Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas dan Kegiatan Karang Taruna yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 20/06/2022, 14:57 WIB
Rujukan artikel ini:
Organisasi : Struktur, Perilaku, Proses…
Pengarang: Kaswan
|
Editor Rahmad

Ketika kita sudah memasuki usia remaja, bagi sebagian orang akan masuk ke dalam suatu organisasi. Salah satu organisasi untuk para pemuda yang dekat dengan lingkungan tempat tinggal adalah karang taruna. Organisasi ini mayoritas berisi individu-individu yang usianya masih muda. Meskipun begitu, terkadang ada beberapa anggota yang usianya tidak terbilang mudah dan biasanya membimbing para anggota karang taruna yang baru masuk.

Pada saat sudah masuk ke dalam organisasi karang taruna, akan ada banyak sekali kegiatannya terutama kegiatan untuk membangun semangat para pemuda di lingkungan tersebut. Biasanya kegiatan yang sering dilakukan selalu identik dengan hari-hari besar, seperti 17 Agustus atau hari kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari acara lomba hingga acara puncak perayaan sekaligus penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba.

Sebelum terbentuknya acara atau kegiatan yang dibuat oleh para anggota karang taruna, biasanya akan diadakan musyawarah terlebih dahulu. Dalam musyawarah itu, setiap anggota dapat memberikan pendapat atau aspirasinya demi menyukseskan kegiatan 17 Agustus. Musyawarah itu sendiri merupakan salah kegiatan yang mencerminkan demokrasi.

Ingin tahu lebih dalam tentang apa itu karang taruna beserta kegiatan dan tugasnya?

Pengertian Karang Taruna

Karang taruna adalah suatu organisasi yang berada di lingkungan masyarakat yang umumnya diisi oleh para pemuda sekaligus sebagai sarana untuk mengembangkan hal-hal yang potensial dari wilayah tersebut. Hal ini senada dengan pengertian karang taruna berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu tempat kegiatan (berhimpun dan sebagainya) para pemuda (remaja).

Karang taruna ini biasanya sudah ada pada tingkat kelurahan atau desa dan umumnya bergerak dalam bidang kesejahteraan sosial. Maka dari itu, organisasi karang taruna ini sering sekali melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat warga-warga sekitar ikut senang dalam melakukannya.

Dengan adanya karang taruna, maka warga-warga di sekitar wilayah tersebut tidak perlu repot apabila ingin melakukan kegiatan yang cukup besar. Jadi, jangan pernah ragu untuk masuk dan menjadi anggota karang taruna karena di sana nanti kamu akan menemukan banyak teman dan menemukan banyak keseruan lainnya.

Syarat Menjadi Anggota Karang Taruna

Pada dasarnya, untuk menjadi anggota karang taruna antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya tidak selalu sama. Namun, ada beberapa syarat umum untuk menjadi anggota karang taruna, yaitu:

  1. Harus berusia minimal 13 tahun dan maksimal 45 tahun

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  1. Menjadi warga di desa atau kelurahan di tempat tinggal

  1. Tidak membeda-bedakan jenis kelamin, suku, agama, dan ras

  1. Harus aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna

Tugas Karang Taruna

Tugas dari karang taruna bisa dibilang hampir sama dari fungsi karang taruna itu sendiri. Berikut ini beberapa tugas utama dari karang taruna.

  1. Membantu meningkatkan usaha ekonomi bagi masyarakat sekitar yang biasanya dapat dilakukan dengan cara menyelenggarakan bazar di waktu-waktu tertentu dan dilaksanakan di lingkungan sekitar karang taruna.

  1. Ikut serta dalam memelihara dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta kesadaran bagi setiap masyarakat khususnya para pemuda.

  1. Berperan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bagi warga-warga di sekitar organisasi karang taruna sekaligus menumbuhkan semangat kebangsaan.

  1. Menjaga tradisi, kebudayaan atau kearifan lokal di wilayah organisasi itu berdiri.

  1. Ikut serta dalam penyelenggaraan sosial yang didalamnya terdiri dari, jaminan sosial, rehabilitasi, dan perlindungan sosial.

Kegiatan Karang Taruna

Kegiatan yang dilakukan antara karang taruna yang satu dengan lainnya tak selalu sama. Meskipun begitu, ada beberapa kegiatan umum yang sering dilakukan oleh organisasi karang taruna, sebagai berikut.

  1. Melaksanakan kegiatan perayaan 17 Agusutus dengan membuat lomba tingkat RW atau RT
  2. Melakukan pelatihan yang berkaitan dengan keorganisasian
  3. Memperingati dan membuat acara pada hari-hari besar keagamaan

Mengikuti kegiatan karang taruna memang tidak selalu menyenangkan, terkadang ada masa-masa susah saat menjadi anggota. Meskipun begitu, berkat kebersamaan setiap anggotanya, maka suatu perencanaan kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih terencana.

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara terencana akan menghasilkan kegiatan yang menarik dan disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, anggota karang taruna sering mengadakan musyawarah ketika ingin menyelenggarakan kegiatan. Dengan kata lain, solusi untuk memecahkan masalah akan lebih mudah ditemukan.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku yang ada di Gramedia dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com