Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajer Investasi Adalah Pihak yang Mengurus Dana Investasi, Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Berkarir di Sini

Kompas.com - 30/06/2022, 06:55 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Reksa Dana: Pahami, Nikmati!
Pengarang: Rudiyanto
Penulis Renny Novita
|
Editor Ratih Widiastuty

Minat kaum muda untuk bekerja di perusahaan investasi dan bank dengan tanggung jawab seputar produk investasi sekarang ini sedang meningkat.

Awalnya berangkat dari klien yang terbatas dengan nominal dana investasi yang kecil dahulu, dan mungkin suatu hari nanti akan diberi tanggung jawab untuk dana bernilai miliaran.

Manajer investasi adalah sebuah entitas yang menemani perusahaan dalam perkembangannya dan untuk meningkatkan uang pelanggan.

Apa yang Dilakukan oleh Manajer Investasi?

Untuk memahami apa yang dilakukan oleh manajer investasi, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa itu reksa dana.

Reksa dana adalah produk yang dihasilkan dari Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang ditandatangani antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian.

Dalam KIK, Bank Kustodian dan Manajer Investasi sepakat melakukan penghimpunan dan pengelolaan dana dari masyarakat dalam bentuk reksa dana dengan pembagian hak dan kewajiban yang jelas untuk masing-masing bank.

Sebagai investor, kamu tidak lari ke bank melainkan memilih manajer investasi untuk mengelola asetnya.

Aset tidak tinggal di bank, tetapi diinvestasikan, misalnya mengalir ke saham yang dipilih dan sekuritas lainnya.

Manajer investasi adalah perusahaan yang ditunjuk oleh klien atau investor untuk mengelola asetnya dengan melakukan diversifikasi investasi yang luas untuk mengurangi risiko kerugian bagi investor.

Setiap reksa dana berbeda dalam strategi investasinya, misalnya ada dana yang diinvestasikan pada sektor atau daerah tertentu.

Atas dasar ini, manajer investasi menyusun apa yang disebut portofolio, misalnya dari investasi perusahaan dan obligasi.

Tujuannya untuk mencapai pertumbuhan modal jangka menengah dan panjang untuk kepentingan investor, melalui perkembangan positif dalam harga aset yang terkandung dalam dana tersebut.

Untuk menyusun dana yang tepat, manajer investasi harus mengetahui dan mampu memprediksi angka-angka perusahaan dan perkembangan ekonomi.

Bagi masyarakat awam, manajer investasi sering dipersepsikan sebagai orang, namun itu kurang tepat karena pada dasarnya manajer investasi adalah perusahaan.

Umumnya, perusahaan yang melakukan kegiatan usaha ini memiliki nama perusahaan yang mengandung kata Manajemen Investasi, Investment Management, atau Asset Management.

Contoh dari perusahaan ini antara lain Batavia Prosperindo Asset Management, Danareksa Investmenet Management, Panin Asset Management, Mandiri Manajemen Investasi, dan Manulife Asset Management.

Bagaimana Kamu Bisa Menjadi Seorang Wakil Manajer Investasi?

Bagi mereka yang bekerja dengan saham dan reksa dana, tidak ada hari yang seperti hari lainnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Manajer investasi berada tepat di tengah-tengah peristiwa terkini.

Perusahaan yang mendapat izin disebut Manajer Investasi, sementara personel yang bekerja di perusahaan itu disebut Wakil Manajer Investasi.

Kebanyakan wakil manajer investasi adalah lulusan universitas di bidang administrasi bisnis atau ekonomi.

Tetapi tidak menutup kemungkinan jika kamu berasal dari pendidikan yang berbeda, asalkan kamu sudah memahami dan mempunyai gambaran bagaimana saham dan reksa dana, serta mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

Seorang wakil manajer investasi sangat dekat dengan perusahaan dan tren ekonomi.

Untuk melengkapi pengetahuanmu, kamu bisa mulai membaca buku tentang saham seperti salah satunya adalah Reksa Dana, Pahami, Nikmati.

Buku yang ditulis berdasarkan riset yang ditulis oleh Rudiyanto ini juga ditambahkan dengan beberapa topik yang sering ditanyakan investor, seperti penelitian risk and return, penelitian anomali pasar seperti Window Dressing, Sell In May and Go Away, tanggal baik untuk melakukan investasi berkala, hingga cara memprediksi return IHSG dan Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Di dalam buku ini juga diterangkan bahwa reksa dana merupakan kontrak investasi kolektif antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian.

Manajer Investasi bertindak sebagai pengelola dan Bank Kustodian bertindak sebagai administrasi, penyimpanan surat berharga, dan pengawas.

Yang harus pembaca ketahui, sebagai produk investasi, reksa dana tidak berarti nol risiko, karena reksa dana tentu mengandung risiko.

Oleh karena itu, para investor harus belajar dan mengerti, karena dikhawatirkan menjadi panik ketika menghadapi fluktuasi harga.

Dengan prinsip pahami dan nikmati, penulis berharap agar masyarakat yang membaca dapat mengenali kebutuhan dan produk, manfaat dan risiko, serta hak dan kewajibannya sebelum menikmati keuntungan investasi reksa dana, sehingga pada akhirnya bisa menjadi investor yang sukses dengan reksa dana.

Kamu juga akan mengetahui pihak-pihak dalam reksa dana dan bagaimana tips sebelum melakuan reksa dana.

Buku Reksa Dana, Pahami, Nikmati sangat mudah dimengerti dan mengandung informasi yang terkini, sehingga dapat membantu kita mengetahui apa itu reksa dana sebelum terjun menjadi investor atau sebagai Wakil Manajer Investasi.

Buku ini bisa kamu beli di toko buku Gramedia di kotamu atau cukup dengan melakukan pemesanan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com