8 Tips Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Mati Gaya Ketika di Rumah Saja

Kompas.com - 02/12/2021, 19:46 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)
Pengarang: Murata Sayaka
Penulis Lika Purnama
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pandemi Covid 19 telah membatasi aktivitas kita nyaris 2 tahun lamanya.

Selama itulah kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah demi mencegah berkembangnya virus Covid yang kian merajalela.

Aktivitas pekerjaan hingga kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah, sehingga semua kegiatan dilakukan secara daring.

Membosankan memang, tak sedikit orang yang mengalami kelelahan mental karena pembatasan aktivitas, perubahan kebiasaan, keterbatasan hubungan sosial hingga menurunnya penghasilan.

Meskipun terasa sulit, namun bukan tak mungkin untuk kembali untuk "recharge" semangat yang telah pudar. Ada baiknya kita melakukan kegiatan yang membuat kita lebih produktif.

Ternyata hal kecil yang selama ini kita lupakan, bisa membuat kita jadi lebih produktif dan bahagia lho! Apa sajakah itu?

8 Tips Mengisi Waktu Luang Agar Tidak Mati Gaya

1. Mengikuti Kursus Daring atau Webinar

Semenjak pandemi dan kegiatan daring menjadi marak dilakukan, beberapa instansi ternama di dalam maupun luar negeri banyak menyediakan kursus-kursus dan webinar secara gratis.

Tentunya kursus daring dan webinar ini memiliki manfaat menambah pengetahuan dan pengalaman, juga sangat menguntungkan karena selain tidak dipungut biaya, kegiatan ini juga tidak mengharuskan kamu untuk keluar rumah.

Beberapa informasi seputar kegiatan ini biasanya banyak di beredar di media sosial. Sehingga ada baiknya kamu mulai mencari informasi di Instagram, Facebook, atau Twitter.

2. Menata Ulang Perencanaan Keuangan

Memiliki waktu luang yang cukup banyak merupakan kesempatan baik untuk kamu melakukan evaluasi diri.

Salah satu bentuk evaluasi yang dapat dilakukan adalah dengan menata ulang perencanaan keuangan.

Dengan melakukan kegiatan ini, kamu sekaligus bisa melihat apakah perencanaan yang kamu lakukan selama ini berjalan dengan baik atau tidak.

Kamu juga mungkin akan menemukan hal-hal yang dapat diperbaiki atau dikembangkan sesuai dengan kondisi terkini yang kamu alami.

3. Mengatur E-mail

Ketika melakukan pekerjaan atau riset secara daring, seringkali membuat kita harus mendaftarkan e-mail dan melakukan subscribe pada situs tertentu.

Setelah melakukannya, akan ada banyak sekali e-mail promosi yang masuk ke inbox dan memenuhi tempat.

Sayangnya selama sibuk kamu mungkin tak memiliki waktu dan membiarkannya berantakan begitu saja.

Nah, inilah saatnya untuk kamu membuka kembali inbox pada e-mail milikmu, dan mulai memilah mana yang akan masuk ke folder trash.

Selain itu kamu juga bisa memilih berhenti berlangganan pada web tertentu yang sudah tidak digunakan lagi agar meminimalisir banyaknya e-mail promosi yang masuk namun tidak kamu butuhkan.

4. Mengatur Media Sosial atau Profil Profesional di LinkedIn

Media sosial selain dapat menjadi hiburan, juga bisa merepresentasikan bagaimana sosok dirimu dilihat oleh orang lain.

Oleh sebab itu, ketika memiliki waktu luang seperti ini tak ada salahnya untuk menata ulang profil media sosial milikmu agar semakin rapi.

Kamu juga bisa mengunggah beberapa kegiatan atau foto-foto terbaru yang menarik untuk meningkatkan followers.

Selain media sosial, profil profesional seperti LinkedIn juga perlu mendapat perhatian. Pasalnya dari sinilah kamu akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan nantinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sehingga selalu update pengalaman dan kegiatan bermanfaat di LinkedIn akan berguna untuk meningkatkan personal branding menjadi lebih menarik.

5. Bercocok Tanam

Ketika lelah dengan penatnya rutinitas keseharian, mungkin bercocok tanam akan menjadi opsi yang menarik untuk dicoba.

Tidak perlu memakai kebun sungguhan yang besar, kamu cukup memulainya dengan menanam tanaman-tanaman kecil di dalam pot, atau kamu bisa melakukan eksperimen dengan mencoba cara lain seperti teknik hidroponik.

Selain menyenangkan, bercocok tanam juga terbukti dapat meredakan stres dan warna hijau yang dihasilkan dari tamanan-tanaman segar dapat menjadi suntikan energi untukmu setiap harinya.

6. Tidur dan Merawat Diri

Kapan terakhir kali kamu benar-benar merawat dan memperhatikan diri?

Kesibukan yang padat entah sekolah, kuliah, atau bekerja, kadang membuat kita mengesampingkan kegiatan ini.

Nah, inilah saatnya untukmu mengambil jeda beberapa waktu dan mulai untuk memanjakan diri, misalkan dengan melakukan spa, atau dipijat agar tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu sempatkan waktu seharian untuk benar-benar beristirahat dan tidur untuk memulihkan energi setelah melewati berbagai macam kesibukan.

7. Olahraga

Rutinitas harian yang padat kadang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga. Padahal olahraga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan.

Oleh sebab itu dengan luangnya waktu yang kamu miliki sekarang bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga dimulai dari yang ringan.

Kamu dapat melakukan yoga, senam, atau olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah. Inspirasi dan cara-cara melakukannya dapat kamu temui dengan mudah di YouTube.

Dengan melakukan olahraga-olahraga meskipun ringan akan membantu menjaga badan tetap sehat, bugar, memiliki energi tambahan, dan meningkatkan kualitas tidur.

8. Membaca Buku

Kegiatan bermanfaat lainnya untuk mengisi waktu luang adalah dengan membaca buku.

Menghabiskan berjam-jam waktu luang dengan menyelami tulisan-tulisan menarik dalam satu judul akan memberikan banyak manfaat untukmu, seperti menambah pengetahuan dan memetik hikmah dari apa yang kamu pelajari di buku tersebut.

Tak harus buku-buku berat dengan materi yang membuat pusing kepala, kamu bisa memilih buku atau novel-novel ringan sebagai teman mengisi waktu luang.

Sebagai rekomendasi, novel Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) karya Murata Sayaka mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok.

Novel ini hanya setebal 160 halaman, bercerita tentang Keiko, seorang wanita berusia 36 tahun yang telah menghabiskan 18 tahun hidupnya untuk bekerja di sebuah minimarket.

Keiko tidak bodoh, ia hanya seringkali tidak tahu bagaimana cara menjadi manusia seperti yang diharapkan orang lain.

Keiko menyaksikan orang-orang datang dan pergi dari tahun ke tahun, merasa nyaman dengan hal tersebut, namun di sisi lain tekanan banyak berdatangan untuk dirinya agar mulai serius memikirkan pekerjaan lain dan menikah.

Membaca buku ini akan membuatmu prihatin, sedih, namun juga tertawa di saat yang bersamaan.

Untuk mendapatkan novel ini cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu mengunjungi Gramedia.com untuk membeli buku fisiknya secara online. Tetapi jika kamu tipe yang suka membaca e-book, Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) karya Murata Sayaka juga tersedia di Gramedia Digital.

Itulah 8 tips untuk mengisi waktu luang agar tidak mati gaya.

Semoga bermanfaat!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.