Cara Jadi Hacker yang Jitu agar Mampu Beradaptasi dan Melek Teknologi

Kompas.com - 20/09/2022, 18:00 WIB
Cara Jadi Hacker Sumber Gambar: Pexels.com Cara Jadi Hacker
Rujukan artikel ini:
Kitab Hacker
Pengarang: Dedik Kurniawan
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara jadi hacker mungkin sekarang ini banyak orang yang ingin mempelajarinya sebagai upaya untuk beradaptasi sekaligus melindungi diri dari kejahatan cyber yang sudah sangat sering terjadi, sehingga dapat digunakan sebagai proteksi diri.

Namun, jangan salah paham terlebih dahulu pada profesi seorang hacker, karena pada kenyataannya tidak semua peretas melakukan tindak kriminal atau kejahatan, tapi terdapat pula hacker yang nyatanya mampu membantu sebuah instansi maupun individu untuk melindungi data digital yang ada di dunia maya.

Pada kenyataannya, profesi seorang hacker biasanya bekerja bagi kepentingan masyarakat luas yang memperjuangkan hak-hak kebebasan yang dikekang oleh beberapa oknum.

Jadi bisa dibilang jika seorang hacker merupakan sebuah pekerjaan yang tidak hanya berkonotasi negatif saja sebagai seorang penjahat cyber, tapi juga dapat menolong orang-orang untuk menyuarakan pendapat dan hal-hal lainnya.

Kemunculan profesi seorang peretas atau hacker sendiri hadir akibat perkembangan serta tuntutan dunia teknologi dan informasi yang berkembang dengan sangat cepat, sehingga diperlukan seorang profesional yang mampu menangani beberapa masalah yang muncul dalam dunia digital.

Para hacker ini bisa dibilang merupakan pencipta atau penemu dari jejaring internet yang selama ini mempermudah hidup kita, tapi sekaligus dapat membahayakan pula jika dipergunakan dengan sembarangan.

Hacker sendiri dapat dikategorikan sebagai suatu profesi yang melakukan pembobolan pada sistem keamanan sebuah website, demi kepentingan tertentu atau bisa dibilang juga sebagai perusak.

Namun, tidak hanya dapat didefinisikan secara demikian, hacker juga dapat dibilang sebagai seorang ahli pemrograman yang sudah ada bahkan sebelum jaringan internet dikenal secara luas seperti sekarang.

Nah, bagaimana sebenarnya cara menjadi seorang hacker profesional? Daripada bingung, simak beberapa cara jadi hacker berikut ini.

Cara Menjadi Seorang Hacker

1. Mempelajari Beberapa Bahasa Pemrograman

Seperti yang kita ketahui selama ini, komputer mempunyai bahasa tersendiri agar mampu bekerja seperti yang diinginkan, sehingga jika ingin menjadi seorang hacker profesional, mulailah untuk belajar beberapa bahasa pemrograman.

Kamu mutlak harus memahami bahasa Inggris agar mampu mempelajari bahasa pemrograman dengan lebih mudah dan efisien.

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari dan kuasai sebagai penunjang menjadi seorang hacker, seperti JavaScript, Python, hingga C++.

Masing-masing bahasa pemrograman mempunyai kegunaan masing-masing yang pastinya akan membuat seorang hacker menjadi semakin kompeten.

2. Menguasai tentang Keamanan / Security

Agar dapat menjadi seorang hacker yang ahli dan teruji, maka kamu harus mampu menguasai beberapa sistem hacking, contohnya seperti Linux Basics for Hackers, Google Hacking for Penetration Testers, hingga Penetration Testing: A Hands-On Introduction to Hacking.

Pelajari dan kuasai sistem keamanan atau security karena beberapa sistem operasi ini mempunyai banyak tools yang memudahkan kamu untuk menjadi seorang hacker.

Melalui sistem operasi ini aktivitas kamu sebagai hacker akan sangat mudah dan efisien karena kehadiran tools yang cukup banyak untuk hacking.

3. Menjelajahi Deep dan Dark Web

Walaupun terkesan menakutkan, tapi kenyataannya menelusuri deep dan dark web merupakan kegiatan yang harus kamu lakukan, karena di sana kamu akan banyak menemukan dan mempelajari berbagai macam ilmu hacking.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Banyak yang bilang jika aktivitas yang dilakukan di deep dan dark web berkaitan dengan informasi keamanan, mulai dari militer, politisi, hingga institusi.

Namun, patut diingat, jangan sembarangan mengakses deep dan dark web karena akan sangat berbahaya jika kamu melakukannya tanpa persiapan.

Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu mengenai deep dan dark web secara menyeluruh serta persiapkan keamanan yang mumpuni sebelum menjelajahinya.

4. Kuasai Kriptografi

Kriptografi merupakan cara untuk mengamankan informasi melalui sekumpulan kode atau sandi.

Kriptografi digunakan untuk menyimpan dan mengirim informasi sensitif milik pengguna.

Bisa dibilang semua data dan informasi yang disimpan di jaringan internet bentuknya sengaja diubah ke dalam susunan kode supaya tidak mudah dibaca oleh sembarang pihak.

Dengan menguasai kriptografi maka tugas kamu sebagai seorang hacker akan semakin dimudahkan, karena kriptografi akan mengamankan berbagai data penting yang harus dilindungi.

5. Bergabung dengan Komunitas

Alternatif paling gampang dan cepat agar kamu mampu memahami segala informasi mengenai dunia hacker ialah dengan bergabung ke dalam komunitas.

Akan ada banyak sharing dan diskusi yang pastinya isinya merupakan “daging” yang dapat kamu serap dan santap sebagai langkah awal menjadi seorang hacker.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan diajak untuk ikut ke dalam sebuah tim atau proyek yang akan memberikan ilmu dan pengalaman seputar dunia hacker.

Namun, di antara berbagai cara yang telah disebutkan di atas tadi, terdapat cara mudah lainnya bagi kamu untuk bisa menjadi seorang hacker, yakni dengan membaca buku.

Buku Kitab Hacker yang ditulis oleh Dedik Kurniawan akan menjadi sumber ilmu dan wawasan yang solid seputar dunia hacker.

Buku ini ditulis bukan untuk mengajari dan menjadikan kamu seorang pencuri data atau membobol sistem orang lain, tapi buku ini hadir untuk membantu kamu agar memahami ilmu hacking supaya tidak menjadi korban retas dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Akan ada berbagai macam teknik hacking yang dapat kamu pelajari dari buku ini, seperti mengendalikan perangkat komputer lain, mencari data yang hilang atau tersembunyi, memperbaiki hard disk yang rusak, hingga teknik menangkal serangan hacking.

Tunggu apa lagi? Segera saja pesan dan beli bukunya di Gramedia.com atau akses bukunya secara digital melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.