Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Kebiasaan Boros Mulai dari Sekarang, Terapkan 5 Cara Hidup Hemat Berikut Ini!

Kompas.com - 15/03/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Happiness Without Money: Hidup Irit…
Pengarang: KOIKE RYUNOSUKE
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital seperti sekarang, godaan untuk terus menerus menggunakan uang untuk membeli sesuatu menjadi semakin kuat.

Kemudahan dalam berbelanja online dan mengakses berbagai informasi mengenai gadget terbaru, menu makanan yang enak, dan tempat makan atau tempat wisata yang instagramable juga semakin membuat manusia mudah sekali mengeluarkan uang.

Padahal tanpa disadari, perilaku yang terlalu sering mengikuti keinginan daripada kebutuhan ini akan membawa dampak yang kurang baik, terutama bagi kondisi finansialmu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan sebenarnya adalah mencoba untuk mengendalikan diri dan menjalankan hidup hemat demi masa depan yang lebih baik.

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan, akan lebih baik jika uang tersebut kamu sisihkan dalam tabungan.

Jadi, saat di masa depan nanti kamu mengalami kesulitan finansial, kamu tidak akan bingung mencari uang tambahan karena sudah lebih dahulu menyiapkan dana darurat.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba hidup hemat agar bisa menabung, cobalah untuk menerapkan beberapa hal berikut ini.

5 Cara Hidup Hemat

1. Membuat Skala Prioritas

Sebelum memutuskan untuk hidup berhemat, kamu harus terlebih dahulu membuat skala prioritas yang membedakan keinginan dan kebutuhan.

Coba buatlah daftar kebutuhan yang benar-benar harus kamu penuhi setiap bulannya, misalnya belanja bulanan, biaya transportasi, biaya paket internet, serta pembayaran lainnya.

Setelah semua kebutuhan sudah ditulis, kamu bisa mulai menambahkan daftar keinginan dalam skala prioritas tersebut.

Tapi jangan lupa untuk bijak dalam membuat daftar skala prioritas tersebut, jangan sampai daftar keinginan yang kamu buat malah melebihi daftar kebutuhan karena akan membuatmu jadi pribadi yang boros.

2. Mencatat Pengeluaran

Setelah membuat daftar skala prioritas, kamu juga harus mulai mencatat jumlah pengeluaran yang kamu gunakan setiap bulannya, mulai dari pembelian bahan makanan, barang atau perabotan rumah tangga, biaya transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Cara yang satu ini akan sangat membantu kamu dalam membuat perencanaan atau perkiraan nominal yang harus kamu keluarkan setiap bulan.

Jadi mulai dari sini kamu sudah bisa menentukan berapa jumlah nominal uang yang bisa kamu sisihkan untuk dimasukkan ke dalam tabungan.

3. Memaksimalkan Promo atau Diskon

Berbagai kemudahan yang kamu dapatkan di era digital ini sebenarnya juga menawarkan berbagai penawaran yang menarik, misalnya promo dan diskon yang bisa kamu nikmati di tanggal-tanggal tertentu.

Hadirnya berbagai penawaran yang menarik ini akan membantu kamu menghemat pengeluaran dan memenuhi kebutuhan atau keinginan, jadi cobalah untuk memaksimalkan fitur promo dan diskon ini dengan baik.

Rajin-rajinlah untuk mengecek notifikasi yang ada di berbagai situs belanja online yang kamu miliki, karena terkadang kamu juga mendapatkan voucher untuk berbelanja dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Hindari Berbelanja Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, karena kamu bisa bebas berbelanja tanpa perlu mengeluarkan uang.

Tapi penggunaan kartu kredit juga akan menimbulkan perilaku konsumtif yang sangat tidak baik bagi keadaan finansial.

Kamu juga harus membayar tagihan bulanannya tepat waktu, karena pembayaran yang melebihi batas waktu akan membuat bunga hutangmu menjadi semakin besar.

Jika kamu memang berencana untuk hidup lebih hemat, maka usahakanlah untuk tidak berbelanja menggunakan kartu kredit, bawa uang tunai seperlunya dan jangan terlalu berlebihan.

5. Jalani Hidup yang Ramah Lingkungan dan Minimalis

Menjalani kehidupan yang ramah lingkungan dan minimalis secara tidak langsung juga bisa menjadi salah satu cara untuk hidup berhemat lho.

Misalnya seperti menghemat pemakaian listrik dan air, membeli bahan makanan seperlunya, dan memilih untuk jalan kaki atau naik sepeda untuk bepergian ke tempat yang jaraknya dekat dengan tempat tinggalmu.

Konsep hidup minimalis ini juga akan membuat kamu lebih menyadari apa sebenarnya yang kamu butuhkan.

Jadi, selain menghemat pengeluaran kamu juga bisa sedikit memberikan udara di rumahmu dari barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

Berkomitmen untuk hidup berhemat memang tidak mudah, tapi jika tidak dimulai dari sekarang, kamu akan beresiko besar mengalami kesulitan finansial di masa mendatang.

Uang memang menjadi salah satu komponen paling penting dalam kehidupan manusia, tapi kamu juga tidak boleh terlalu bergantung pada uang, karena akan membuatmu jadi pribadi yang boros dan selalu mengikuti keinginan yang kurang penting.

Untuk membebaskanmu dari masalah ini, kamu bisa coba mencari solusinya dalam buku Happiness Without Money yang ditulis oleh Koike Ryunosuke.

Penulis dalam buku ini juga setuju bahwa kamu semua tidak bisa melalui hari-hari tanpa adanya uang, tapi menggunakan uang secara berlebihan juga tidak dianjurkan.

Melalui buku ini kamu akan belajar bagaimana caranya mengurangi keinginan untuk membeli sesuatu yang kurang diperlukan dan cara untuk menginvestasikan uang tersebut dalam keberlangsungan hidup di masa mendatang.

Selain itu, Ryunosuke juga akan mengajarkan kamu bagaimana caranya menggunakan uang dengan irit tanpa harus berhutang untuk membeli kebutuhan, karena hidup tanpa hutang akan membuat seseorang jauh lebih bahagia dan aman.

Untuk memiliki buku ini kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com