Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sih Pentingnya Public Speaking? Simak Alasannya Berikut Ini!

Kompas.com - 15/05/2022, 19:00 WIB
Pentingnya Public Speaking Sumber Gambar: Freepik.com Pentingnya Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Cara-Cara Berbicara Di Depan Umum,…
Pengarang: Asti Musman
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi sebagian orang, berbicara di depan khalayak umum mampu memunculkan rasa takut dan tegang.

Namun, tak dapat dipungkiri jika kemampuan public speaking ialah skill dasar yang harus dimiliki dan dikuasai jika ingin melancarkan kesuksesan dalam hidup.

Faktanya, untuk menguasai keahlian berbicara di depan umum ini tidaklah mudah.

Biasanya, ada perasaan gugup dan takut akan persepsi orang-orang akan apa yang kita sampaikan saat melakukan public speaking.

Meskipun rasanya sangat sulit untuk meredam rasa gugup dan takut ketika akan berbicara di depan banyak orang, hal ini mutlak harus dilakukan jika kamu ingin menguasai kemampuan public speaking, yang dijamin akan memudahkan segala urusan kehidupan.

Tidak hanya itu, kemampuan public speaking pun memiliki berbagai peranan penting dalam kehidupan, khususnya untuk diri sendiri agar bisa lebih meningkatkan soft skill dalam meraih kualitas hidup yang jauh lebih baik.

Banyak sekali momen dalam hidup kita yang membutuhkan kemampuan untuk dapat berbicara di depan umum, seperti pidato kelulusan, presentasi pekerjaan, hingga menyampaikan ide saat diskusi dalam kelompok, semua kegiatan tersebut memerlukan skill public speaking yang mumpuni.

Namun, alasan penting apa saja yang mendasari kita untuk mampu menguasai skill public speaking? Berikut alasan pentingnya mempelajari dan menguasai kemampuan public speaking.

Alasan Pentingnya Skill Public Speaking

1. Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berbicara di depan umum ternyata bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan berani berbicara di depan banyak orang secara otomatis perasaan minder atau rendah diri yang ada ikut terkikis secara perlahan-lahan.

Apalagi jika kita terus mengasah kemampuan berbicara di depan umum, niscaya rasa percaya diri yang kita miliki juga akan meningkat menjadi jauh lebih berani dalam mengutarakan pendapat dan perbedaan kepada banyak orang.

2. Mempermudah dalam Membangun Relasi dan Koneksi

Skill public speaking nyatanya membawa segudang manfaat yang akan sangat berguna bagi kehidupan, salah satunya ialah mempermudah dalam membangun relasi dan koneksi.

Rasa percaya diri yang tinggi akibat kemampuan public speaking akan mempermudah kamu dalam mengajak orang-orang baru untuk berkenalan serta berdiskusi.

Mudahnya dalam menjalin relasi dengan orang-orang baru ini akan menjaring banyak koneksi baru yang bisa memudahkan kamu dalam berbagai hal yang berhubungan dengan karir dan kehidupan.

3. Memiliki Wawasan yang Luas dan Berpikiran Kritis

Jika kamu mampu menguasai skill public speaking, secara otomatis kamu juga akan mendapatkan banyak insight baru dari berbagai kalangan atau komunitas, yang semakin menambah wawasan dan mengasah kemampuan berpikir kritis.

Wawasan yang luas ini juga akan memudahkan kamu dalam menerima perbedaan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, wawasan yang bertambah banyak juga membuat diri kamu haus akan ilmu baru, karena sudah terbiasa terpapar diskusi bermakna yang kerap diperoleh saat melakukan public speaking.

Maka tidak heran jika kemampuan berbicara di depan umum membuat kamu jauh lebih cerdas.

4. Membangun Skill Leadership

Skill public speaking pun bisa menjadi perantara bagi kamu untuk mewakili suara atau aspirasi dari rekan-rekan yang tidak mampu atau kurang berani mengutarakannya, sehingga secara tidak langsung, selain membantu menyampaikan ide atau pesan dari orang lain, kemampuan kepemimpinan kamu pun ikut terbangun.

Kemampuan kamu untuk berbicara di depan umum bisa menjadi modal untuk meyakinkan rekan-rekan kamu, agar mampu percaya terhadap kemampuan kamu dalam mengorganisir mereka, untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa merangkul semua orang.

5. Membantu Meningkatkan Jenjang Karier

Tidak bisa dipungkiri, kemampuan berbicara di depan umum pun akan menjadi modal utama yang kuat untuk karier kamu ke depannya, entah apa pun itu pekerjaannya.

Dengan skill public speaking, kamu akan dengan mudah meraih perhatian banyak orang yang tertarik dengan karisma yang kamu keluarkan.

Akan ada banyak momen dalam setiap pekerjaan yang membutuhkan skill public speaking di dalamnya, seperti meeting, presentasi, hingga seminar, yang semuanya membutuhkan keahlian berbicara di depan khalayak umum.

Bagaimana? Apakah kamu masih ragu untuk mengasah kemampuan public speaking yang kamu miliki?

Jika kamu sudah merasa yakin dan mau meningkatkan kemampuan dalam berbicara di depan umum, buku yang satu ini akan menjadi alat bantu yang sangat cocok.

Buku Cara-cara Berbicara di Depan Umum, Menguasai Panggung dan Berpidato dalam Segala Situasi yang ditulis oleh Asti Musman akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan skill public speaking menjadi jauh lebih rileks dan percaya diri lagi.

Tak bisa dipungkiri jika berbicara di depan banyak orang akan memunculkan perasaan gugup serta nervous, dan buku ini akan membantu kamu untuk menyiasati itu semua melalui cara-cara yang mudah untuk dilakukan ketika melalui public speaking.

Lebih tepatnya, buku ini akan memberikan ilmu berupa menghilangkan rasa gugup, persiapan sebelum berpidato, berbahasa yang baik dan benar, persiapan sebelum public speaking, hingga membedakan tingkat formalitas pada acara di mana tempat kita berbicara.

Jika kamu sudah tidak sabar untuk mempelajari ilmu yang ada di dalam buku ini, langsungnya saja beli dan pesan bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com