Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Think and Grow Rich, Buku Laris Legendaris yang Patut Dibaca

Kompas.com - 30/12/2021, 16:00 WIB
Sumber Gambar: instagram.com/fahrirasihan/
Rujukan artikel ini:
Think And Grow Rich
Pengarang: Napoleon Hill
|
Editor Almira Rahma Natasya

Salah satu indikator dalam sebuah kesuksesan adalah uang yang biasanya dikonotasikan dengan kekayaan dan kebebasan finansial.

Hal ini juga bisa dibilang menjadi impian semua orang.

Akan tetapi, untuk mencapai itu semua tidak mudah dan diperlukan cara serta kerja keras agar bisa menggapainya, di mana justru banyak di antaranya yang malah terjebak dalam kemiskinan.

Napoleon Hill memberikan solusi untuk masalah ini melalui filosofinya dalam buku Think and Grow Rich yang akan membantu kita semua mencapai kekayaan hanya dengan kekuatan pikiran.

Menurut Hill, kekayaan finansial bisa diraih hanya dengan melalui kekuatan pikiran manusia yang mampu menjadi aset paling berharga dan mudah dikendalikan untuk mengumpulkan kekayaan.

Namun sayangnya, banyak di antara kita yang masih belum menyadari jika pikiran manusia dapat memengaruhi setiap langkah yang diambil untuk bisa menuju kebebasan finansial.

Meskipun buku ini tergolong buku klasik yang telah terbit lama, tapi filosofi yang ada di dalamnya masih sangat relevan dan mudah diimplementasikan di masa kini.

Ulasan atau Review Buku Think and Grow Rich

Buku Think and Grow Rich membahas tentang 13 filosofi yang akan membantu kita mencapai kebebasan finansial berdasarkan hasil wawancara penulis bersama tokoh-tokoh penting dan terkenal.

Tokoh-tokoh yang berhasil diwawancarai oleh Napoleon Hill adalah Henry Ford, George S. Parker, Theodore Roosevelt, King Gillette, John D. Rockefeller, Thomas A. Edison, hingga Dr. Alexander Graham Bell.

Ketiga belas filosofi yang dirumuskan oleh Napoleon Hill sebagai kiat untuk menggapai kekayaan, yaitu hasrat, meyakini kemampuan diri sendiri, autosugesti, pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan terorganisasi, keputusan, kegigihan, kekuatan master mind, pikiran bawah sadar, otak, indra keenam, dan seksualitas.

Mungkin, ketiga belas filosofi yang dirumuskan oleh Hill ini terdengar klise, tapi bisa dibilang merupakan pelopor utama yang menjadikan filosofi-filosofi ini kini terdengar gema dan tidak lekang oleh waktu.

Hasrat untuk Mengumpulkan Kekayaan

Langkah pertama untuk mengumpulkan kekayaan adalah dengan mempunyai hasrat yang menjadi dorongan paling kuat supaya pikiran terus terpacu untuk menggapainya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan hasrat yang kuat kita akan dengan mudah menemukan jalan dan cara yang sesuai untuk menuju apa yang kita inginkan.

Hasrat bukan berarti harapan ataupun berandai-andai, tapi hasrat merupakan kekuatan pikiran yang menggebu, bergemuruh, serta mewujud ke dalam hal lainnya.

Di mana tanpa memiliki hasrat, hidup akan terasa hampa dan sia-sia belaka, sehingga kehadiran hasrat akan menjadi gerbang awal dari ketiga belas filosofi yang dipaparkan oleh Napoleon Hill di dalam buku ini.

Enam Hantu Rasa Takut

Selain berisi 13 filosofi yang akan menuntun kita ke jalan kebebasan finansial, buku ini pun turut menghadirkan enam hantu rasa takut yang akan menjadi rintangannya.

Keenam hantu rasa takut tersebut adalah takut pada kemiskinan, takut pada kritikan, takut pada kesehatan yang buruk, takut kehilangan cinta seseorang, takut menjadi tua, dan takut pada kematian.

Salah satu ketakutan yang sering kita rasakan adalah takut pada kritikan, sehingga membuat kita sulit untuk bisa menjadi diri sendiri dan selalu memikirkan pendapat orang lain.

Oleh karena itu dibutuhkan cara dan keberanian untuk bisa menghadapi keenam hantu rasa takut tersebut agar mampu terus melaju di jalan yang tepat bersama ketiga belas filosofi yang Napoleon Hill paparkan.

Secara keseluruhan, Think and Grow Rich merupakan buku pengembangan diri yang menekankan kekuatan pikiran sebagai poros utama dalam meraih kebebasan finansial.

Contoh-contoh kasus yang ikut disertakan di sini juga dikemas dengan menarik agar pembaca dapat lebih mudah memahami dan meresapi setiap nilai dari ketiga belas filosofi yang dibahas.

Napoleon Hill banyak mendapatkan inspirasi dalam menulis bukunya ini dari Andrew Carnegie dan Henry Ford yang cukup banyak dibahas di dalamnya.

Walaupun terkesan klise dan hampir selalu dapat ditemukan dalam buku self-improvement lainnya, namun Think and Grow Rich adalah pelopor serta inspirasi untuk penulis lain dalam mengembangkannya lewat karya mereka masing-masing.

Buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selamat mempelajari ketiga belas filosofi yang dijabarkan oleh Napoleon Hill!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com