Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan

Kompas.com - 12/11/2021, 09:00 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
Kepuasan Pelanggan, Konsep, Pengukuran, Dan…
Pengarang: Fandy Tjiptono, PH.D. Dan…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dalam dunia bisnis, loyalitas pelanggan amat dibutuhkan untuk membuat bisnis itu terus maju dan berkembang.

Kesetiaan pelanggan dalam menggunakan, membeli, dan memakai produk atau jasa yang kita berikan dapat menjadi penilaian untuk mengukur pola serta karakteristik pelanggan.

Contohnya saat pelanggan secara berulang dan teratur membeli produk yang kita jual, merupakan salah satu indikator dari loyalitas mereka.

Tentunya ada faktor-faktor tertentu yang membuat pelanggan mau dan setia membeli produk yang kita pasarkan.

Faktor yang Membuat Pelanggan Setia Membeli Produk yang Kita Pasarkan

  1. Kepuasan terhadap pelayanan atau produk yang kita berikan menjadi salah satu sebab mengapa pelanggan tetap setia untuk membeli produk kita.
  2. Kepercayaan pelanggan terhadap kualitas, pelayanan, dan nama dari produk yang kita jual harus tetap dijaga dengan memberikan yang terbaik dan berkualitas.
  3. Kemudahan saat mengakses hingga menggunakan produk yang kita jual harus diperhatikan agar pelanggan bisa tetap loyal.
  4. Sebuah produk yang bisa memunculkan emosi atau perasaan pada pelanggan biasanya mampu membuat mereka setia untuk terus membeli produk tersebut.

Faktor-faktor yang dijelaskan di atas adalah beberapa alasan mengapa pelanggan dapat loyal terhadap suatu produk.

Namun, bagaimana cara untuk mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan agar tidak pindah ke produk lain?

Berikut lima cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan.

5 Cara Jitu Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan

1. Memberi Bonus atau Reward

Pelanggan yang setia atau loyal harus kita beri perhatian secara khusus, agar mereka merasa spesial saat membeli produk yang ditawarkan.

Perhatian ini bisa berupa hadiah atau reward yang akan mereka dapatkan jika sudah membeli produk secara berkala dengan ketentuan tertentu.

Bonus atau reward ini akan semakin menambah kepuasan dari pelanggan akan pelayanan dan produk yang mereka beli, sehingga loyalitas mereka akan semakin kuat.

2. Melayani Pelanggan dengan Ramah dan Sepenuh Hati

Pelayanan yang memuaskan menjadi kunci utama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, karena biasanya pelanggan tidak hanya membeli produk, tapi juga merasakan pengalaman membeli itu sendiri.

Jika pelayanan yang kita berikan mampu membuat pelanggan nyaman dan merasa diperhatikan, tidak perlu diragukan lagi jika pelanggan tersebut akan terus datang untuk membeli produk yang kita jual.

Bersikap ramah terhadap pelanggan juga menjadi poin penting lainnya agar membuat pelanggan tidak sungkan untuk bertanya akan produk yang kita tawarkan, sehingga informasi produk tersebut dapat diketahui oleh pelanggan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Transparan terhadap Pelanggan

Jangan pernah mencoba untuk menutupi apapun terkait produk atau layanan yang kita tawarkan pada pelanggan.

Jujur dan beri informasi sedetail mungkin pada pelanggan tentang produk atau layanan yang kita jual, agar pelanggan mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk atau layanan tersebut.

Dengan transparansi seperti ini, pelanggan akan menilai sikap kita yang terbuka dan jujur, sehingga membuat mereka merasa aman dan nyaman untuk terus membeli produk dan menggunakan layanan yang kita tawarkan.

4. Luangkan Waktu untuk Melayani Pelanggan

Selalu berikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan kapan pun itu, tidak hanya saat membeli, tapi juga saat mereka melakukan komplain, kita harus siap siaga memberikan perhatian.

Kepedulian kita terhadap komplain yang mereka lakukan dapat memberi nilai tambah di mata pelanggan, sehingga mereka akan tetap loyal meskipun pernah dikecewakan. Baca selengkapnya terkait customer satisfaction.

Namun patut diingat, saat menanggapi keluhan pelanggan, berikan perhatian sepenuh hati, sehingga dapat mengurangi kekecewaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kita berikan.

5. Menawarkan Apa yang Dibutuhkan Pelanggan

Jangan mencoba menawarkan sesuatu di luar konteks kebutuhan kepada pelanggan, karena nanti kita akan dianggap memaksa dan memanipulasi mereka untuk membeli sesuatu yang tidak mereka butuhkan.

Alangkah lebih baik jika kita fokus terhadap kebutuhan apa yang diinginkan pelanggan, alih-alih menawarkan produk lain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Memberikan masukan dan pilihan pada apa yang dibutuhkan pelanggan akan menambah kesan positif terhadap pelayanan serta kualitas produk yang kita tawarkan.

Menjaga dan meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai penjual produk dan layanan.

Tanpa loyalitas pelanggan, usaha yang kita bangun akan mudah goyah atau bahkan kandas di tengah persaingan.

Jika dirasa masih perlu informasi mengenai meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan, kamu dapat mencoba membaca buku Kepuasan Pelanggan, Konsep, Pengukuran, dan Strategi karya Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana.

Buku ini membahas secara lengkap tentang cara memuaskan pelanggan, mulai dari perilaku konsumen, cara konsumen memutuskan, manfaat kepuasan pelanggan, hingga strategi kepuasan pelanggan.

Semua seluk beluk tentang konsumen di bahas detail dan terperinci dengan gaya bahasa yang cocok untuk mahasiswa, akademisi, serta praktisi yang tertarik pada dunia konsumen.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com