Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mahir Mengelola Finansial? Mulailah dengan Cara Menghemat Uang Berikut Ini!

Kompas.com - 03/11/2021, 14:18 WIB
Sumber gambar : pexels.com
Rujukan artikel ini:
Kenapa Sih Kita Harus Nabung?…
Pengarang: Hasna Wijayati
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pernahkah Anda merasa kesulitan dalam menemukan cara untuk menghemat uang?

Tujuan Anda sudah baik dan mencoba bijak dalam membelanjakan uang, tetapi kadang selalu saja muncul kebutuhan mendesak yang mungkin saja tak terduga.

Misalnya seperti mobil Anda membutuhkan ban baru, atap rumah Anda bocor dan perlu direnovasi, sehingga Anda merasa tak punya pilihan selain menempatkan menabung di posisi terakhir pengelolaan dan manajemen keuangan Anda.

Konsep yang tepat sebenarnya adalah bahwa Anda tidak perlu menunggu waktu yang tepat dahulu sebelum mulai menabung.

Jika Anda menunggu "waktu yang tepat" untuk menabung, hal itu tidak akan pernah muncul.

Waktu terbaik untuk mulai menabung adalah sekarang, mulai saat ini juga berapapun penghasilan Anda.

Kabar baiknya ada banyak cara mudah untuk menghemat uang dan mengatur keuangan Anda, simak cara menghemat uang yang bisa Anda terapkan berikut ini.


Baca Juga : Model Rambut Pria


Cara Menghemat Uang

1. Catat Pengeluaran Anda

Langkah pertama untuk mulai menabung dan berhemat adalah mencari tahu berapa banyak yang Anda belanjakan.

Catat semua pengeluaran Anda mulai dari kebutuhan utama sampai kebutuhan hiburan, misalnya kebutuhan barang rumah tangga, sampai berapa uang yang Anda habiskan untuk membeli kopi.

Setelah Anda memiliki data, atur angka-angka tersebut berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan, dan jumlahkan keseluruhan.

2. Anggaran untuk Tabungan

JIka Anda sudah disiplin dalam mencatat dan mendata semua pengeluaran selama sebulan terakhir, Anda bisa mulai mengatur biaya yang Anda keluarkan perbulannya dengan menetapkan batas anggaran yang pasti dan konstan.

Anggaran Anda harus menguraikan bagaimana pengeluaran Anda diukur dengan pendapatan Anda, sehingga Anda dapat merencanakan pengeluaran Anda dan membatasi pengeluaran yang berlebihan.

Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran yang secara teratur dan mulai menabung 10-15 persen dari total pendapatan Anda.

3. Temukan Cara untuk Berhemat dengan Memotong Pengeluaran Anda

Jika pengeluaran Anda sangat tinggi sehingga tidak dapat menabung sebanyak yang Anda inginkan, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi pengeluaran Anda.

Identifikasi hal-hal yang tidak penting yang dapat Anda potong pengeluarannya, seperti hiburan dan makan di luar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Tetapkan Tujuan Tabungan

Dengan menetapkan tujuan tabungan keuangan, Anda sudah selangkah lebih maju untuk menempuh langkah terbaik dalam menghemat uang.

Mulailah dengan memikirkan untuk tujuan apa Anda berhemat, seperti mungkin Anda akan menikah, merencanakan liburan, atau menabung untuk masa pensiun.

Setelah itu, Anda perlu mengulik berapa banyak uang yang Anda butuhkan, lalu berapa lama periode waktu yang Anda rencanakan demi memenuhi target jumlah angka tabungan Anda.

5. Tentukan Prioritas Anda

Setelah menetapkan pengeluaran dan pendapatan Anda, tujuan Anda cenderung memiliki dampak terbesar pada bagaimana Anda mengalokasikan tabungan Anda.

Anda perlu membuat prioritas misalnya dengan memastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang seperti perencanaan pensiun.

Anda juga perlu menambah wawasan tentang cara memprioritaskan tujuan keuangan Anda, maka dengan begitu Anda mempunyai gambaran jelas mengenai langkah awal seperti apa untuk mulai membiasakan diri untuk menabung.


Baca Juga : Rukun Iman


Nah, selain cara-cara menghemat uang di atas, untuk menambah keilmuan dan keterampilan Anda dalam mengelola keuangan, buku “Kenapa Sih Kita Harus Nabung?: 50 Cara Menabung yang Benar” karya Hasna Wijayati dapat menjadi pilihan bahan bacaan.

Buku ini mendobrak pola pikir kalau menabung adalah hal yang rumit dan menyusahkan.

Pemaparannya akan memberikan Anda pencerahan bahwa sebenarnya menabung mampu mengantarkan Anda pada gerbang kenikmatan hidup di masa depan yang mungkin saja akan mengejutkan Anda.

Buku ini memberikan cara menabung yang efektif, sehingga tidak harus dilakukan dengan cara-cara klasik yang membosankan dan memberatkan.

Selain itu, buku “Make It Happen, Now!” bisa untuk membantu Anda dalam mengatur finansial keuangan.

Buku ini menyuguhkan tahapan-tahapan dalam perencanaan keuangan untuk mewujudkan mimpi dengan cara terbaru, kekinian, dan efektif.

Ditulis dengan bahasa yang membumi dan ilustrasi yang menarik, buku ini diperuntukkan terutama untuk kalangan muda yang ingin meraih kehidupan yang sejahtera.

Di samping itu juga, buku ini menyampaikan berbagai pengalaman inspiratif terkait perencanaan keuangan dari berbagai generasi.

Kedua buku tersebut cocok bagi Anda yang ingin memulai membereskan tata kelola keuangan pribadi Anda. Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com