Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Semangat dalam Menjalani Kehidupan

Kompas.com - 24/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Good Habits Bad Habits: Cara…
Pengarang: Wendy Wood
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Pernahkah kamu bangun dari tidur dan merasa malas untuk memulai aktivitas?

Padahal saat pagi hari adalah saat yang paling krusial untuk memulai hari, dan suasana hati kamu sepanjang hari itu akan ditentukan pada waktu ini.

Nah, jika kamu adalah orang yang mudah merasa malas, kamu harus mulai belajar untuk bisa memperbaiki suasana hati dengan cara memaksimalkan waktumu di pagi hari, sehingga kamu bisa lebih semangat untuk menjalani berbagai aktivitas kedepannya.

Walaupun terkadang ada masanya kamu merasa lelah atau badmood, kamu harus tetap berusaha untuk berpikir positif supaya energi dan semangat kamu tidak hilang begitu saja.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa mengetahui cara-cara untuk menjadi orang yang lebih semangat dalam menjalani kehidupan, terutama saat ada keadaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi kamu.

5 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Semangat

1. Mengawali Hari dengan Energi yang Positif

Walaupun jam alarm memaksamu untuk bangun lebih awal, tapi berusahalah untuk memulai pagimu dengan senyuman.

Kamu juga bisa menemukan kebahagiaan kecil di pagi hari, misalnya dengan menyetel playlist lagu favorit, menulis to do list untuk dikerjakan hari ini, memandang langit di pagi hari, dan masih banyak lagi.

Melakukan kegiatan yang menyenangkan ini akan membuat kamu mudah mendapatkan energi positif yang nantinya bisa membuat kamu selalu semangat dalam menjalani hari.

2. Mulai Membuat Target

Membuat target adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena kita membutuhkan rencana yang matang untuk bisa mencapai segala sesuatu.

Kamu bisa mulai membuat target jangka pendek dan jangka panjang dengan memperhatikan berbagai faktor, misalnya kemampuan diri, dukungan keluarga, dan masih banyak lagi.

Saat kamu punya target jangka panjang untuk menjadi seorang Chef, kamu harus membuat jangka pendek yang bisa mendukung kamu mewujudkan impian tersebut misalnya belajar berbagai macam bumbu dapur, mengenal alat-alat dapur, dan sebagainya.

Membuat target jangka pendek dan jangka panjang ini bisa menjadi salah satu penyemangat kamu dalam menjalani kehidupan.

3. Luangkan Waktu untuk Me-Time

Melakukan banyak kegiatan memang akan membuat kamu tetap produktif dalam menjalani hari-harimu, tapi jangan pernah lupa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri.

Tidak perlu terlalu lama, kamu bisa coba menyediakan waktu 15-20 menit sehari untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai, misalnya berkebun, melukis, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Setelah kamu berhasil melakukan kegiatan me-time secara rutin setidaknya selama sebulan, kamu pasti akan menjadi pribadi yang jauh lebih antusias dan semangat dalam menjalani kehidupan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Sering mengkonsumsi makanan cepat saji tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, dan saat tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, kinerja otak tidak akan berjalan dengan baik dan bisa memengaruhi suasana hati kamu.

Suasana hati yang tidak baik akan sangat berpengaruh pada energi kamu dan membuatmu tidak semangat saat melakukan berbagai kegiatan, maka usahakan untuk selalu makan makanan yang sehat dan bergizi.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Istirahat yang Cukup

Tidur sebenarnya bisa menjadi salah satu penentu kebahagiaan seseorang.

Melakukan tidur siang selama kurang lebih 20 menit akan membantu menyegarkan otak dan pikiran kamu setelah melakukan banyak aktivitas.

Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut dan tidak memegang gadget sebelum tidur supaya badan dan pikiran kamu terasa lebih fresh saat bangun di pagi hari.

Menjadi pribadi yang selalu bersemangat sebenarnya bukanlah hal yang mudah, karena semuanya harus dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang harus kamu lakukan mulai hari ini.

Untuk bisa menjalani hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan positif, kamu bisa coba membaca buku Good Habits Bad Habits: Cara Membentuk Kebiasaan Baik untuk Menghasilkan Perubahan Positif karya Wendy Wood.

Sebagai manusia, kita selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, walaupun kadang itu hanya niat tanpa adanya tindakan yang nyata.

Buku ini akan memberikan banyak informasi yang akan mengubah cara pikirmu mengenai berbagai aspek dalam kehidupan.

Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya membentuk kebiasaan yang positif sehingga kamu bisa menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Sebagai penulis, Wendy Wood sangat cerdas menyampaikan isi buku ini sehingga lebih mudah untuk dipahami dan didukung juga dengan data-data penelitian yang sudah diuji kebenarannya.

Bagi kamu yang tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com