Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Maizena? Cari Tahu Manfaatnya yang Masih Belum Diketahui Banyak Orang

Kompas.com - 26/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Laris Manis Bakulan @Dinnioti: 45…
Pengarang: WAHDINI MIFTAHUL HUSNA
|
Editor Almira Rahma Natasya

Mungkin bagi sebagian besar orang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata maizena. Tapi, apa itu maizena?

Jika sudah terbiasa dengan dunia memasak, pastinya maizena bukanlah suatu hal yang baru lagi, sebab biasanya bahan makanan yang satu ini selalu hadir untuk menjadi pelengkap dalam kegiatan memasak.

Namun secara lebih jauh, apa sebenarnya maizena dan adakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan maizena dalam setiap makanan yang dibuat?

Apa Itu Maizena?

Maizena merupakan salah satu jenis tepung yang biasa digunakan dalam kegiatan memasak.

Maizena terbuat dari olahan saripati jagung yang pada dasarnya sering dipakai untuk membuat masakan berkuah, tumisan, hingga saus menjadi lebih kental.

Proses pembuatan tepung maizena biasanya diawali dengan jagung yang digiling terlebih dahulu, kemudian diambil saripatinya untuk dijadikan bahan tepung.

Langkah berikutnya, bahan-bahan tadi kemudian direndam serta difermentasi agar saripati bisa menjadi tepung maizena yang kaya akan manfaat.

Menurut sejarah, dahulu kala orang Mesir memakai pati sebagai pelapis papyrus yang dipakai dalam pembuatan kertas.

Tidak hanya itu, catatan Romawi pun menunjukkan jika para penemu memakai pati untuk dimanfaatkan membuat kosmetik, obat-obatan, makanan, dan kain.

Namun, melihat sejarah dan perkembangannya, apa sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari tepung maizena?

Manfaat Tepung Maizena

1. Gluten Free

Bagi penderita penyakit gangguan autoimun dan celiac, mengonsumsi gluten bisa memicu beberapa masalah seperti kembung, diare, mual, sembelit, dan sakit perut.

Kehadiran gluten akan memicu reaksi sensitif bagi penderita penyakit celiac.

Maka dari itu, kehadiran tepung maizena yang bebas gluten bisa menjadi alternatif dalam mengganti kebutuhan karbohidrat sebagai bahan konsumsi yang tepat dan aman.

2. Meningkatkan Energi

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam tepung maizena mampu dengan cepat diolah menjadi glukosa di dalam tubuh yang bagus untuk meningkatkan energi.

Apalagi jumlah serat yang sangat sedikit dalam tepung maizena akan memudahkan tubuh untuk mengolahnya menjadi sumber energi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu seorang atlet atau yang hobi berolahraga, dengan mengonsumsi makanan yang diolah dari tepung maizena akan sangat membantu kamu dalam menambah energi dan meningkatkan performa saat berolahraga.

3. Membantu Meringankan Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah penyakit yang mengganggu kesehatan ketika kadar glukosa dalam darah kurang dari batas normal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam tepung maizena dapat memberikan aliran glukosa yang stabil dan cukup untuk mencegah terjadinya hipoglikemia.

Dengan mengonsumsi tepung maizena juga bukan hanya bermanfaat bagi penderita hipoglikemia, tapi juga bisa membantu mengatasi gula darah yang rendah pada penderita diabetes dan glikogen.

4. Mengatasi Kandungan Minyak Berlebih pada Rambut

Jika kamu mempunyai masalah dengan rambut yang berminyak, tepung maizena bisa digunakan untuk mengurangi masalah tersebut sebagai solusi yang praktis dan bermanfaat.

Cukup dengan menabur sedikit tepung maizena ke rambut yang berminyak dan ratakan secara perlahan, maka rambut berminyak yang berlebihan bisa terbantu dengan kandungan yang ada dalam tepung maizena.

5. Membantu Mengentalkan Masakan

Mungkin manfaat tepung maizena yang satu ini sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang, yakni sebagai bahan makanan yang membantu mengentalkan masakan, seperti sup, tumisan, hingga saus.

Kamu hanya tinggal mencampurkan beberapa sendok tepung maizena dengan sedikit air dan setelah diaduk rata, kamu hanya tinggal menuangkan larutan tepung maizena tersebut ke masakan yang ingin kamu buat kental tekstur airnya.

Semoga penjelasan dan manfaat akan tepung maizena ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami bahan pangan yang satu ini.

Namun, jika kamu jadi ingin memasak setelah membaca artikel ini, buku resep berikut bisa menjadi panduan yang tepat untuk membantu kamu dalam memasak.

Buku Laris Manis Bakulan @Dinnioti: 45 Resep Kue Kering, Cake, Roti berisi berbagai macam resep dengan variasi menu yang bisa kamu jadikan ide berjualan.

Berisi 45 resep yang terdiri dari Nastar Klasik Ori, Lidah Kucing Pandan Keju, Putri Salju Keju, Chocolate Cashew, Kastengel 3 Cheese, Donat Tape, Roti Sisir, Banana Cake Klasik, Donat Maizena, Roti Nyobek, Fudgy Cadbury Brownies, Proll Tape Keju, dan masih banyak lagi.

Semua resep dalam buku ini sangat mudah kamu praktikkan, sekaligus bukan hanya untuk konsumsi pribadi, tapi juga bisa dijadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan.

Buku resep Laris Manis Bakulan @Dinniroti: 45 Resep Kue Kering, Cake, Roti dapat kamu pesan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com