Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Diri dengan 4 Rekomendasi Novel Self Improvement Best Seller Berikut Ini

Kompas.com - 14/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Sang Alkemis
Pengarang: Paulo Coelho
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk mengembangkan diri agar menjadi seorang individu yang lebih baik lagi dan bisa meningkatkan taraf hidup.

Pengembangan diri itu bisa meliputi bidang karier, kesehatan fisik dan mental, produktivitas, pola pikir, sikap, kedewasaan, dan masih banyak lagi aspek-aspek lain yang bisa kamu tingkatkan.

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu dan mempermudah proses pengembangan diri kamu, salah satunya yaitu dengan membaca buku.

Ada banyak buku-buku dengan genre self improvement atau pengembangan diri yang bisa kamu baca sesuai dengan aspek yang ingin kamu tingkatkan

Berikut adalah rekomendasi buku-buku self improvement best seller yang bisa menjadi pilihan bacaan kamu untuk meningkatkan kualitas diri.

Rekomendasi Novel Self Improvement

1. Sang Alkemis

Sang Alkemis merupakan salah satu buku fiksi paling populer yang ditulis oleh Paulo Coelho dan masih dibaca serta disukai oleh banyak orang hingga saat ini, meskipun buku ini telah terbit sejak tahun 1988.

Buku ini menceritakan mengenai perjalanan seorang anak laki-laki bernama Santiago yang meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang pengembala untuk pergi ke padang pasir Mesir dan mencari sebuah harta karun terpendam.

Banyak nilai-nilai kehidupan yang akan kamu dapatkan melalui petualangan Santiago tersebut, terutama nasihat untuk terus berjuang dan pantang menyerah dalam menggapai impian.

Selain menggambarkan kesulitan yang dihadapi oleh Santiago untuk mencapai tujuannya, penulis juga membagikan suka cita yang dialami olehnya ketika Santiago mulai menikmati dan mensyukuri tiap momen yang dilaluinya.

Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan kepada para pembaca bahwa meskipun terdapat banyak rintangan yang akan kamu hadapi untuk bisa meraih impian yang kamu inginkan, namun jangan lupa untuk tetap menikmati momen-momen yang kamu lalui.

Karena selain terdapat kesulitan dan hambatan, akan ada sebuah kebahagiaan yang juga menanti kamu saat menjalani proses tersebut.

Novel ringan yang penuh dengan pesan moral ini telah memotivasi dan mengubah hidup banyak orang melalui kisah pengembaraan Santiago yang hangat dan mengharukan.

2. Atomic Habits

Buku self improvement yang satu ini cocok dibaca bagi kamu yang ingin meningkatkan produktivitas dan menghilangkan kebiasaan buruk dalam menunda-nunda pekerjaan.

Melalui buku ini, James Clear sebagai penulis ingin memberikan sebuah pandangan baru kepada para pembaca bahwa perubahan-perubahan kecil yang sering kali disepelekan dan dianggap remeh oleh orang-orang, ternyata suatu saat bisa memberikan efek yang signifikan dalam hidup.

Dan justru dengan melakukan perubahan-perubahan kecil inilah, kamu akan jadi lebih mudah untuk membangun kebiasaan baru yang selama ini ingin kamu bentuk dibandingkan dengan hanya berfokus pada hal-hal besar saja.

Di dalam buku ini, penulis membagikan mengenai empat kaidah perubahan perilaku yang mudah untuk kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk membangun sebuah kebiasaan positif maupun untuk membongkar kebiasaan buruk yang ingin kamu hilangkan.

Keempat kaidah perubahan perilaku ini meliputi petunjuk, gairah, tanggapan, dan ganjaran yang teorinya dipaparkan secara ringan dan mudah untuk dimengerti, serta dilengkapi dengan contoh-contoh nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bagi kamu yang selama ini mengalami kesulitan dalam meningkatkan produktivitas karena senang bermalas-malasan namun memiliki keinginan untuk berubah, buku ini bisa menjadi sebuah investasi yang bermanfaat untuk mengembangkan diri kamu.

3. Think and Grow Rich

Sama seperti Sang Alkemis, buku Think and Grow Rich merupakan buku legendaris yang telah terbit sejak tahun 1937 dan masih digemari oleh banyak orang, karena ilmu-ilmu yang dibagikan di dalamnya masih ampuh dan relevan untuk dipraktikkan hingga saat ini.

Bagi kamu yang ingin mengembangkan diri untuk memperoleh kemajuan dalam jenjang karier dan bisa mencapai kesukesan, maka buku ini merupakan buku wajib yang perlu untuk kamu baca.

Buku ini tercipta setelah lebih dari 25 tahun pengamatan yang dilakukan oleh Napoleon Hill terkait hal-hal apa saja yang dimiliki oleh orang-orang paling sukses.

Hill telah melakukan banyak wawancara dan pengenalan lebih dalam terhadap tokoh-tokoh hebat dunia, seperti Thomas Alva Edison, Henry Ford, John H. Patterson, Woodrow Wilson, dan masih banyak lagi.

Hasil dari pengamatan tersebut adalah 13 hal yang dijelaskan di dalam buku ini, di antaranya adalah hasrat, keyakinan akan kemampuan diri, autosugesti, perencanaan terorganisasi, kegigihan, pikiran bawah sadar, dan lain-lain.

Tidak hanya memaparkan mengenai 13 hal yang dimiliki oleh orang-orang sukses, namun penulis juga menjabarkan mengenai 31 hal yang bisa menjadi penyebab dari sebuah kegagalan yang bisa kamu hindari.

4. Filosofi Teras

Filosofi Teras merupakan buku self improvement yang akan membantu kamu untuk memperoleh ketenangan dan ketentraman pikiran, terutama dalam menjalani hidup di era digital seperti saat ini.

Kamu pasti pernah atau sedang mengalami perasaan-perasaan negatif, seperti insecure, pesimis, mudah stres dan marah-marah, sering merasa khawatir, atau mungkin merasa sedih tanpa penyebab yang jelas.

Emosi-emosi negatif yang kamu rasakan tersebut, juga pernah dialami oleh Henry Manampiring sebelum ia menemukan buku How to be a Stoic yang ditulis oleh Massiomo Pigliucci.

Betapa menakjubkannya perubahan positif yang dialami oleh Henry setelah mengenal filosofi Yunani kuno bernama Stoisisme ini, lantas membuatnya ingin membagikan pengalamannya dan menuliskan sebuah pengantar yang ringan untuk dibaca oleh orang awam yang tidak pernah mengenal atau mempelajari filosofi sebelumnya.

Di dalam buku ini, kamu akan diperkenalkan pada sebuah prinsip dalam Stoisisme yang disebut dengan dikotomi kendali, di mana dinyatakan bahwa ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dalam hidup dan sebaliknya.

Dengan memiliki kemampuan untuk mengelompokkan hal-hal apa saja yang bisa dan tidak bisa kamu kendalikan, kamu jadi bisa menghindari atau setidaknya meminimalisir pikiran-pikiran negatif yang tidak perlu dan nantinya juga akan berdampak terhadap emosi-emosi yang kamu rasakan.

Kamu pun jadi bisa menjalani hidup dengan lebih bebas dan lebih tentram dengan mengendalikan pikiran kamu sendiri.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku self improvement yang bisa kamu baca untuk mengembangkan diri.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku self improvement ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com