Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Ruang Lingkup Administrasi yang Perlu Kamu Pahami!

Kompas.com - 09/09/2022, 11:30 WIB
ruang lingkup administrasi Sumber: creativemarket.com ruang lingkup administrasi
Rujukan artikel ini:
Ilmu Administrasi dan Organisasi
Pengarang: Prof. Dr. H. Makmur,…
|
Editor Rahmad

Pada dasarnya, ruang lingkup administrasi meliputi aktivitas yang berkaitan dengan tulis menulis, mengirim serta menyimpan keterangan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pengertian administrasi adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan penyusunan serta pencatatan data maupun informasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Aktivitas ini dilakukan secara sistematis, baik itu untuk kebutuhan pekerjaan internal maupun eksternal, sebagai upaya dalam menyediakan juga mempermudah dalam memperoleh kembali apa yang diperlukan.

Sebelum kamu mempelajari ruang lingkup administrasi, ada baiknya untuk kamu memahami terlebih dahulu tentang administrasi secara keseluruhan.

Nah, artikel ini akan membahas mengenai ruang lingkup dalam administrasi. Simak penjelasannya berikut ini, ya.

Ruang Lingkup Administrasi

Tugas seorang pegawai yang bekerja di bagian administrasi adalah melayani, mengarahkan, serta mengatur segala aktivitas yang berkaitan dengan organisasi sehingga bisa mencapai tujuan perusahaan secara lebih efektif dan juga tertib.

Kegiatan ini disebut dengan ruang lingkup administrasi yang meliputi:

1. Kegiatan pengumpulan

Kegiatan pengumpulan merupakan karyawan mencari serta mengumpulkan data, informasi secara detail, kemudian menyimpannya supaya bisa digunakan pada lain waktu ketika data tersebut dibutuhkan.

2. Kegiatan pencatatan

Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan setelah berhasil mengumpulkan data, kemudian karyawan mencatat, lalu disimpannya dengan baik, dan mengirimkannya ke bagian lain untuk bisa segera diproses saat diperlukan.

3. Kegiatan administrasi

Kegiatan administrasi, di mana karyawannya melakukan analisis pada data administrasi yang sudah ada, guna memperoleh hasil atau kesimpulan dari data yang sudah diperolehnya itu.

4. Kegiatan penyimpanan

Karyawan melindungi data yang sudah didapatkannya dengan cara menyimpannya pada dokumen ataupun arsip, sehingga suatu saat bisa dengan mudah ditemukan kembali datanya saat ada yang membutuhkan.

5. Pengiriman aktivitas

Pengiriman aktivitas merupakan kegiatan di mana karyawan mengirimkan data atau file dari pemangku kepentingan internal dalam suatu perusahaan atau organisasi. Atau bisa juga pemangku kepentingan eksternal di luar organisasi atau perusahaan ke departemen lainnya.

Prinsip Ruang Lingkup Administrasi

Prinsip Ruang Lingkup Administrasi Prinsip Ruang Lingkup Administrasi

1. Prinsip perencanaan

Prinsip perencanaan dalam ruang lingkup administrasi adalah seluruh pekerjaan kantor harus direncanakan lebih dulu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya, semua surat yang dikirimkan atau diarsipkan haruslah jelas tujuan serta manfaatnya. Kalau tidak, berarti tidak diperlukan kegiatan surat-menyurat ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Perencanaan juga berarti bahwa di setiap prosesnya harus dijadwalkan dan ditentukan sebelumnya dan tak boleh dilakukan sendiri-sendiri. Supaya rencananya berjalan lancar, cara yang terbaik adalah dengan menetapkan pedoman tertentu di setiap jenis pekerjaan.

2. Prinsip penyederhanaan

Prinsip penyederhanaan pada ruang lingkup administrasi adalah kamu harus berusaha untuk melakukan semua pekerjaan kantor dengan cara yang paling mudah dan juga sederhana.

Kalau alternatif yang lebih sederhana sudah bisa ditemukan, maka prosedur yang rumit perlu dihindari. Penyederhanaan ini juga berarti menghindari duplikasi dokumen secara berlebihan dan sebisa mungkin juga menghindari berbagai tugas yang saling tumpang tindih.

3. Prinsip menabung

Maksud dari prinsip menabung para ruang lingkup administrasi adalah semua yang berkaitan dengan pekerjaan kantor harus dilakukan dengan cara yang hemat. Maksudnya adalah cara yang paling mudah (hemat pikiran), cara paling ringan (hemat tenaga), paling baru (hemat waktu), paling cepat (hemat waktu), dan yang paling murah (hemat biaya).

4. Prinsip eliminasi

Maksud dari prinsip ini adalah semua jenis pekerjaan yang tak relevan atau tidak perlu harus dilakukan.

Misalnya, kalau dua orang ditugaskan untuk memelihara pencatatan dan jumlah file yang tidak terlalu banyak, maka bisa dikelola oleh satu orang saja. Maka, orang tersebut harus dieliminasi atau diberikan tugas yang lainnya yang lebih diperlukan oleh perusahaan.

5. Prinsip merger

Maksudnya adalah bahwa semua pekerjaan yang serupa atau memiliki kaitan yang erat harus digabungkan. Misalnya, pekerjaan dalam menagih utang piutang serta mengirim surat dilakukan oleh petugas, atau untuk melakukan cetak dokumen dari lima komputer, cukup dengan satu printer saja.

Ruang lingkup administrasi adalah berupa kegiatan pengumpulan, pencatatan, penyimpanan, serta pengiriman. Seluruh ruang lingkup tersebut dilakukan supaya perusahaan bisa memperoleh laba yang maksimal, sehingga bisa terus berkembang untuk mencapai tujuan.

Untuk itu, seorang administrator harus mampu melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin. Kamu juga bisa membaca buku yang mengulas segala hal tentang administrasi, seperti buku Ilmu Administrasi dan Organisasi. Buku ini mengulas tentang patologi serta terapinya di dalam suatu ilmu administrasi dan organisasi.

Buku ini sangat berguna untuk kamu mendalami wawasan keilmuan serta profesi administrasi yang ingin kamu geluti.

Buku ini bisa langsung kamu dapatkan di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com