Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Bisa Menambah Penghasilan

Kompas.com - 23/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan; Analisis…
Pengarang: Aulia Fadhli
|
Editor Ratih Widiastuty

Tidak terasa sebentar lagi kita akan segera menunaikan ibadah puasa.

Melihat peluang ini, ada beberapa usaha rumahan yang sepertinya akan cocok untuk dicoba sebagai solusi dalam menambah penghasilan sampingan di bulan Ramadhan.

Biasanya ketika bulan puasa datang, akan ada banyak berbagai macam hal yang dinantikan, mulai dari makanan, kebiasaan, acara televisi, hingga pakaian yang identik dengan bulan suci Ramadhan.

Bulan puasa tidak hanya sekedar beribadah dalam menahan hawa nafsu belaka, tapi juga ada nuansa atau aura perayaan yang mampu menciptakan euforia bagi yang menjalankannya, sehingga tidak lengkap rasanya menjalani ibadah puasa tanpa merasakan beberapa tradisi yang ada setiap tahunnya.

Di sini, kita bisa mengambil peluang untuk mulai menjalani beberapa ide bisnis yang pastinya akan banyak dicari dan diminati oleh konsumen saat bulan suci Ramadhan tiba, sebagai salah satu kebiasaan yang harus ada.

Kabar baiknya, beberapa usaha di bulan suci Ramadhan ini dapat kamu kelola di rumah saja dengan modal yang tidak terlalu besar, tapi jika mampu dijalankan dengan baik, akan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Penasaran apa saja bisnis rumahan yang bisa dicoba saat bulan suci Ramadhan? Berikut enam usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa menjadi inspirasi untuk menambah penghasilan tambahan.

6 Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

1. Berjualan Kurma

Buah kurma memang sangat identik dengan bulan suci Ramadhan, karena bisa dijadikan hidangan berbuka puasa sebelum menyantap makanan berat menunggu selesai beribadah salat magrib.

Rasa kurma yang manis juga ternyata bagus untuk kesehatan tubuh, di mana mampu mengembalikan tenaga yang hilang ketika menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh.

Maka dari itu, peluang untuk berjualan kurma sangat menguntungkan, karena pastinya hampir setiap orang yang menjalankan ibadah puasa pasti akan berburu dan mencari buah yang berasal dari Timur Tengah ini.

2. Menjajakan Takjil

Biasanya setelah kumandang azan magrib terdengar, kebanyakan orang memilih untuk berbuka puasa dengan takjil terlebih dahulu untuk mengganjal rasa lapar dan haus sementara waktu agar bisa fokus menjalankan salat magrib.

Takjil juga memiliki berbagai macam jenis dan variasi sehingga bisa dinikmati dengan pilihan yang banyak, mulai dari gorengan, kolak biji salak, es buah, minuman dingin, dan masih banyak lagi.

Membuka usaha takjil juga bisa dibilang tidak membutuhkan modal yang besar dan dapat dilakukan di rumah, sehingga bisa menghemat waktu pengerjaan sekaligus menambah pendapatan.

3. Paket Katering Makanan Sahur dan Berbuka

Mobilitas masyarakat urban yang sibuk membuat mereka memilih segala sesuatunya agar serba mudah dan praktis, termasuk urusan makanan sahur dan berbuka di bulan suci Ramadhan.

Kamu bisa menawarkan berbagai macam varian paket menu makanan sahur dan berbuka dengan range harga yang berbeda-beda agar bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

Paket makanan sahur dan berbuka akan menjadi peluang usaha yang mampu menjaring banyak konsumen karena alasan hemat, mudah, dan praktis sehingga tidak perlu memasak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Berjualan Kue Kering

Saat bulan suci Ramadhan, hal yang paling ditunggu-tunggu pastinya adalah berbagai macam hidangan dan kudapan yang turut serta di hari lebaran, salah satunya adalah kue kering.

Berbagai varian dari kue kering mampu memanjakan lidah penikmatnya, sehingga wajib rasanya untuk membelinya di saat lebaran.

Kesempatan ini bisa kamu ambil untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan di bulan Ramadhan dengan melakukannya di rumah saja dan lakukan promosi dari mulut ke mulut, baik melalui keluarga, teman, tetangga, hingga media sosial.

5. Menjual Busana Muslim

Siapa yang tidak ingin tampil menawan saat Hari Raya Idul Fitri dengan penampilan yang bersih, rapi, dan memesona menggunakan busana muslim yang pastinya menambah karisma.

Baik pria dan wanita, permintaan akan busana muslim di kala bulan suci Ramadhan tergolong meningkat karena selain untuk dipakai di saat Hari Raya Idul Fitri, busana muslim juga bisa digunakan untuk beribadah ataupun saat mengikuti kajian.

Di sini, kamu harus pintar dalam mengambil peluang bisnis busana muslim, mulai dari mode seperti apa yang sedang tren, harga yang ditawarkan oleh penjual lain, hingga mendapatkan pelanggan.

6. Jasa Parsel Lebaran

Ketika Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, biasanya akan ada banyak orang yang mulai memesan dan mengirimkan parsel ke orang-orang terdekat mereka sebagai bentuk bingkisan lebaran.

Di masa sekarang, isi parsel tidak melulu haruslah makanan dan minuman, tapi juga bisa diisi dengan perlengkapan makan, seperangkat alat salat, atau bahkan buku religi.

Lihat peluang pasar yang ditawarkan sebelum memilih untuk terjun dalam bisnis jni, mulai dari isi parsel apa saja yang sedang populer, jenis parsel yang unik, hingga harga yang bersaing untuk ditawarkan kepada pelanggan.

Jika kamu masih merasa ragu dan bingung untuk memutuskan akan membuka usaha apa saat bulan Ramadhan, mungkin kamu bisa belajar terlebih dahulu melalui buku berikut ini.

Buku Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan yang ditulis oleh Aulia Fadli akan menjadi buku bisnis yang menawarkan solusi pasti untuk memahami cara kerja bisnis rumahan yang menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

Buku ini dapat memberikan inspirasi mengenai ide-ide bisnis menarik yang mungkin bisa tercipta di dalam benak kamu sebagai opsi pilihan untuk memulai usaha di bulan suci Ramadhan.

Ditulis dengan ringan dan sederhana, membuat buku ini bisa dinikmati dan diserap ilmunya oleh siapa saja yang ingin memulai bisnis rumahan sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Buku Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini dan dapatkan vouchenya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com