Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Bisnis Pepaya California, Budidaya Buah Beromzet Jutaan Rupiah

Kompas.com - 11/04/2022, 18:00 WIB
Budidaya pepaya california Sumber Gambar: Pexels.com Budidaya pepaya california
Rujukan artikel ini:
Menghasilkan Pepaya California Berkualitas
Pengarang: Wisnu Gunawan
|
Editor Ratih Widiastuty

Peluang bisnis pepaya tampaknya sangat menjanjikan untuk dilakukan, sebab salah satu jenis buah yang rasanya manis ini selalu mampu membangkitkan selera makan melalui rasa dan teksturnya yang lumayan berair, sehingga memberikan efek segar di dalam mulut ketika dikunyah.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, buah pepaya bisa dibilang menjadi buah favorit untuk dikonsumsi.

Karena selain memiliki harga yang cukup ekonomis, pepaya juga mempunyai berbagai kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, pepaya juga mengandung serat, mineral, vitamin, dan karbohidrat yang memberikan segudang manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, vitamin C yang bagus untuk antioksidan, mencegah kolesterol, hingga meringankan nyeri akibat menstruasi.

Maka tidak heran jika pepaya banyak diburu oleh masyarakat Indonesia, sebab selain mempunyai rasa yang manis di lidah, pepaya juga mengandung berbagai macam kandungan gizi yang akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu jenis pepaya yang paling sering kita temukan adalah pepaya California yang berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Pepaya ini mempunyai rasa yang lebih manis, daging buah yang tebal, serta daya simpannya yang jauh lebih lama, sehingga membuat masyarakat menggemarinya.

Akan tetapi, bagaimana cara untuk membudidayakan buah pepaya California ini? Simak cara budidaya pepaya California sebagai pilihan bisnis yang mendatangkan omzet jutaan rupiah.

Budidaya Pepaya California

1. Menyiapkan Lahan

Memilih lahan yang cocok dan tepat untuk budidaya pepaya California teramat sangat penting, sebab masa tanam pepaya California yang tergolong singkat, yakni hanya 4 tahunan, mengharuskan kamu mendapatkan lahan tanam yang terbuka dengan sistem irigasi yang baik.

Pilih pula lahan yang mempunyai tanah yang gembur dan terbebas dari gulma agar pertumbuhan pohon pepaya bisa maksimal.

Lahan yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil buah pepaya yang akan dipanen nantinya.

2. Menyiapkan Bibit Pepaya California

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan bibit pepaya California yang bisa kamu dapatkan dari petani lainnya atau kamu bisa memperbanyak bibitnya sendiri dengan syarat minimal kamu telah mempunyai pohon pepaya California.

Cukup dengan membiarkan biji buah pepaya matang di atas pohon, lalu keringkan biji tersebut dan rendam di dalam air.

Jika terdapat biji yang mengapung bisa kamu sisihkan karena biji tersebut tidak bisa ditanam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selanjutnya masukan biji-biji tersebut ke dalam koran yang sudah dibasahi dan letakkan di tempat yang teduh hingga muncul tunas yang menandakan biji benih sudah siap ditanam.

3. Menanam Bibit Pepaya California

Setelah usia benih pepaya California mencapai usia 5 bulan, kamu sudah dapat memindahkannya ke lubang tanam di lahan yang telah disiapkan.

Namun, sebelum memulai memindahkan benih dari polybag ke lubang tanam, airi terlebih dahulu tanah lubang tanam sehari sebelum menanam.

Setelah benih dimasukkan ke lubang tanam, kamu bisa menutup lubang dengan pupuk kandang maupun kompos agar benih bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Lakukan dengan perlahan dan hati-hati ketika kamu memindahkan benih pepaya California dari polybag ke dalam lubang tanam.

4. Merawat Pohon Pepaya California

Proses pemeliharaan dan perawatan merupakan kunci utama untuk menghasilkan buah pepaya California yang berkualitas baik.

Maka dari itu, siram dan beri pupuk secara teratur agar bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah untuk menyiram bibit pepaya California dibutuhkan saluran irigasi, sehingga tidak dianjurkan untuk menyiramnya secara langsung karena akan membuat bibit menjadi mati dan busuk.

Empat langkah utama ini bisa menjadi cara atau upaya yang bisa kamu lakukan untuk memulai agribisnis pepaya California yang banyak dicari oleh konsumen Indonesia.

Namun, jika kamu memerlukan ilmu yang lebih mendalam mengenai cara budidaya pepaya California, buku yang satu ini akan menjadi pedoman yang praktis dan sesuai untuk dibaca.

Buku Menghasilkan Pepaya California Berkualitas yang ditulis oleh Wisnu Gunawan akan membahas aspek-aspek penting dan krusial dalam budidaya pepaya California yang akan sangat membantu.

Buku ini akan memberikan ilmu tentang budidaya pepaya California, seperti penjelasan prospek pasar buah pepaya California, persiapan budidaya pepaya California, manajemen perawatan, sampai cara panen dan pascapanen.

Buku Menghasilkan Pepaya California Berkualitas bisa segera kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com