Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Daya Ikan Paling Menguntungkan yang Bisa Dijadikan sebagai Peluang Usaha

Kompas.com - 02/05/2022, 12:00 WIB
Ikan paling menguntungkan Sumber Gambar: Canva Ikan paling menguntungkan
Rujukan artikel ini:
Budidaya Ikan Tawar
Pengarang: Adi Asmara dan Igo
Penulis Renny Novita
|
Editor Ratih Widiastuty

Salah satu dampak positif dari pandemi adalah banyak orang yang menggeluti kembali hobi yang mungkin sempat ditinggalkan karena kesibukan, atau mungkin juga melihatnya sebagai sebuah peluang usaha, seperti misalnya budi daya ikan.

Budi daya ikan ternyata tidak memerlukan tempat dan biaya yang besar, kita bisa memulainya di pekarangan rumah.

Namun, yang terpenting adalah kita mempunyai pengetahuan yang cukup untuk melakukan teknik pemeliharaan budi daya ikan dan mengenal sifat biologis ikan, seperti kebiasaan makan dan berkembang biak.

Beberapa macam budi daya ikan paling menguntungkan di antaranya adalah:

  1. Ikan Mas
  2. Ikan Gurame
  3. Ikan Lele
  4. Ikan Mujair
  5. Ikan Gabus
  6. Ikan Nila
  7. Ikan Bandeng
  8. Ikan Kakap

Mari kita bahas seputar praktik budi daya ikan berdasarkan buku budi daya ikan tawar yang bisa kamu beli di Gramedia.com.

Mengapa Memilih Budi Daya Ikan Air Tawar?

Budi daya ikan tawar mendominasi pangsa pasar dan menyumbang sekitar 80% dari total produksi dan memiliki kenaikan permintaan dari kebutuhan rata-rata yang ada pada saat ini.

Banyaknya peminat ini menyebabkan permintaan ikan air tawar seperti Ikan Mas dan Ikan Gurame menjadi tinggi, sehingga berimbas kepada tingginya harga ikan ini.

Dengan melihat kondisi seperti itu, kita bisa melihat potensi yang besar bagi para petani untuk menjadi petani profesional dalam pemeliharaan ikan air tawar.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Budi Daya Ikan Air Tawar

Menurut salah satu jurnal ilmiah Universitas Gajah Mada mengenai sistem pendukung keputusan untuk memilih budi daya ikan air tawar, di dalamnya disebutkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan budidaya ikan air tawar, yaitu parameter kondisi air tempat budi daya dan faktor analisis finansial.

Sebelum memulai budi daya, petani harus mengukur kondisi air tempat budi daya, karena faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang paling menonjol dalam budi daya ikan.

Kondisi air ini bisa diukur melalui parameter fisik dan kimia, di antaranya suhu, pH air, kecerahan air, dan lain-lain.

Faktor kedua yang berperan penting dalam pengambilan keputusan adalah faktor analisis finansial, yang merupakan data biaya yang dikeluarkan dan penerimaan dalam melakukan usaha.

Analisis finansial dibutuhkan untuk mengetahui berapa lama pengembalian modal, dan apakah usaha masih tetap aman dilakukan jika tidak menguntungkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Budi Daya Ikan Mas

Menurut buku Budidaya Ikan Tawar, ada beberapa jenis Ikan Mas untuk konsumsi, seperti misalnya Ikan Mas Punten, Ikan Mas Majalaya, Ikan Mas Merah, Ikan Mas si Nyonya, Ikan Mas Taiwan, dan Ikan Mas Kaca.

Sementara Ikan Mas jenis hias diantaranya Ikan Mas Koi, Ikan Mas Kumpay, dan Ikan Mas Kancra Domas.

Hal pertama yang harus kita persiapkan dalam budi daya Ikan Mas tentunya adalah pemilihan induk yang unggul, sehingga dapat menghasilkan kualitas ikan yang baik pula.

Induk yang dipersiapkan adalah induk betina dan induk jantan, yang kemudian dipisahkan ke dalam kolam pemeliharaan induk agar tidak memijah (kawin) sembarangan sehingga menghasilkan benih yang sedikit dan tidak bermutu.

Induk ikan yang kawin dengan kerabat dekatnya akan menghasilkan keturunan yang buruk, baik dari segi kualitas benih juga ketahanannya terhadap penyakit.

Setelah itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan pakan.

Ikan yang akan melakukan pemijahan dipisahkan dahulu sekitar 2-3 hari pada kolam pemberokan tanpa makanan.

Setelah itu, kita bisa memilih teknik pembenihan yang terbagi menjadi cara tradisional dan ada juga secara hyphofisasi atau kawin suntik.

Setelah proses pemijahan selesai, tujuh hari kemudian telur-telur ikan yang menempel pada hafa menjadi benih-benih ikan yang siap didederkan pada kolam pendederan, baru kemudian ikan siap dibesarkan di kolam bendung dan kolam galian.

Hal yang tidak kalah penting lainnya yang dibahas dalam buku Budidaya Ikan Tawar adalah pemeliharaan terhadap hama dan penyakit ikan yang dapat menyerang benih juga ikan dewasa, bahkan dapat menyerang satu kolam.

Untuk pembahasan lebih dalam, kalian bisa dapatkan buku Budidaya Ikan Tawar di Gramedia.com dan membacanya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com