Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Imajinasi dengan Membaca, Ini Rekomendasi Buku Interaktif untuk Anak Balita

Kompas.com - 14/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Ayo Berkata Baik: Sisi Bilang…
Pengarang: Watiek Ideo
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu potensi penting yang perlu dikembangkan pada seorang anak sejak usia dini adalah language development atau kemampuan bahasa.

Kemampuan bahasa ini memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk menyokong kemampuan anak dalam berbicara, mengemukakan dan memahami perasaan, membentuk pola pikir, melatih kemampuan dalam memecahkan masalah, serta membantu anak untuk bisa mengelola hubungan dengan orang lain.

Membacakan buku cerita yang interaktif kepada anak bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan bahasa ini dan membangun daya imajinasinya.

Selain itu, melalui kisah di dalam buku yang kaya akan pesan moral, orang tua pun bisa sekaligus mengajarkan dan memupuk nilai-nilai kebaikan kepada anak.

Dengan segudang manfaat yang bisa didapatkan ini, tidak ada salahnya kamu sebagai orang tua menyempatkan waktu sejenak setiap harinya untuk menemani dan membacakan buku cerita kepada anak.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku interaktif untuk anak usia balita yang bisa menjadi pilihan bacaan menyenangkan bagi buah hati kamu.

Rekomendasi Buku Interaktif untuk Anak Balita

1. Sisi Bilang Terima Kasih – Watiek Ideo

Buku ini merupakan salah satu buku dari seri Ayo Berkata Baik yang bisa menjadi media bagi orang tua untuk mengajarkan kepada anak mengucapkan keempat kata "magic word" sejak usia dini.

Keempat kata ini, yaitu meliputi maaf, tolong, terima kasih, dan permisi, yang masing-masing dibahas di dalam buku yang berbeda.

Buku Sisi Bilang Terima Kasih ini, menceritakan mengenai karakter singa bernama Sisi yang sedang sibuk menyiapkan pesta untuk ulang tahun adiknya.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh Sisi, namun beruntungnya Sisi memiliki teman-teman yang bisa membantunya untuk meniup balon, menempelkan kertas hiasan, dan menata kue.

Apa yang harus dikatakan Sisi kepada teman-temannya, ya?

Kamu juga bisa melengkapi koleksi buku dari seri ini, dengan membacakan Tiko Bilang Tolong, Mimi Bilang Permisi, dan Elpa Bilang Maaf.

Melalui cerita yang menarik, anak akan jadi bisa lebih memahami mengapa mereka perlu membiasakan diri untuk mengucapkan keempat kata ini dalam kehidupan sehari-hari.

2. Wild Symphony – Dan Brown

Siapa yang menyangka bahwa penulis novel ternama Dan Brown ternyata juga piawai dalam menulis cerita anak?

Besar di keluarga musisi membuat Dan Brown ingin bisa menghidupkan kembali album dan buku bergambar anak-anak dalam satu paket, seperti karya klasik The Carnival of The Animals yang telah menginspirasinya.

Buku ini menceritakan mengenai karakter tikus yang merupakan seorang konduktor dan ingin merekrut hewan-hewan lain untuk tampil di orkestranya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui pranala atau link yang dibagikan di dalam buku, kamu bisa mengunduh aplikasi pendukung yang disediakan untuk mendengarkan iringan musik orkestra dan teknologi Augmented Reality (AR) selama membaca buku ini.

Bukan hanya itu saja, penulis dengan cerdik juga menyelipkan teka-teki yang menambah keseruan dan bisa menjadi pengalaman membaca yang berkesan bagi anak.

Buku interaktif yang satu ini sangat cocok untuk mengasah kecerdasan auditori, musikal, dan juga intelektual anak.

Kisah yang dituliskan pun mengandung banyak pesan moral terkait kesabaran, kebijaksanaan, kebaikan, serta rasa hormat.

3. Aku dan Tubuhku – Beby Haryanti Dewi

Buku ini bisa membantu orang tua untuk mengenalkan bagian-bagian tubuh kepada anak balita dengan cara yang menyenangkan.

Melalui ilustrasi dan cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari, penulis menjelaskan nama-nama anggota tubuh yang perlu dipelajari oleh anak.

Boardbook ini juga dilengkapi dengan permainan yang menarik agar anak bisa semakin mudah untuk mengingat nama-nama anggota tubuh yang dimilikinya.

Buku ini merupakan salah satu buku dari Halo Balita seri kemandirian yang merupakan buku bertema self-help untuk memupuk kemandirian anak sejak dini.

Kamu juga bisa mengoleksi buku-buku lain dari seri ini, seperti Aku Anak Pemberani, Aku Belajar Pipis di Toilet, Aku Bisa Pakai Sepatu Sendiri, Aku dan Maskerku, serta masih banyak lagi.

4. Bella Belajar Sopan Santun dan 9 Cerita Pendidikan Karakter Lainnya – Dewi Cherano

Buku yang satu ini bisa menjadi teman bagi orangtua untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak sejak usia dini.

Melalui petualangan yang seru dan menyenangkan, Bella akan mengajak dan menunjukkan sikap atau karakter sehari-hari yang baik untuk ditiru serta dipraktikkan.

Pendidikan karakter yang dibagikan di dalam buku ini, yaitu meliputi belajar percaya diri, bersabar, sopan santun, kreatif, taat, dan lain-lain.

Dengan membacakan kisah inspiratif yang dibagikan di dalam buku bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan kepribadian baik dalam diri anak-anak yang akan selalu mereka ingat.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku interaktif untuk anak usia balita ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com