Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Resep dan Tips Mood Booster yang Ampuh Mengusir Bad Mood!

Kompas.com - 13/09/2022, 16:30 WIB
tips mengembalikan mood booster Sumber: bestlifeonline.com tips mengembalikan mood booster
Rujukan artikel ini:
Good Food Good Mood
Pengarang: Deny Indra Praja
|
Editor Rahmad

Sumber: bestlifeonline.com

Kalau kamu mengalami suatu hari yang buruk, ada beragam mood booster yang bisa dengan mudah kamu lakukan, supaya suasana hati kamu bisa cepat kembali membaik. Meskipun terkesan ringan, perubahan mood yang seringkali sulit untuk dikontrol dan dibiarkan tanpa penanganan, bisa memicu stres, bahkan depresi.

Rasa bad mood juga bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari patah hati, tekanan kerja, atau bahkan hal kecil yang bisa membuat kamu kesal. Ketika suasana hati kamu berantakan, tubuh kamu akan melepaskan beragam zat kimia serta hormon stres di dalam otak yang bisa berdampak kepada kesehatan tubuh kamu.

Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu mood booster yang berguna untuk memperbaiki suasana hatimu dan mencegah terkenanya depresi. Kalau suasana hati kamu baik, maka segala aktivitas yang kamu lakukan bisa terasa lebih menyenangkan dan hal ini sangat berpengaruh kepada produktivitas kamu.

Macam-macam Mood booster untuk Mengusir Bad Mood

tips mengembalikan mood booster tips mengembalikan mood booster

Terdapat beberapa mood booster yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan suasana hati dengan cepat, di antaranya adalah:

1. Rutin berolahraga

rutin berolahraga rutin berolahraga

Tidak sedikit orang yang melakukan aktivitas berolahraga secara rutin untuk memperbaiki suasana hati serta melepas beban pikiran. Olahraga diketahui bisa membantu otak kita dalam memproduksi endorfin, yaitu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain itu, olahraga juga bisa membantu kamu tidur dengan lebih nyenyak, meningkatkan stamina, serta menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin setidaknya 150 menit di setiap minggu.

2. Meditasi

meditasi meditasi

Melakukan meditasi dipercaya mampu memperbaiki suasana hati, bisa meningkatkan daya ingat, serta bisa mengurangi stres dan kecemasan. Ada banyak jenis meditasi yang bisa kamu lakukan. Seperti meditasi fokus, meditasi kundalini, serta meditasi mindfulness.

Kamu bisa melakukan meditasi setiap hari selama 10 sampai 20 menit saja.

3. Mendengarkan musik

mendengarkan musik mendengarkan musik

Musik, bisa digunakan sebagai salah satu terapi untuk relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik, bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan juga bisa meningkatkan mood booster.

Bahkan, musik juga kerap digunakan sebagai terapi untuk kita mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan gangguan emosional.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Mengonsumsi makanan tertentu

mengonsumsi makanan tertentu mengonsumsi makanan tertentu

Diketahui, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi mood booster, di antaranya:

  1. Oatmeal, karena mengandung indeks glikemik rendah yang bisa menjaga kadar gula darah agar tetap stabil sehingga mood bisa menjadi lebih baik.
  2. Ikan, mengandung omega 3 yang dipercaya mampu memperbaiki kinerja otak. Dengan begitu, mampu mengatasi gangguan mood serta depresi.
  3. Pisang, mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang bisa memperbaiki mood serta mengatasi depresi.
  4. Cokelat hitam, mampu mengurangi kecemasan dan juga menurunkan produksi hormon stres. Metode ini juga disebut dengan meditasi cokelat.
  5. Ayam teriyaki, mengawali dengan hidangan lezat bisa menjadi mood booster tersendiri.

5. Berinteraksi

berinteraksi berinteraksi

Mood booster yang satu ini sangatlah sederhana untuk dilakukan. Ketika sedang bad mood, kamu bisa meluangkan waktu untuk curhat bersama dengan teman atau keluarga terdekat kamu.

Mengungkapkan perasaan serta menjalin kontak sosial dengan orang lain adalah salah satu cara paling efektif yang bisa membuat kamu merasa menjadi lebih baik.

6. Bermain dengan hewan peliharaan

bermain dengan hewan peliharaan bermain dengan hewan peliharaan

Kalau kamu mempunyai hewan peliharaan, kamu bisa bermain dengan hewan peliharaanmu itu untuk memperbaiki suasana hati kamu.

Penelitian mengungkapkan bahwa dengan bermain bersama hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, kamu bisa melepaskan hormon serotonin dan juga dopamin, yang bisa membuatmu jauh lebih rileks dan tenang.

7. Melakukan hal yang disukai

melakukan hal yang disukai melakukan hal yang disukai

Setiap orang pasti memiliki kegiatan atau hobi yang membuatnya menjadi lebih rileks dan senang. Meski kamu merasa malas melakukannya, tapi sebetulnya, kegiatan tersebut bisa menjadi mood booster kamu. Dikutip dari luvne, Kamu bisa membaca buku, berjalan di taman, melukis, atau menggambar, dan sebagainya.

Mood adalah suasana hati yang kerap kali berubah-ubah sesuai dengan suasana, kondisi, waktu, situasi, hormon, bahkan cuaca bisa mempengaruhi mood seseorang. Mood pun bisa memberikan efek yang positif dan juga negatif. Saat mood sedang senang, maka aktivitas yang kamu lakukan penuh dengan semangat.

Seperti buku Good Food Good Mood, yang bisa membantu kamu dalam mengelola bad mood yang sering terjadi pada waktu yang tidak terduga. Karena pada dasarnya, bagi masyarakat urban yang tinggal di kota besar dengan mobilitas tinggi, bisa memunculkan bad mood berkali-kali. Maka, buku ini bisa menjadi mood booster kamu dikala suasana hatimu tidak enak.

Buku ini bisa langsung kamu dapatkan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com