Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mengenalkan Buku Sejak Dini untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kompas.com - 20/04/2022, 10:00 WIB
Pentingnya mengenalkan buku sejak dini Sumber Gambar: Canva Pentingnya mengenalkan buku sejak dini
Rujukan artikel ini:
Fun and Simple Buku Aktivitas…
Pengarang: Abi Lingga
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Keterampilan dasar yang wajib dan penting dimiliki oleh manusia dalam kehidupan adalah membaca.

Dengan kemampuan ini, kita dapat menyerap dan mengolah informasi dari media, memahami masalah yang ditunjukkan dalam bentuk tulisan, dan mengembangkan kemampuan berpikir seseorang.

Kemampuan membaca memungkinkan anak-anak dan orang dewasa untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan berbudaya.

Dengan alasan itu, kita sebagai orang tua harus mendorong motivasi membaca dengan mengenalkan buku sejak dini kepada anak.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca buku bersama anak untuk meningkatkatkan keterampilan membaca.

Dengan cara ini, anak kita dapat meningkatkan kecerdasannya dan mempelajari keterampilan dan kompetensi penting yang melampaui kemampuan membaca ini sendiri, yang akan berguna bagi mereka baik di masa kanak-kanak maupun dewasa.

Alasan Mengapa Penting Mengenalkan Buku pada Anak Sejak Dini

Dengan membaca buku, anak-anak terus memperoleh pengetahuan baru, dan dengan demikian memperluas wawasan mereka pula.

Buku dapat mengembangkan rasa ingin tahu anak sehingga mereka terpicu untuk mengenal dunia baru, pandangan tentang sejumlah besar topik yang berbeda, yang mungkin jarang mereka temui dalam keseharian.

Semua informasi ini meningkatkan kecerdasan anak Anda dengan cara yang berbeda, yang merupakan alasan lain mengapa membaca sangat penting.

Baik itu buku bertema pengetahuan maupun fantasi, buku dapat mendorong anak untuk memperoleh kosakata baru secara aktif.

Dengan cara ini, anak-anak dapat mengekspresikan dan menjelaskan diri mereka dengan lebih baik.

Membaca juga dapat merangsang otak untuk terus-menerus membentuk dan menghubungkan kembali sinapsis baru.

Ini memudahkan anak-anak untuk memahami koneksi dalam teks dan bagaimana satu kalimat berhubungan dengan kalimat lain dalam sebuah cerita.

Dengan demikian, jaringan otak yang terbentuk lebih meningkat dibanding anak yang tidak atau kurang membaca.

Dengan peningkatan jaringan otak, akan membantu anak-anak mengatasi tugas dan pertanyaan dengan lebih mudah.

Hasilnya adalah anak-anak yang banyak membaca sering kali berprestasi lebih baik di sekolah karena kemampuan ini, tidak hanya dalam mata pelajaran bahasa saja, tetapi juga dalam mata pelajaran lain seperti matematika.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semakin kemampuan ini diasah, anak akan lebih mampu secara kritis menyaring informasi yang masuk ke dalam otaknya dan bahkan bisa membentuk opini sendiri.

Ini merupakan landasan penting untuk kemandirian anak.

Selain itu, membaca buku cerita dapat membuat rileks tubuh dan pikiran anak, sehingga ketika mereka sedang rileks, kemampuan berkonsentrasi pun menjadi meningkat.

Pilih Buku Bacaan yang Sesuai dengan Usia Anak

Mengetahui bahwa membaca dapat meningkatkan kecerdasan anak, tentunya bisa menjadikan motivasi bagi orang tua untuk menyediakan buku cerita atau buku pengetahuan seperti ensiklopedia anak, namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan buku bacaan yang sesuai dengan usia anak.

Buku bacaan umur 10 tahun mungkin akan sulit dikonsumsi untuk anak umur 5 tahun, karena perbendaharaan kata yang lebih banyak dan struktur kalimat serta cerita yang lebih rumit.

Pilihlah buku bacaan seperti buku yang bisa digigit, mempunyai bahan tahan air atau buku yang mengandung suara untuk bayi berumur 0 - 1 tahun.

Untuk anak-anak berumur 1-4 tahun, pilihlah buku yang tidak hanya berisikan objek dan kosakata, namun bisa juga memilih buku bergambar sederhana tanpa atau sedikit teks.

Lalu bagaimana dengan ceritanya? Kita sebagai orang tua dapat membuat cerita sendiri.

Sementara itu, berikanlah buku yang mendorong aktivitas bagi anak-anak berumur 4-6 tahun, misalnya saja pada buku Fun and Simple Buku Aktivitas Tematik Anak Usia 4-6 Tahun.

Selain aktivitas dengan berbagai macam tema di dalamnya, buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang menarik dan kosakata yang lumayan banyak.

Buku ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif dari otak anak atau meningkatkan kemampuan otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.

Kemampuan ini mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian atau evaluasi.

Selain dapat berlatih aspek kognitif, anak-anak juga belajar dari segi sosial-emosi, linguistik, matematika, pengetahuan umum, spiritual, dan motorik halus dari berbagai tema serta aktivitas yang diangkat.

Adapun aktivitas yang ada di dalam buku Fun and Simple Buku Aktivitas Tematik Anak Usia 4-6 Tahun adalah membaca, menulis, berhitung, menggambar, melipat, menggunting, dan menempel, sehingga aktivitas belajar pun menjadi menyenangkan bagi si kecil.

Buku Fun and Simple Buku Aktivitas Tematik Anak Usia 4-6 Tahun bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia di kotamu atau bisa dengan mudah memesan online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com