Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Belajar yang Baru dan Seru Lewat Komik Pendidikan

Kompas.com - 17/11/2021, 20:37 WIB
Sumber foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Why? News and Media -…
Pengarang: YeaRimDang
Penulis Diana Hayati
|
Editor Ratih Widiastuty

Buku sebagai ‘jendela dunia’ tentunya bukan hanya kata-kata mutiara, tapi melalui buku, kita dapat banyak informasi di luar sana tanpa harus melihatnya langsung.

Buku bisa membawa kita ke berbagai belahan dunia seperti ke kutub utara atau Gunung Himalaya, dan juga menghadirkan para ilmuwan untuk menjabarkan penelitian-penelitian mereka.

Lewat buku yang berisi segudang informasi, pengetahuan, dan wawasan, kita akan menjadi pribadi yang berwawasan luas.

Namun, sayangnya minat membaca belum dimiliki oleh semua orang, apalagi bagi anak-anak yang mungkin malah hilang semangat jika disodorkan buku.

Lain ceritanya jika anak-anak disodorkan komik, buku yang penuh dengan gambar-gambar menarik dan cerita seru plus lucu ini, banyak yang senang membacanya dalam format tersebut.

Itulah yang melatarbelakangi beberapa penerbit tanah air untuk menghadirkan komik seru yang disisipi berbagai ilmu pengetahuan, atau yang dikenal dengan sebutan ‘komik pendidikan’.

Hadir dalam berbagai tema, komik pendidikan disajikan spesial untuk para pecinta komik yang haus akan pengetahuan dan memiliki rasa ingin tahu besar.

Ada komik pendidikan yang membahas tentang sains, ilmu sosial, sejarah, tokoh-tokoh dunia, bahkan komik pendidikan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pembentuk kebiasaan baik pada anak pun ada.

Hadirnya komik pendidikan sudah pasti menjadi kabar baik bagi orangtua, pengajar, dan tentunya juga untuk anak-anak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mereka dapat menikmati cerita seru di dalam komik pendidikan, juga mendapatkan berbagai pengetahuan yang terselip di dalamnya.

Dengan begitu, orangtua tentunya tidak perlu merasa khawatir jika anak senang membaca komik ini.

Para pengajar juga dapat menjadikan komik pendidikan sebagai media baru untuk menyebarluaskan pengetahuan kepada anak didiknya.

Salah satu penerbit yang aktif menerbitkan komik pendidikan adalah Elex Media Komputindo, yang selama ini memang sudah sangat dikenal sebagai penerbit komik dan buku bisnis terbesar di tanah air.

Sejak pertama kali menerbitkan komik pendidikan di tahun 2009, Elex Media Komputindo sudah memiliki banyak seri komik pendidikan yang menjadi best seller, sebut saja seri ‘Why?’, ‘Ten Ten Series’, ‘Science Quiz’, ‘COOKIE RUN Sweet Escape Adventure’, dan masih banyak lagi.

Para orangtua juga tidak perlu pusing jika ingin memberikan komik pendidikan, namun tidak memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan bukunya.

Sudah ada banyak judul komik pendidikan terbitan Elex Media Komputindo yang juga diterbitkan dalam format e-book.

Selain tidak memakan tempat dalam penyimpanan, anak-anak juga dapat membacanya kapan saja dan di mana saja.

Informasi tentang judul-judul terbaru komik pendidikan juga sangat mudah diakses.

Selain dapat dilihat di website resmi milik penerbit, Elex Media Komputindo juga memiliki akun resmi di media sosial seperti Instagram, Facebook, juga Twitter.

Dengan komik pendidikan, kita kepakkan sayap ilmu pengetahuan dengan menumbuhkan minat membaca pada anak-anak dan juga generasi-generasi kita berikutnya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com