Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Hidup Berhemat yang Membantu di Saat Pandemi

Kompas.com - 03/11/2021, 09:05 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya
Pengarang: Prita H. Ghozie
|
Editor Almira Rahma Natasya

Siapa yang menyangka jika dunia akan dilanda pandemi virus Covid-19 yang mampu memporak-porandakan berbagai aspek dalam kehidupan.

Di tengah situasi yang tidak menentu ini, kita harus cermat dalam mengatur pengeluaran secara maksimal.

Perubahan situasi dan kondisi saat ini, mau tidak mau turut serta memengaruhi gaya hidup sehari-hari.

Pilihan yang tepat saat kondisi sedang seperti saat ini adalah merubah gaya hidup menjadi lebih hemat.

Selain dapat meminimalisir pengeluaran bulanan, hidup berhemat pun mampu menambah uang simpanan yang dapat kita pergunakan saat dalam keadaan mendesak.

Selain itu berhemat pun dapat memunculkan perasaan bahagia, karena uang yang kita miliki tidak terbuang dengan sia-sia, tapi digunakan untuk sesuatu yang jelas dan efisien.

Berhemat bisa menjadi jalan pembuka hidup sejahtera di masa tua, karena uang yang terkumpul dapat digunakan untuk tabungan di masa depan.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan saat memilih berhemat, alih-alih mengikuti tren dan tuntutan hidup yang tidak ada habisnya.

Berikut enam cara mudah hidup berhemat yang bisa kamu ikuti dan praktikan.


Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja


6 Cara Mudah Berhemat

1. Utamakan Kebutuhan dan Redam Keinginan

Seringkali kita menghambur-hamburkan uang untuk keinginan yang belum jelas manfaatnya, sehingga saat membutuhkan dana darurat, kita tidak memiliki uang simpanan lagi.

Prioritaskan kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi, contohnya seperti kebutuhan pokok, bayar tagihan, hingga biaya pendidikan.

Jika memang ingin membeli sesuatu yang kita inginkan, dapat direalisasikan dengan sisa dana setelah memenuhi kebutuhan. Tapi, jangan lupa juga untuk tetap menabung agar di saat yang diperlukan, kita masih memiliki dana simpanan.

Selain itu akan lebih efektif dan efisien jika kita sudah membuat pos-pos khusus untuk membagikan pendapatan kita ke dalam pos yang lebih utama dan prioritas, sehingga dana yang kita miliki dapat terpakai dengan lebih maksimal.

2. Terapkan Gaya Hidup Minimalis dan Ramah Lingkungan

Memilih gaya hidup minimalis nyatanya dapat menghemat pengeluaran kita sehari-hari, karena memang tidak banyak yang kita perlukan jika memilih gaya hidup ini.

Hidup minimalis akan membiasakan kita untuk membeli sesuatu sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada barang atau makanan yang terbuang sia-sia.

Selain itu hidup ramah lingkungan juga membantu menghemat pengeluaran, misalnya alih-alih menggunakan kendaraan, kita dapat memilih berjalan kaki atau memakai sepeda untuk kebutuhan transportasi sehari-hari.

Manfaat yang diperoleh bukan hanya dari segi finansial, tapi tubuh pun menjadi lebih sehat dan kita membantu mengurangi polusi udara yang mencemari lingkungan.

3. Hilangkan Kebiasaan Lama yang Menguras Kocek

Sadar atau tidak, sebenarnya banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang ternyata membuat kita menjadi boros.

Salah satunya adalah gaya hidup yang kerap menuntut kita untuk membeli ini dan itu, seperti membeli kopi di kafe, berlanggan platform streaming, hingga menonton bioskop.

Memang ada benarnya hal-hal tersebut dapat membantu meningkatkan mood kita sehari-hari, tapi ada baiknya juga untuk tidak setiap hari mengeluarkan dana untuk menikmatinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Atur pengeluaran untuk hal-hal tersebut hanya jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi.

Tapi harus diingat, jangan mengeluarkan dana yang berlebihan juga untuk keperluan ini, jika memang manfaatnya tidak terlalu signifikan.

4. Masak Sendiri Ketimbang Jajan di Luar

Mengolah makanan yang akan kita makan menjadi kunci utama lainnya untuk berhemat, karena kita dapat tahu dengan pasti kualitas dan kuantitas makanan yang kita olah.

Memasak dapat meminimalisir membeli makanan di restoran yang harganya jauh lebih tinggi ketimbang masak sendiri.

Selain lebih hemat, memasak sendiri juga bisa membuat badan menjadi lebih sehat, karena kita tahu kandungan apa saja yang ada dalam masakan yang kita buat.

Bahan-bahan yang diolah pun bisa dibeli dengan budget yang sesuai dengan kemampuan kita, sehingga tidak mengeluarkan uang dengan percuma.

5. Mencari Diskon atau Potongan Harga

Tips menghemat yang selanjutnya adalah usahakan untuk mencari diskon atau promo saat akan membeli kebutuhan sehari-hari.

Potongan harga yang diberikan akan sangat membantu mengurangi pengeluaran kita sehari-hari dan biasanya promo yang diberikan juga dapat menguntungkan kita.

Sudah banyak tempat seperti supermarket, minimarket, hingga e-commerce yang menawarkan berbagai promo menguntungkan, baik berbentuk diskon, bonus, ataupun cashback.

Pintar dan cermat mencari informasi tentang promo-promo yang ada bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghemat pengeluaran.

Kamu bisa mencari informasi baik di aplikasi, media sosial, hingga grup khusus untuk informasi semacam ini.

6. Hindari Pemakaian Kartu Kredit yang Berlebihan

Penggunaan kartu kredit mungkin bisa dibilang dapat memudahkan urusan transaksi finansial, tapi dampaknya akan berbahaya jika tidak dibarengi dengan kebijaksanaan dan kontrol diri.

Kita kerap lupa dan kebablasan saat berbelanja menggunakan kartu kredit, sehingga saat akhir bulan jumlah pengeluaran akan membengkak.

Cara paling ampuh selama berbelanja adalah buat daftar belanjaan apa saja yang akan dibeli dan bawa uang tunai maupun digital sesuai dengan daftar tersebut. Hindari godaan untuk membeli hal lain di luar daftar belanjaan.

Mungkin kartu kredit akan lebih berguna saat digunakan untuk keadaan mendesak, seperti urusan kesehatan, alih-alih untuk berbelanja keperluan sehari-hari.


Baca Juga: Rukun Iman


Jika kamu masih merasa bingung atau kurang yakin dengan cara-cara di atas, ada alternatif lain yang bisa kamu pelajari melalui buku Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya yang ditulis oleh Prita H. Ghozie.

Buku ini ditujukan untuk kaum perempuan yang ingin merasakan bebas finansial di masa depan dengan cara-cara hidup hemat yang praktis dan mudah dipraktikkan.

Penuturan yang ditulis di sini menegaskan jika hidup hemat itu tidak sama dengan pelit, tetapi lebih kepada kemampuan dalam mengatur uang agar dapat sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai.

Tidak hanya itu, buku ini juga menjelaskan tentang jenis-jenis investasi, jenis hutang, hingga cara hitungannya, dibahas secara lengkap.

Untuk kamu yang ingin belajar dan membaca buku ini, bisa langsung membelinya di Gramedia.com.

Jangan lupa berhemat agar mendapatkan masa depan yang lebih cerah!

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.