Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Novel tentang Patah Hati yang Bisa Menemani Kamu Melalui Masa Sulit

Kompas.com - 08/04/2022, 13:00 WIB
4 Rekomendasi Novel tentang Patah Hati Sumber Gambar: Freepik.com 4 Rekomendasi Novel tentang Patah Hati
Rujukan artikel ini:
Cinta Tak Pernah Tepat Waktu
Pengarang: Puthut Ea
|
Editor Almira Rahma Natasya

Cinta merupakan suatu hal yang tak akan pernah terpisahkan dari hidup manusia.

Sayangnya, tidak semua kisah cinta selalu berakhir dengan bahagia.

Masa-masa patah hati, penerimaan, dan mengikhlaskan telah menjadi fase hidup yang umum dialami oleh sebagian orang di dunia.

Untuk menemani perjalanan patah hati dan mendorong kamu untuk move on, berikut adalah beberapa rekomendasi novel tentang patah hati yang bisa menjadi pilihan bacaan kamu.

4 Rekomendasi Novel tentang Patah Hati

1. Cinta Tak Pernah Tepat Waktu – Puthut Ea

Buku ini diceritakan melalui sudut pandang orang pertama dari tokoh "aku" yang tak bernama.

Ia adalah seorang laki-laki yang telah memasuki usia untuk menikah dan sering kali mendapatkan pertanyaan mengenai pernikahan dari lingkungan di sekitarnya.

Karena merasa terganggu, ia pun selalu mengelak dengan memberikan berbagai macam alasan kepada orang tua serta saudara-saudaranya.

Kegalauan tersebut sebenarnya disebabkan karena kegagalannya dalam hubungan di masa lalu yang sampai saat ini masih membuatnya susah move on.

Ia mencoba bertemu dengan banyak perempuan baru, namun sayangnya tidak ada satu pun yang membuatnya tertarik dan jatuh hati.

Melalui 15 bab buku yang ditulis dengan alur maju-mundur, penulis akan mengajak kamu untuk mengikuti perjalanan berliku dari seseorang yang mengalami patah hati dan tak kunjung menemukan pelabuhan terakhirnya.

Proses panjang itu pada akhirnya membawanya pada kesadaran, bahwa luka tidak hanya bisa memberikan rasa sakit dan perih, tetapi juga pelajaran berharga dalam proses penyembuhannya.

2. Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi – Eka Kurniawan

Maya merupakan seorang gadis yang tengah mengalami patah hati karena ditinggalkan oleh kekasihnya, tepat pada malam sebelum pernikahan mereka.

Yang lebih menyakitkan adalah karena laki-laki tersebut pergi meninggalkannya untuk bisa bersama dengan perempuan lain, yang merupakan sahabat dari Maya.

Hal ini tidak hanya menorehkan luka yang membuatnya depresi, namun juga perasaan malu yang dialami oleh keluarga Maya.

Sampai suatu ketika, Maya terus mengalami mimpi aneh yang sama setiap harinya, mengenai seorang laki-laki yang berlari di tepi pantai bersama dengan seekor anjing.

Melalui mimpi inilah, Maya merasa jika ia telah menemukan jodohnya yang sesungguhnya, hingga ia bertekad untuk mencari laki-laki di dalam mimpinya tersebut di sebuah kota bernama Pangandaran.

Antalogi cerpen yang dibawakan dengan apik oleh Eka Kurniawan ini mampu membuat pembaca untuk ikut mendalami kisah tiap karakter di setiap cerita yang ada di dalam buku.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan ide cerita yang sederhana dan tema yang mengangkat problematika kehidupan sehari-hari, penulis dengan brilian mampu mengubahnya menjadi kisah yang menarik, disertai twist tidak terduga di beberapa cerita.

3. Origami Hati – Boy Candra

Buku ini menceritakan kisah mengenai Aruna, seorang gadis yang baru saja mengalami patah hati ketika mengetahui Haga, yang merupakan kekasihnya, telah menduakan hatinya.

Aruna beruntung masih memiliki Citra, sahabat yang dengan sabar selalu mendengarkan keluh kesah dan curahan hatinya.

Di tengah kegalauannya, Aruna kemudian memutuskan untuk bergabung mengikuti kegiatan koran kampus bersama dengan Citra.

Meskipun dengan niat untuk menyibukkan diri supaya bisa mengatasi patah hati yang dialaminya, namun tanpa disangka di sana ia bertemu dengan orang-orang baru yang dengan baik hati menyambutnya.

Salah satunya adalah Bagas, sosok laki-laki yang mengagumi senja dan sebenarnya juga menyimpan kesedihan akibat hubungannya di masa lalu.

Berkat kegiatan koran kampus, Aruna dan Bagas pun menjadi semakin dekat.

Namun, muncul sejumlah konflik baru yang membuat mereka ragu untuk menerima cinta yang baru ataukah memaafkan kembali seseorang di masa lalu.

Novel ringan dengan konflik yang mungkin pernah dialami oleh sebagian orang ini akan mengajak kamu untuk mengikuti proses bagaimana seseorang move on dari patah hati yang dialaminya dan berdamai dengan luka di masa lalu untuk bisa memulai sebuah cinta yang baru.

4. Ada Nama di Hati Tapi Tak Bisa Dinikahi – Kang Maman

Berisi kumpulan kutipan, puisi, dan tulisan-tulisan pendek tentang cinta, buku ini cocok untuk dibaca bagi kamu yang sedang mengalami patah hati dan lupa bagaimana cara untuk kembali tertawa.

Melalui buku ini, penulis ingin menghadirkan sudut pandang baru dalam memaknai perkara hati serta perasaan terkait masalah cinta yang tidak selalu berakhir indah.

Buku ini akan memberikan kamu ketenangan dan sebuah penghiburan untuk bisa menerima sisi pahit dan kerumitan dari cinta yang dirasakan.

Dengan memahami cinta dan perasaan itu sendiri, kamu akan jadi lebih mudah untuk bisa kembali menata hati dan mempersiapkan diri untuk membangun sebuah hubungan yang baru.

Dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik dan menenangkan, buku ini akan menjadi teman yang pas untuk menemani kamu melalui masa-masa sulit ketika mengalami patah hati.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku tentang patah hati ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Diskon Novel tentang Patah Hati Diskon Novel tentang Patah Hati

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com