5 Film Tentang Bisnis yang Bisa Menjadi Pilihan Hiburan di Akhir Pekan

Kompas.com - 18/03/2022, 19:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
City Lite: Beta Testing (Job…
Pengarang: Mooseboo
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menonton bisa dijadikan aktivitas menyenangkan yang mampu menghibur di kala jenuh mendera, tapi ternyata melalui media film kita juga bisa belajar ilmu baru di dalamnya, seperti film tentang bisnis yang mampu menginspirasi sekaligus mengedukasi penontonnya.

Belajar tentang bisnis tidak hanya bisa melalui media buku, seminar, atau terjun langsung ke lapangan, namun dalam sebuah cerita film tentang bisnis biasanya juga terdapat beberapa ilmu atau informasi yang mampu menjadi bahan pembelajaran sebelum memulai usaha.

Meskipun ilmu dari sebuah film tidak terlalu kental, tapi ceritanya yang biasanya lebih didramatisir akan membawa penonton pada pergolakan emosi yang mampu menginspirasi, melihat sang tokoh utama yang berjuang dalam membangun bisnis mereka di dalam film tersebut.

Mungkin, bagi beberapa orang film tentang bisnis khususnya yang berbau biopik, bisa menjadi tontonan yang membosankan, tapi jika kamu mau mengikuti film tentang bisnis dengan sabar dan fokus, dijamin bukan hanya sekadar pengalaman nonton yang akan didapat, namun juga ada hal-hal menarik yang bisa diambil.

Beberapa cerita dan perjuangan tokoh besar dalam dunia bisnis sudah banyak yang diangkat ke dalam layar lebar, yang bisa dibilang cukup laris di pasaran bahkan sampai menyabet berbagai penghargaan bergengsi.

Apa saja film tentang bisnis yang bisa menjadi bahan tontonan di akhir pekan? Berikut lima film tentang bisnis yang bisa kamu pertimbangan sebagai tontonan untuk menemani waktu luang di akhir pekan.

5 Film tentang Bisnis

1. Joy (2015)

Film yang disutradarai oleh David O. Russell ini bercerita tentang Joy Mangnao (Jennifer Lawrence), seorang pengusaha wanita yang sukses akibat inovasinya dalam menjual alat pel.

Joy tinggal di New York bersama dua orang anak dan mantan suaminya, Tony (Edgar Ramirez) yang menganggur sementara Joy sendiri sebelum menjadi pengusaha sukses ia bekerja sebagai agen pemesanan maskapai penerbangan.

Melihat kondisi finansial yang semakin menghimpit dengan tanggungan yang banyak, membuat Joy berinovasi membuat sebuah alat pel yang mampu memudahkan penggunanya agar bisa lebih praktis dan efisien, dan di luar dugaan, bisnisnya tersebut membuat Joy menjadi kaya raya.

2. The Intern (2015)

The Intern merupakan film drama komedi yang berlatar dunia bisnis startup, di mana terdapat seorang pensiunan bernama Ben Whittaker (Robert De Niro) yang diterima bekerja di perusahaan rintisan yang dimiliki oleh Jules Ostin (Anne Hathaway).

Meskipun berlatar dunia kantor yang biasanya terkesan membosankan, untungnya performa akting dan chemistry yang ditampilkan oleh Robert De Niro dan Anne Hathaway mampu menghidupkan film ini dengan penuh kehangatan dan canda yang mampu menghibur penontonnya.

3. The Big Short (2015)

Bagi kamu yang memang sedang mempelajari ilmu ekonomi dan bisnis, film The Big Short cocok ditonton karena membahas tentang krisis ekonomi di Amerika Serikat pada tahun 2000-an yang menciptakan economic bubble dan berdampak pada krisis keuangan global di tahun 2007 hingga 2010.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film yang bertabur bintang ini akan menjelaskan beberapa istilah dalam dunia investasi, seperti default swap, collateralized debt obligation, dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi metode belajar yang menyenangkan.

4. Steve Jobs (2013)

Film biopik tentang pendiri Apple, Steve Jobs, yang diperankan oleh aktor Michael Fassbender ini memperlihatkan usaha Steve Jobs dalam membangun kerajaan bisnis teknologinya yang kini bisa dibilang menguasai pasaran.

Film ini akan mengupas tuntas perjuangan Jobs dalam meniti kariernya dari nol sebagai seorang pebisnis sukses, mulai dari dirinya drop out dari kampus hingga bangkit menjadi seorang pengusaha sukses yang inovatif.

5. The Wolf of Wall Street (2013)

Bercerita tentang seorang pialang saham bernama Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio) yang rela melakukan apa pun agar bisa sukses dan menjadi kaya raya, termasuk dengan menyuap dan menipu banyak orang.

Di sini, kamu akan belajar memang benar adanya bisnis yang dibangun dengan kecurangan mampu membuat cepat kaya raya, tapi nahasnya tidak akan bertahan lama dan malah membawa petaka yang bertubi-tubi.

Semoga saja kelima film tentang bisnis ini bisa menjadi tontonan di akhir pekan yang menyenangkan, sekaligus dapat menambah wawasan dan pelajaran seputar dunia bisnis.

Namun, jika yang kamu butuhkan adalah buku bacaan yang ringan dan menyenangkan, buku berikut ini rasanya akan sangat terasa cocok untuk dibaca.

Buku Beta Testing yang ditulis oleh Mooseboo merupakan cerita fiksi yang memiliki latar dunia bisnis dan pekerjaan di industri game yang merupakan buku pertama dari trilogi Job Series.

Novel ini bercerita tentang Pange yang bekerja sebagai game tester yang menjalin romansa dengan Magda, seorang pustakawati, yang jika dilihat kedua profesi tokoh utamanya ini sangat bertolak belakang, tapi mampu diracik dengan bumbu-bumbu fiksi yang sedap oleh Mooseboo.

Tidak melulu fokus pada kisah romance-nya saja, Beta Testing pun banyak membahas pekerjaan dua tokoh utamanya sebagai game tester dan pustakawati yang bukan hanya sekedar tempelan, tapi memang dikupas secara lengkap sehingga bisa menambah wawasan baru bagi pembaca.

Novel Beta Testing ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.