Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peluang Bisnis Ikan Hias yang Berpotensi Menghasilkan Keuntungan Menjanjikan

Kompas.com - 14/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Ikan Koi
Pengarang: Mahmud Efendi, S.Tr.Pi, Untung…
|
Editor Ratih Widiastuty

Semenjak pandemi virus COVID-19 menerjang, muncul hobi baru yang dicoba oleh banyak orang, salah satunya adalah dengan memelihara binatang, sehingga peluang bisnis ikan hias sendiri terdengar menjanjikan untuk dicoba sebagai sumber penghasilan.

Bukan hanya sekadar memberi makan dan membersihkan air akuarium, memelihara ikan hias juga mampu memberikan ketenangan dan kedamaian yang mampu membuat hati dan pikiran terasa jauh lebih rileks.

Terapi ini seakan ampuh mengatasi perasaan cemas dan khawatir yang memang saat ini sering muncul akibat kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang, sehingga permintaan akan ikan hias di kala pandemi meningkat drastis sebagai cara melarikan diri dari situasi pandemi.

Ikan hias sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa jadi pilihan bagi kamu sebelum memulai bisnis ini dengan melihat permintaan pasar akan ikan hias seperti apa yang paling banyak diminati oleh konsumen.

Sebagai pengusaha, kamu harus tahu berbagai jenis ikan hias yang akan berpotensi diburu dan dicari oleh pelanggan, agar bisnis ikan hias kamu nantinya bisa berjalan dan dikelola dengan baik karena mampu melihat peluang sekaligus memuaskan permintaan pasar.

Ikan hias apa saja yang kini sedang menjadi favorit di tengah masyarakat? Berikut lima bisnis ikan hias yang bisa kamu coba sebagai peluang usaha yang menjanjikan keuntungan.

5 Bisnis Ikan Hias yang Menguntungkan

1. Ikan Cupang

Semenjak pandemi, animo masyarakat dalam mencari dan memelihara ikan cupang semakin tinggi, sebab selain bisa menyentuh ke berbagai kelas masyarakat, keindahan yang dimiliki oleh ikan cupang juga menjadi alasan kuat mengapa ikan hias yang satu ini banyak diburu.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sepertinya terhipnotis dengan ikan hias air tawar yang satu ini karena mempunyai perawatan yang tergolong mudah, sehingga siapa saja bisa memelihara ikan cupang.

Selain itu, jenis ikan cupang yang beragam juga mampu memberikan pilihan bagi masyarakat agar bisa mengoleksi ikan hias ini dengan variasi yang bermacam-macam.

2. Mas Koki

Kehadiran ikan mas koki bisa dibilang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias, sebab bentuk tubuhnya yang unik dengan perpaduan warna yang menarik bisa menjadi penghias akuarium yang memanjakan indra penglihatan.

Selain memiliki bentuk dan warna tubuh yang menggemaskan, perawatan untuk memelihara ikan mas koki juga tergolong mudah, sehingga tidak mengherankan jika banyak kolektor yang mencari dan berburu ikan hias yang satu ini.

3. Arwana

Ikan arwana adalah ikan hias air tawar asal Asia Tenggara yang kehadirannya banyak dicari oleh para kolektor, sebab ikan arwana mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang tergolong unik, yakni mirip dengan naga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ikan arwana sendiri merupakan ikan bertulang air tawar yang habitat hidupnya kebanyakan ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara, khususnya Indonesia, dan termasuk ke dalam jenis ikan purba yang sampai sekarang keberadaannya belum punah.

4. Discus

Meskipun mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menghipnotis mata, nyatanya ikan discus sendiri memang terkenal sulit untuk dipelihara karena jika sudah terkena penyakit, biasanya akan sangat sulit sekali untuk disembuhkan.

Namun, walaupun faktanya sulit untuk dirawat, tapi peminat ikan hias yang berasal dari lembah Sungai Amazon ini masih tergolong banyak karena kecantikan yang hadir dalam ikan discus mampu membuat ikan hias yang satu ini diburu oleh para kolektor.

5. Koi

Siapa yang tidak mengenal keindahan ikan hias yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, ini sebab selain mempunyai warna yang indah dipandang, ikan koi juga akan tampak lebih cantik jika dipelihara di dalam kolam.

Selain dipelihara karena kecantikannya, ikan koi juga dipercaya sebagai ikan hias yang membawa keberuntungan sehingga tidak heran jika banyak kolektor yang beranggapan memelihara ikan koi sama saja dengan mendapatkan hoki.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis budidaya ikan koi, buku berikut ini sepertinya akan sangat cocok untuk dibaca sebagai sumber ilmu dan informasi yang membantu.

Buku Ikan Koi yang ditulis oleh Untung Mina Papilon dan Mahmud Efendi ini akan memberikan seluk beluk dunia ikan koi secara lengkap dan akurat, sehingga akan ada banyak wawasan serta ilmu baru yang bisa kamu pergunakan untuk memulai bisnis ikan hias yang satu ini.

Buku ini menjelaskan seputar dunia ikan koi, seperti informasi tentang peluang bisnis ikan koi di lahan yang terbatas, jenis-jenis ikan koi yang sudah tersebar luas di masyarakat, hingga cara budidaya ikan koi yang baik dan benar.

Meskipun tergolong tipis, tapi hampir semua seluk beluk tentang ikan koi bisa kamu temukan di dalam buku ini, sehingga tidak perlu waktu yang lama kamu sudah dapat paham dan menguasai industri koi sebelum memulai berbisnis.

Buku Ikan Koi dapat dibeli dan didapatkan di Gramedia.com.

Dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com