Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempersiapkan Diri Menempuh Perkuliahan, Ini Contoh Soft Skill Mahasiswa yang Perlu Kamu Kuasai

Kompas.com - 15/02/2022, 09:30 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
How to Win Friends and…
Pengarang: Dale Carnegie
|
Editor Ratih Widiastuty

Meskipun sekolah dan kuliah sama-sama bertujuan untuk mendapatkan ilmu, namun situasi belajar yang akan kamu alami di kampus cukup berbeda dibandingkan saat di SMA.

Sebagai mahasiswa kamu dituntut untuk menjadi lebih mandiri, sekaligus bisa mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja nantinya.

Nyatanya, terdapat dua macam skill atau kemampuan yang dibutuhkan dan perlu kamu kuasai untuk berkarier dalam dunia kerja, yaitu meliputi soft skill dan juga hard skill.

Ilmu-ilmu yang kamu peroleh selama mengikuti mata kuliah di kampus berguna untuk meningkatkan hard skill yang kamu miliki, sedangkan untuk melatih dan mengembangkan soft skill, kamu perlu melakukannya seorang diri karena tidak ada kurikulum khusus dalam pendidikan yang akan mengajarkannya.

Selain nantinya berguna dalam dunia karier di masa depan, soft skill yang kamu miliki juga akan membantu kamu untuk beradaptasi dengan situasi belajar yang baru, dan bisa membantu kelancaran kamu selama menempuh kehidupan perkuliahan.

Namun, apakah kamu sudah tahu soft skill apa saja yang perlu kamu kuasai sebagai seorang mahasiswa?

Berikut ini adalah contoh-contoh soft skill yang bisa kamu asah dan juga kamu kembangkan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia perkuliahan.

Contoh Soft Skill Mahasiswa

1. Kemampuan Berkomunikasi

Dalam dunia perkuliahan, kamu akan mendapat tugas presentasi lebih sering dibandingkan ketika di SMA atau SMP.

Bahkan saat mengerjakan laporan PKL (Praktik Kerja Lapang) dan tugas akhir atau skripsi, kamu dituntut untuk menyampaikan presentasi seorang diri di hadapan dosen, dan bukannya melakukan presentasi secara berkelompok lagi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menguasai kemampuan berkomunikasi, terutama berbicara di depan umum atau yang biasa disebut dengan public speaking, agar bisa menyelesaikan tugas-tugas presentasi kamu dengan baik dan memperoleh nilai atau IP (Indeks Prestasi) yang memuaskan.

Kamu bisa melatih kemampuan berkomunikasi ini dengan aktif mengikuti organisasi, kepanitiaan, atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang tersedia di fakultas dan di universitas kamu.

2. Kemampuan Beradaptasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa perkuliahan di kampus memiliki situasi belajar yang berbeda dengan saat kamu belajar di sekolah dulu.

Contoh dari perbedaan ini adalah kamu jadi bisa memilih sendiri mata kuliah yang ingin kamu ambil sesuai dengan SKS (Satuan Kredit Semester) yang ditentukan dan bisa memilih kelas serta jam perkuliahan yang kamu inginkan sesuai dengan yang disediakan oleh pihak kampus.

Namun, tidak seperti di sekolah di mana dalam satu kelas selalu berisi dengan orang-orang yang sama, dalam perkuliahan kamu akan bertemu dengan orang yang berbeda-beda di setiap kelas atau mata kuliah yang kamu ikuti.

Kamu bisa saja akan sekelas dengan senior atau kakak tingkat kamu, bisa juga bertemu dengan orang yang berasal dari jurusan atau program studi yang berbeda, dan bisa juga suatu saat akan mengambil kelas yang sama dengan adik tingkat kamu.

Untuk bisa menghadapi situasi baru di dunia perkuliahan ini, maka kamu perlu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik sehingga bisa segera menyesuaikan diri dan tidak mengalami kesulitan yang bisa menghambat perkuliahan kamu di kampus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Kemampuan Manajemen Waktu

Memiliki kemampuan dalam manajemen waktu akan sangat bermanfaat bagi kamu agar bisa melalui masa perkuliahan dengan baik, bisa mengurangi stres, dan juga bisa berdampak terhadap kesehatan kamu.

Hal ini dikarenakan kesibukan kuliah yang cukup padat, mulai dari mengerjakan tugas individu atau kelompok yang diberikan oleh dosen, adanya praktikum serta kewajiban membuat laporan dalam beberapa mata kuliah tertentu, dan belum lagi jika kamu aktif mengikuti kegiatan organisasi atau kepanitiaan di kampus.

Selain itu, karena fleksibilitas untuk memilih kelas dan jam perkuliahan, membuat kesibukan kuliah menjadi sesuatu yang sangat personal dan berbeda-beda untuk masing-masing individu.

Kamu tidak bisa mengandalkan teman untuk mengingatkan kamu akan tugas atau kelas yang perlu kamu hadiri, karena bisa saja kalian memiliki jam dan kelas yang berbeda.

Jika tidak memiliki manajemen waktu yang baik, hal ini bisa membuat kamu merasa kelabakan dan mengalami kesulitan untuk bisa menyelesaikan kewajiban-kewajiban kamu dengan tepat waktu.

Kamu bisa jadi stres karena tidak bisa membagi waktu untuk beristirahat dan bersenang-senang, hingga berdampak pada kesehatan fisik kamu karena merasa kelelahan dengan semua beban tugas yang dimiliki.

Bahkan terdapat beberapa kasus yang berujung pada kematian dikarenakan terlalu sering begadang untuk mengerjakan tugas dan buruknya pola makan yang tidak teratur.

Nah, itulah ketiga contoh soft skill yang penting untuk kamu kuasai dan kamu tingkatkan sebagai seorang mahasiswa.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain selama di perkuliahan, kamu bisa membaca buku How to Win Friends and Influence People yang ditulis oleh Dale Carnegie.

Buku legendaris ini akan mengajarkan kamu mengenai prinsip-prinsip dasar dalam berkomunikasi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk persiapan karier di masa depan.

Melalui buku ini, penulis membagikan banyak tips-tips, meliputi 6 cara untuk membuat orang lain menyukai kamu, 12 cara untuk membuat orang menerima pikiran kamu, dan 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah orang lain tanpa membuat mereka kesal.

Tips-tips tersebut dipaparkan dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami di dalam 4 bab, yang terdiri dari teknik dasar untuk berhadapan dengan orang lain, enam cara untuk memberikan kesan dan membuat orang menyukai kamu, cara mendapatkan dan menjaga kepercayaan orang lain, serta menjadi pemimpin, cara menuntut perubahan tanpa penolakan dan kebencian.

Kamu juga bisa membaca versi dari buku ini yang telah diperbarui dan disesuaikan dengan kehidupan zaman sekarang yang lebih modern dengan judul How to Win Friends and Influence People in The Digital Age (Edisi Revisi).

Kamu bisa mendapatkan kedua buku Dale Carnegie ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com