan Tap. Kepopuleran asisten virtual juga dirasa semakin menanjak, bahkan mulai menyusul Siri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Cortana

Cortana sebagai asisten virtual adalah besutan dari Microsoft. Asisten virtual ini pertama kali meluncur di Windows Phone 8.1. Kemampuan asisten virtual ini adalah serupa dengan asisten virtual lainnya. Kini, Cortana juga sudah menyambangi Windows 10.

Kemampuan Cortana sebagai asisten virtual adalah memiliki kemampuan integrasi yang lebih baik untuk aplikasi e-mail Outlook dan juga kalender. Selain itu juga, asisten virtual ini pintar dalam mengenali waktu secara spesifik dan permintaan aktivitas.

Fitur terbaru asisten virtual adalah bisa membalas pesan yang datang ke ponsel Android yang ada di PC Windows. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan Tindakan dengan suara dan fungsi otomatis lainnya.

5. Bixby

Bixby sebagai asisten virtual adalah memulai debutnya di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus pada tahun 2017. Kini, Bixby sudah menyambangi lebih dari 200 negara, di antaranya Inggris, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan.

Bixby Voice sebagai asisten virtual adalah dikembangkan sebagai antarmuka cerdas yang dimiliki oleh Samsung yang membantu para penggunanya dalam memberikan perintah kepada perangkatnya dengan cepat serta mudah melalui sebuah perintah suara.

Itulah beberapa asisten virtual yang sudah ada di perangkat ponsel pintar dan juga sudah banyak digunakan. Jika kamu tertarik untuk mempelajari atau menambah wawasan tentang virtual, kamu bisa mempelajarinya melalui buku Kupas Tuntas Teknologi Virtualisasi karya Efrizal Zaida.

Buku ini berisikan konsep dan juga panduan praktis mengenai penerapan teknologi virtualisasi. Didukung dengan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Buku ini terbagi menjadi lima bab. Pada bab pertama membahas mengenai konsep dari virtualisasi itu sendiri. mulai dari sejarah, alasan harus menggunakan teknologi ini serta keuntungan yang didapat.

Pada bab kedua membahas tentang memori, mulai dari konsep virtualisasi memori, sampai konfigurasi dan penerapannya dalam memori. Pada bab ketiga membahas virtualisasi penyimpanan. Selanjutnya, di bab keempat membahas virtualisasi perangkat lunak.

Kemudian di bab terakhir, akan membahas virtualisasi data, mulai dari konsep dan penerapan pada cloud computing.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com