Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mager! Ini 4 Manfaat yang Akan Kamu Rasakan Kalau Kamu Produktif

Kompas.com - 17/10/2022, 13:30 WIB
manfaat produktif Sumber: reachingself.com manfaat produktif
Rujukan artikel ini:
Santuy, Tapi Produktif, Mau? :…
Pengarang: Restia Ningrum
|
Editor Rahmad

Sebagian besar dari kita pasti ingin bisa menjadi lebih produktif lagi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena, dengan begitu kita dapat menggunakan waktu yang kita miliki dengan efisien dan efektif.

Membicarakan produktif sepertinya tidak akan ada habisnya. Apalagi, dengan seiring berjalannya waktu, tantangan yang kita hadapi biasanya akan membuat kita menjadi lebih produktif. Dengan kata lain, gaya hidup produktif adalah suatu rangkaian aktivitas atau kegiatan yang bisa membuat diri kita semakin berkembang dan juga disiplin.

Untuk bisa menerapkan pola hidup yang produktif, maka kamu juga perlu untuk bisa taat pada waktu yang sudah kamu tentukan sendiri untuk setiap kegiatan kamu.

Produktif adalah ketika kamu menjalankan suatu kegiatan yang bisa menghasilkan manfaat untuk diri kamu sendiri. Misalnya, menulis, belajar, melukis, membaca, maupun bekerja. Seseorang yang melakukan aktivitas produktif mampu mendatangkan manfaat bagi dirinya sendiri.

Sebaliknya, orang yang waktunya hanya dihabiskan untuk sesuatu yang tidak menghasilkan apapun atau merenungi hal yang tidak penting, biasanya hanya akan mendatangkan dampak yang tidak baik untuk dirinya sendiri.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika kamu melakukan aktivitas yang produktif? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Melakukan Kegiatan Produktif

manfaat produktif manfaat produktif

1. Bisa menjaga kesehatan mental

Banyak orang yang menganggap bahwa mempunyai suatu kegiatan yang produktif adalah termasuk hal yang mengganggu. Padahal kenyataannya, ketika kamu mempunyai suatu kegiatan untuk kamu kerjakan, maka pekerjaan tersebut bisa membawa pengaruh yang positif terhadap Kesehatan mental yang kamu miliki.

Seseorang yang memiliki kegiatan akan lebih mudah teralihkan pikirannya dari hal-hal yang negatif. Sebaliknya, mereka yang tidak memiliki kegiatan akan beresiko terkena penyakit mental. Ketika seseorang tidak mempunyai kegiatan yang bisa dilakukan, maka orang tersebut mempunyai tingkat risiko stres yang lebih tinggi.

2. Menghilangkan rasa bosan

Kalau kamu orang yang mudah bosan, maka kamu wajib mempunyai kegiatan untuk mengisi waktu yang kamu miliki. Kamu dapat mengisi waktu yang kamu miliki dengan beragam aktivitas yang lebih produktif, seperti bekerja, menulis, belajar, dan sebagainya.

Orang yang selalu produktif, biasanya lebih memiliki tujuan dalam hidupnya. Jadi, mereka tidak mudah bosan. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki kegiatan apapun, mereka akan jauh dari rasa bosan.

3. Menghindari galau

Jika kamu saat ini sedang merasa galau, maka hal yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang produktif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, melakukan aktivitas produktif bisa membuat pikiran kamu akan teralihkan. Dengan begitu, rasa galau yang menyelimuti kamu akan langsung teralihkan dan lama kelamaan bisa menghilang.

Orang yang tengah mengalami rasa galau, biasanya orang yang suka menyendiri di tempat-tempat yang sepi dan yang dilakukan hanyalah termenung.

Nah, kalau kamu hanya berdiam diri dan terus merenung, meratapi kegalauan tanpa melakukan hal apapun, maka rasa galau itu tidak akan hilang. Bahkan, hanya akan berpengaruh kepada kesehatan mental kamu saja.

4. Mengurangi overthinking

Banyak remaja saat ini yang tengah mengalami overthinking. Hal yang membuat mereka overthinking biasanya adalah masalah percintaan ataupun masa depan. Kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran kamu kepada hal yang lebih bermanfaat.

Jika dibiarkan saja, maka overthinking yang kamu alami bisa menyebabkan rasa cemas yang berlebih, susah tidur, bahkan sulit fokus terhadap sesuatu. Kamu bisa mengurangi overthinking dengan melakukan berbagai hal yang produktif dan bermanfaat, seperti menulis, olahraga, membaca, dan sebagainya.

Hal ini mampu membuat pikiran kamu lebih fokus pada kegiatan yang sedang kamu jalankan sekarang. Dengan begitu, mampu mengurangi overthinking yang kamu alami.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu produktif. Apakah kamu akan menerapkannya? Jika kamu ingin lebih produktif, kamu bisa mengetahui beberapa caranya melalui buku Santuy, Tapi Produktif, Mau? Buku ini banyak membahas tentang menjadi produktif dan tidak hanya sibuk dalam bekerja saja. Beragam teori serta gagasan tentang produktivitas juga bisa kamu temukan di dalam buku ini.

Melalui buku ini, kamu bisa mengetahui berbagai tips serta panduan untuk bisa membedakan antara produktif dan sibuk. Poin-poin yang ada dalam buku ini berbentuk panduan maupun tips, sehingga diharapkan mampu membantu kamu juga dalam menentukan motivasi kerja, mengatur waktu, mengelola stres, hingga mengatur kebiasaan di tempat kerja.

Buku ini bisa segera kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com